Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Challenge

Article Date : 30/01/2024

Article Category : News

Kick boxing dan muay thai adalah dua seni bela diri yang sangat populer di dunia, terutama di kalangan para penggemar olahraga tarung. Kedua seni bela diri ini mengandalkan teknik tendangan dan pukulan sebagai senjata utama, sehingga sering dianggap sebagai seni bela diri yang mirip.

Namun, jika ditelisik lebih jauh, sebenarnya ada banyak perbedaan mendasar antara kick boxing dan muay thai. Perbedaan kick boxing dan muay thai ini bisa dilihat dari berbagai aspek, mulai dari sejarah, teknik, hingga peraturan pertandingan.

1. Sejarah

Sejarah Kick Boxing

Kick boxing adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang pada tahun 1960-an. Seni bela diri ini merupakan hasil perpaduan antara seni bela diri tradisional Jepang, seperti karate dan kendo, dengan seni bela diri Barat, seperti tinju dan gulat.

Pada awalnya, kick boxing disebut dengan "karate kick boxing". Namun, nama ini kemudian diganti menjadi "kick boxing" pada tahun 1966.

Pencipta kick boxing adalah seorang karateka bernama Tatsuo Yamada. Yamada ingin menciptakan seni bela diri yang lebih efektif dan efisien dari karate. Ia pun menggabungkan teknik tendangan dan pukulan dari karate dengan teknik tinju dan gulat dari Barat.

Kick boxing pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1963. Seni bela diri ini kemudian menyebar ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia.

Kick boxing menjadi semakin populer pada tahun 1990-an, setelah lahirnya promotor kickboxing bernama K-1. Promotor ini menyelenggarakan berbagai pertandingan kickboxing di seluruh dunia, yang menarik perhatian banyak penggemar olahraga tarung.

Saat ini, kick boxing adalah salah satu seni bela diri yang paling populer di dunia. Seni bela diri ini dipraktikkan oleh jutaan orang di seluruh dunia, baik untuk olahraga kompetitif, kebugaran, maupun self defense.

Sejarah Muay Thai

Sementara itu, Muay Thai adalah seni bela diri yang berasal dari Thailand. Seni bela diri ini telah ada sejak berabad-abad yang lalu dan merupakan seni bela diri tradisional Thailand yang digunakan oleh prajurit untuk berperang.

Muay Thai disebut juga dengan "the art of eight limbs" karena menggunakan delapan anggota tubuh untuk menyerang, yaitu tangan, kaki, siku, dan lutut. Seni bela diri ini dikenal sebagai seni bela diri yang sangat efektif dan keras.

Sejarah Muay Thai dimulai dari Kerajaan Sukhothai yang berkuasa di Thailand pada abad ke-13. Pada masa itu, Muay Thai digunakan sebagai seni bela diri untuk berperang. Prajurit Thailand dilatih Muay Thai untuk dapat mengalahkan musuh mereka dalam pertempuran.

Muay Thai terus berkembang selama berabad-abad. Pada abad ke-18, Muay Thai menjadi bagian dari budaya Thailand dan menjadi salah satu seni bela diri yang paling populer di Thailand.

Pada abad ke-20, Muay Thai mulai menyebar ke luar Thailand. Seni bela diri ini menjadi populer di dunia dan menjadi salah satu seni bela diri yang paling diminati oleh penggemar olahraga tarung.

Saat ini, Muay Thai adalah salah satu seni bela diri yang paling populer di dunia. Seni bela diri ini dipraktikkan oleh jutaan orang di seluruh dunia, baik untuk olahraga kompetitif, kebugaran, maupun self defense.

2. Teknik

Kick boxing dan Muay Thai sama-sama mengandalkan teknik tendangan dan pukulan sebagai senjata utama. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar dalam teknik kedua seni bela diri ini.

Tendangan

Kick boxing memiliki teknik tendangan yang lebih bervariasi, termasuk tendangan depan, tendangan samping, tendangan melingkar, tendangan lutut, dan tendangan putar.

Sementara itu, Muay Thai memiliki teknik tendangan yang lebih fokus pada tendangan depan, tendangan samping, dan tendangan lutut.

Pukulan

Kick boxing lebih mengandalkan teknik pukulan tangan depan dan pukulan hook. Sementara itu, Muay Thai juga menggunakan teknik pukulan tangan belakang dan pukulan uppercut.

Teknik Clinch

Kick boxing tidak menggunakan teknik clinch, yaitu teknik saling mengunci tubuh dengan lawan. Sementara itu, Muay Thai menggunakan teknik clinch sebagai salah satu teknik kuncian dan serangan.

3. Peraturan Pertandingan

Kick boxing dan Muay Thai adalah dua seni bela diri yang sangat populer dan memiliki banyak kesamaan. Namun, ada juga beberapa perbedaan mendasar antara kedua seni bela diri ini, termasuk dalam hal peraturan pertandingan.

Peraturan Pertandingan Kick Boxing Indonesia

Durasi pertandingan: Kick boxing biasanya memiliki durasi pertandingan yang lebih pendek, yaitu tiga ronde dengan durasi dua menit per ronde.

Pelindung: Kick boxing biasanya menggunakan sarung tinju dan pelindung kepala.

Teknik yang diperbolehkan: Kick boxing memperbolehkan berbagai teknik tendangan, termasuk tendangan depan, tendangan samping, tendangan melingkar, tendangan lutut, dan tendangan putar. Kick boxing juga memperbolehkan teknik pukulan tangan depan dan pukulan hook.

Teknik yang dilarang: Kick boxing melarang teknik tendangan di bawah pinggang, teknik pukulan siku, dan teknik pukulan lutut.

Peraturan Pertandingan Muay Thai Indonesia

Durasi pertandingan: Muay Thai biasanya memiliki durasi pertandingan yang lebih panjang, yaitu lima ronde dengan durasi tiga menit per ronde.

Pelindung: Muay Thai tidak menggunakan sarung tinju dan hanya menggunakan pelindung kepala.

Teknik yang diperbolehkan: Muay Thai memperbolehkan berbagai teknik tendangan, termasuk tendangan depan, tendangan samping, tendangan melingkar, tendangan lutut, dan tendangan putar. Muay Thai juga memperbolehkan teknik pukulan tangan depan, pukulan hook, pukulan uppercut, dan teknik pukulan siku.

Teknik yang dilarang: Muay Thai melarang teknik tendangan di bawah pinggang, teknik pukulan siku di bawah dagu, dan teknik pukulan lutut di kepala.

4. Tujuan

Walaupun keduanya sama-sama populer dan punya banyak persamaan, tapi tujuan utama kedua olahraga ini berbeda, Superfriends.

Kick boxing

Kick boxing merupakan olahraga kompetitif yang populer di dunia. Para praktisi kick boxing berlatih keras untuk menjadi petarung yang handal dan memenangkan pertandingan.

Selain itu, kick boxing juga olahraga yang baik untuk kebugaran. Latihan kick boxing dapat membantu meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas tubuh.

Muay Thai

Sementara itu, muay thai biasanya digunakan sebagai seni bela diri tradisional Thailand atau untuk self defense. Muay thai merupakan seni bela diri tradisional Thailand yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Di samping itu, muay thai juga merupakan seni bela diri yang efektif untuk self defense. Teknik-teknik muay thai dapat digunakan untuk melindungi diri dari serangan orang lain.

5. Kelebihan

Kick boxing memiliki kelebihan dalam hal teknik tendangan yang lebih bervariasi dan durasi pertandingan yang lebih pendek. Sementara itu, Muay Thai memiliki kelebihan dalam hal teknik clinch yang efektif dan durasi pertandingan yang lebih panjang.

Sekarang lo semakin paham kan, kalau kedua olahraga ini punya perbedaan yang spesifik. Mulai dari asal usulnya, teknik gerakannya, hingga tujuan olahraga itu sendiri.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme Sports

Source:Superchallenge

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Bukan Sekedar Penutup Ban, Tire Warmer Punya Banyak Manfaat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hasil UFC Jeka Saragih vs Westin Wilson: Kuncian Maut Wilson Membuat Saragih Menyerah di Ronde 1!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game Nyeleneh Yang Nggak Kalah Absurd dari Getting Over it!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

HASIL JUARA SERI 3 SEMARANG SUPERCHALLENGE SUPERMOTO RACE

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

HASIL QTT SERI 3 SEMARANG SUPERCHALLENGE SUPERMOTO RACE

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bukan Cuma Buat Gaya, Kenali Lebih Dalam Fungsi Handguard!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Misi-Misi di Game Paling Memorable!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Exhaust Wrap Ternyata Super Vital di Supermoto, Apa Saja Fungsinya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game-Game Gak Perlu Fast Travel

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Kecil Tapi Super Gahar? Review ROG NUC

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /