Superfriends, kali ini gue akan bahas part motor yang mungkin bentuknya kecil, TAPI, punya manfaat yang besar banget buat Supermoto. Part motor yang akan gue bahas ini adalah Exhaust Wrap. Nggak kaya part lain yang mentereng dengan ukuran yang besar, part motor yang satu ini, harus lo perhatikan seksama supaya bisa terlihat dengan jelas.
source: ibsrv
Exhaust Wrap adalah selimut pelindung yang digunakan untuk melapisi pipa knalpot motor. Biasanya terbuat dari bahan yang tahan panas seperti kaca serat, keramik, atau titanium. Fungsinya adalah untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh pipa knalpot dan menjaga suhu mesin tetap optimal.
Kenapa rider Supermoto harus pasang Exhaust Wrap di motornya? Karena, panas berlebih adalah musuh utama mesin. Exhaust Wrap berperan sebagai perisai, mengurangi panas yang dihasilkan oleh pipa knalpot. Exhaust Wrap sangat penting untuk menjaga komponen lain di sekitar knalpot tetap aman dan berfungsi dengan baik. Nggak hanya menjaga suhu mesin, Exhaust Wrap juga melindungi komponen lain seperti kabel-kabel dan bagian plastik dari kerusakan akibat panas berlebih. Dengan begitu, Supermoto bisa terus melaju dan berfungsi optimal.
Source: reddit
Exhaust Wrap bekerja dengan cara menyerap dan menahan panas yang dihasilkan oleh pipa knalpot. Bahan-bahan yang digunakan dalam Exhaust Wrap, memiliki kemampuan isolasi yang tinggi, sehingga panas nggak menyebar ke komponen lain. Dengan menjaga suhu knalpot tetap tinggi, gas buang dapat mengalir lebih cepat dan lebih efisien. Hal ini nggak hanya bikin performa mesin meningkat, tapi, bikin Supermoto lebih hemat bahan bakar. Yang otomatis, bisa kasih keuntungan ganda bagi para rider supermoto.
Sekarang bayangin deh kalau lo adalah seorang rider Supermoto kompetitif yang sedang berkompetisi di suatu kejuaraan. Kalau lo bisa berkendara lebih jauh dengan bahan bakar yang sama, dengan Exhaust Wrap, mesin jadi bekerja pada suhu optimal, yang berarti efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Lo ga perlu khawatir untuk geber terus Supermoto lo secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang.
Selain itu, Exhaust Wrap juga berfungsi buat ngelindungin kaki para rider dari panasnya leher knalpot. Dan juga ketika race, ketika mesin digeber berlap-lap, Exhaust Wrap bisa lindungin kabel-kabel biar nggak meleleh. Kebayangkan gimana panasnya Supermoto saat di geber berlap-lap di suatu kompetisi kejuaraan?
source: supermotos1gp
Cara Pemasangan Exhaust Wrap pada Supermoto
So, setelah tau banyaknya manfaat dari Exhaust Wrap ini, gue juga mau kasih tau ke lo, gimana cara pemasangan Exhaust Wrap yang baik dan benar. Biar lo nggak pada salah-salah nih masangnya!
CARA PASANG EXHAUST WRAP - Pembalut Knalpot Peredam Panas di CRF 150 L Supermoto - ANTI GATAL
Sebelum memulai, pastikan lo sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan seperti Exhaust Wrap, gunting, sarung tangan, dan pengikat kabel.
Langkah-langkah Pemasangan
-
Lepaskan pipa knalpot dari motor.
-
Bersihkan pipa knalpot dari kotoran dan oli.
-
Mulailah melilitkan Exhaust Wrap pada pipa knalpot, mulai dari bagian yang paling dekat dengan mesin.
-
Pastikan lilitan rapat dan tumpang tindih sekitar setengah lebar Wrap.
-
Kencangkan Wrap dengan pengikat kabel pada setiap ujung lilitan.
Tips dan Trik Pemasangan yang Benar
Pastikan Wrap dililitkan dengan rapat dan nggak ada celah yang bisa membuat panas keluar. Gunakan sarung tangan untuk menghindari iritasi kulit akibat bahan Wrap. Jangan terburu-buru, Bro! Ingat, kesabaran adalah kunci untuk pemasangan yang baik.
So, sepenting itu ya ternyata Exhaust Wrap ini bagi Supermoto. Oh iya, habis bahas Exhaust Wrap ini, lo mau bahas apalagi nih dari dunia Supemoto? Jawab via kolom komentar dibawah ya! Share artikel ini ke temen-temen lo yang lain! Sampai berjumpa di artikel selanjutnya.
Please choose one of our links :