Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Terasa Sedang Berada di Timur Tengah, 4 Pilihan Padang Pasir di Indonesia Ini Patut Untuk Lo Kunjungi!

Author :

Article Date : 22/02/2019

Article Category : Wilderness

Bukan hanya sekedar pantai serta pegunungan indahnya saja yang bisa lo nikmati ketika ingin melakukan perjalanan atau menjelajahi alam di Indonesia, karena di negara yang kaya dengan keindahan alamnya ini juga memiliki padang pasir yang patut untuk lo kunjungi, bahkan memiliki keindahan serta wilayahnya yang luas loh, pokoknya seketika berasa seperti sedang berada di Timur Tengah.

Sehingga buat lo yang ingin benar-benar merasakan liburan dengan suasana padang pasir yang eksotis, tidak perlu lagi untuk jauh-jauh ke luar negeri, karena di dalam negeri saja lo sudah bisa kok mendapatkan keindahan tersebut, tinggal bagaimana lo mengatur waktu serta mengetahui spo-spot mana yang menyediakan padang pasir tersebut.

[readalso url=19558]

Untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa spot atau tujuan wisata di Indonesia yang memiliki padang pasir luas serta eksotis. Nah, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Karena memang keindahan alam yang ada di Indonesia sendiri sangat beragam serta tetap harus dilestarikan yaa bro!

Pilihan Padang Pasir di Indonesia – Gumuk Pasir Sumalu di Tana Toraja

Suasana di Gumuk Pasir Sumalu. Credit: yukkuy.com

Selain dari kebudayaan serta adatnya yang unik, Tana Toraja juga memiliki keindahan alam yang memukau loh. Sebagai salah satu Kabupaten yang berada di kawasan Sulawesi Selatan ini juga akan memberikan sebuah pengalaman yang sulit untuk lo lupakan.

Gumuk Pasir Sumalu merupakan salah satu kawasan dimana lo bisa melihat keindahan alam yang ada di kawasan Tana Toraja. Ternyata gumuk pasi ini terbentuk karena proses alam loh bro, pasir dibawa oleh angina hingga bertumpuk dan membentuk sebuah gumuk. Selain itu, arah angina yang tidak beraturan juga membentuk gumuk yang tidak simetris sehingga membuat bentuk gunung menjadi liuk-liuk yang indah.

Jika berada di kawasan Gumuk Pasir Sumalu ini lo juga bisa menikmati keindahan alam lainnya, yaitu dengan matahari terbitt maupun terbenam sambil duduk di atas gumuk. Suasananya yang sejuk juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang betah ketika berada di kawasan wisata ini. Buat lo yang memiliki hobi fotogrfi, menjadikan gumuk ini sebuah spot foto juga bisa menjadi hal yang tepat untuk dilakukan loh!

Pilihan Padang Pasir di Indonesia – Gurun Pasir Telaga Biru Busung di Bintan

Suasana di Gurun Pasir Telaga Biru. Credit: jewexplorer.blogspot.com

Bintan merupakan kawasan lainnya di Indonesia yang patut untuk lo kunjungi kelak, karena memang keindahan alamnya menjadi sebuah daya tarik bagi banyak wisatawan. Selain dari Crystal Lagoonnya, di Bintan lo juga melihat keindahan Gurun Pasir Telaga BIru di Dusun Busung.

Gurun pasir yang indah ini ternnyata merupakan kawasan bekas penambangan pasir bauksit yang sudah mengeras, bisa dibilang kawasan ini terbengkalai. Namun, malah berubah menjadi sebuah tempat wisata yang indah. Bahkan cocok sekali untuk dijadikan destinasi wisata berikutnya buat lo.

Yang menjadi daya tarik dari gurun pasir ini ialah dengan keberadaan telaga dengan airnya yang berwarna biru. Telaga ini terbentuk karena cekungan bekas galian yang terisi air hujan. Panorama yang dimilik oleh kawasan wisata ini pun tiada duanya. Sehingga buat lo yang ingin mencari spot destinasi wisata alam yang unik, jangan lupa untuk datang ke Bintan yaa.

Pilihan Padang Pasir di Indonesia – Padang Pasir Oetune di Nusa Tenggara Timur

Suasana di Padang Pasir Oetune. Credit: idntimes.com

Keindahan dari padang pasir yang ada di Indonesia ternyata tidak berhenti sampai di situ saja, karena masih ada tempat atau tujuan yang patut untuk lo kunjungi, yaitu Padang Pasir Oetune. Merupakan sebuah kawasan indah yang berada di kawasan Nusa Tenggara Timur.

Banyak yang beranggapan kalau keindahan serta suasana yang ada di Padang Pasir Oetune ini patut untuk dibandingkan dengan keindahan yang ada di Gurun Sahara. Namun memang Padang Pasir Oetune sendiri tidak memiliki wilayah seluas Gurun Sahara. Kurang lebih luasnya mencapai 100 meter persegi.

Padang Pasir Oetune dihiasi dengan gumuk pasir yang menggulung dan bergelombang layaknya GUrun Sahara. Tekstur pasirnya juga lembut sehingga lo bisa bermain tanpa takut celaka berada di sana. Daya tarik dari kawasan wisata ini pun juga bisa lo lihat dari panorama pantai yang indah.

Lokasi dari Padang Pasir Oetune cukup jauh, sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan dari Kota Kupang. Akses menuju ke kawasan wisata ini juga penuh rintangan, lo akan meleewati kelokan, naik turun bukit serta lembah. Namun, ketika lo sudah menginjakkan kaki di sana, pasti tidak akan menyesal deh!

Pilihan Padang Pasir di Indonesia – Padang Pasir Kersik Luway di Hutan Kalimantan

Suasana di Padang Pasir Kersik Luway. Credit: flickr.com

Siapa bilang ketika lo berada di Hutan Kalimantan lo hanya akan mendapatkan pemandangan hutan lebat yang hijau menyegarkan? Karena siapa disangka, ketika lo berada di dalam hutan lo akan melihat sebuah padang pasir yang indah.

Terletak di kawasan Kalimantan Timur, lo tinggal berkunjung ke Cagar Alam Padang Luaway dan langsung bisa menikmati sensasi berada di sebuah padang pasir namun terletak di tengah hutan. Bahkan luas wilayah dari padang pasir tersebut enggak tanggung-tanggung loh, sekitar 500 hektar yang memang dikelilingi oleh hutan lebat serta pohon-pohon raksasa.

Hutan belantara tersebut seolah menjaga berbagai flora langka yang tumbuh di padang pasir tersebut. Seperti kantong semar, pardu dan Anggrek Hiam yang sudah langka di dunia. Namun memang untuk bisa menginjakkan kaki lo di sana, diperlukan biaya yang tidak sedikit.

[readalso url=19551]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar padang pasir yang ada di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kelestarian dari alam yang ada di Negeri ini yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

 

Featured Image: travelingyuk.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-backpacker #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /