Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Taman Hutan Raya Dago, Spot Petualangan Yang Instagrammable di Bandung!

Author :

Article Date : 13/06/2018

Article Category : Wilderness

Ada kabari baik nih untuk para urban adventurer dan para pemburu spot instagrammable yang keren! Jawa Barat, khususnya Kota Bandung, tepatnya di bagian utara yaitu di Dago, ada spot dan destinasi petualangan yang tidak kalah seru dari yang lain, Taman Hutan Raya, Dago – Bandung!

Tidak jauh dari pusat Kota Bandung, hanya satu jam perjalanan jika lo berada di Jalan Braga, Bandung, untuk sampai ke Jalan Dago hanya diperlukan waktu beberapa menit saja nih, jika lo menggunakan kendaraan roda dua.

Maklum, Kota Bandung sudah sama seperti Jakarta, kepadatan di jalan raya terkadang sulit dihindari. Namun, walau terkadang memberi kepenatan, Kota Bandung seakan tidak ada habisnya untuk memberikan spot dan destinasi yang hits dan kekinian.

Taman Hutan Raya Dago, Spot Petualangan Yang Instagrammable di Bandung! credit photo: kartikariani.wordpress.com

Kali ini, berada di kawasan Dago Pakar – Bandung, Taman Hutan Raya adalah sebuah kawasan konservasi yang mempunyai nilai petualangan, serta sejarah yang cukup untuk memanjakan mata serta adrenalin para petualang.

Wah, dari pada semakin penasaran, mari sama-sama mengulas Taman Hutan Kota, Dago – Bandung!

Keindahan Alam Taman Hutan Kota Dago – Bandung

Taman Hutan Raya Dago, Spot Petualangan Yang Instagrammable di Bandung! credit photo: trip.web.id

Bro, deretan hutan pinus serta berbagai pohon besar lainnya, serta udara dingin yang langsung menyambut lo ketika sudah sampai di gerbang utamanya, menjadi salah satu ciri khas dari Taman Hutan Raya – Dago, Bandung ini.

Suasana indah dan sejuk tersebut juga dipadukan dengan kicauan burung serta ungags lainnya yang hidup bebas di kawasan konservasi tersebut. Deretan pohon pinus yang seakan sudah berumur membuat suasana di dalam taman tersebut menjadi teduh.

Selain suasana hutan lebat yang bisa lo rasakan di sini, lo juga akan menemukan beberapa danau alami yang dikelilingi pepohonan lebat. Terlihat sekilas, ada beberapa ikan air tawar yang sering menunjukan wujudnya di permukaan.

Taman Hutan Raya Dago, Spot Petualangan Yang Instagrammable di Bandung! credit photo: menginspirasi.com

Setelah itu, Taman Hutan Raya Dago ini mempunyai beberapa situs sejarah yang cukup membuat adrenalin lo berpacu nih. Selain jalan setapak menuju situs sejarah ini yang dilengkapi oleh jurang tinggi yang terjal dan curam, suasana asri tidak berubah dari pertama kali lo masuk ke dalam kawasan ini.

Situs sejarah yang menjadi salah satu keindahan alam serta daya tarik utama yang ada di Taman Hutan Raya ini adalah Gua Jepang dan Gua Belanda. Dua situs sejarah ini mampu menarik perhatian bagi para petualang yang datang ke sana.

Setiap gua memiliki ciri khasnya tersendiri, nih. Walau gua ini tidak seperti gua yang benar-benar berada di alam bebas yang dihiasi oleh stalagmit dan stalaktit, Gua Belanda dan Jepang ini adalah gua buatan yang digunakan oleh para kolonialis dan penjajah untuk menguasai daerah tersebut.

Taman Hutan Raya Dago, Spot Petualangan Yang Instagrammable di Bandung! credit photo: bandung-outbond.com

Menurut cerita sejarahnya, dua gua ini menjadi salah satu tempat para kolonialis dan penjajah bersembunyi dan mengatur siasat. Lalu, para saksi sejarah juga mengatakan bahwa tidak sedikit orang Indonesia yang di sembunyikan di gua ini.

Kondisi gua yang gelap, memaksa para petualang harus menyalakan senter untuk berkeliling lorong gua tersebut. Pada saat malam hari, tidak heran jika beberapa masyarakat setempat suka mendengar penampakan serta beberapa cerita mistis terkait sejarah dari dua gua tersebut.

Wah, apakah lo berani pacu adrenalin lo di sini?

Terkait dengan spot dan destinasi yang indah dan menegangkan, Taman Hutan Raya Dago – Bandung ini terkenal sebagai salah satu spot petualangan yang instagrammable. Tidak mengherankan juga bahwa keberadaan kawasan konservasi ini terkenal dari sosial media.

Taman Hutan Raya Dago, Spot Petualangan Yang Instagrammable di Bandung! credit photo: jejakpiknik.com

Tidak sedikit para petualang yang datang ke sini, dan mengabadikan momen seru mereka dengan berfoto dan merekam dalam bentuk video, kemudian mereka unggah di berbagai bentuk sosial media, khususnya Instagram.

Akses Serta Fasiltas Yang Ada di Taman Hutan Raya Dago, Bandung

Tidak sulit untuk mencapai ke Taman Hutan Raya Dago, Bandung. Untuk lo yang backpacker dan menggunakan kendaraan umum, cukup mudah untuk menemukan angkutan umum yang bertujuan Dago. Setelah naik angkutan tersebut dan turun di Dago, lo bisa menyewa ojek yang berderet di terminal kecil Dago yang siap mengantarkan lo ke sana.

Nah untuk lo yang membawa kendaraan pribadi, lahan parkir yang disediakan pihak pengelola Taman Hutan Raya Dago juga cukup luas. Tidak ayal jika menjelang akhir pekan, beberapa bis besar terlihat masuk ke dalam gang yang menuju ke spot petualangan tersebut.

Bro, tidak perlu terlalu khawatir dengan perbekalan makanan, karena di Taman Hutan Raya Dago Bandung, tersedia beberapa fasilitas seperti warung makan, toilet, bahkan ada rumah peribadatan kecil seperti musola.

Taman Hutan Raya Dago, Spot Petualangan Yang Instagrammable di Bandung! credit photo: jejakpiknik.com

Namun, untuk fasilitas akomodasi penginapan, di kawasan ini sendiri belum ada bro. Namun, jikal o keluar sedikit ke arah Dago Pakar Resort, lo akan menemukan beberapa homestay bahkan hotel mewah yang ada di sana.

Untuk lo yang backpacker, persiapkan strategi untuk tawar-menawar, agar tidak over budget, ya! Wah bagaimana nih bro? Apakah lo semakin penasaran dengan Taman Hutan Raya Dago Bandung? Oh iya, kalau lo mempunyai waktu lebih, di dekat Taman Hutan Raya Dago ada satu spot petualangan yang tidak kalah indah dan instagrammable.

Cukup berjalan kira-kira 57 kilometer, lo akan bertemu dengan Tebing Keraton. Sebuah tebing curam yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Biasanya, para petualang juga ikut memasukan Tebing Keraton dalam daftar perjalanan mereka karena letaknya dengan Taman Hutan Raya ini berdekatan.

 

Source

Feature Image - busbandung.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-backpacker #solo-traveling #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /