Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Pantai Kata, Pantai Unik Dari Kota Pariaman, Sumatera Barat

Author :

Article Date : 26/05/2018

Article Category : Wilderness

Biasanya, pantai di Indonesia akan dihiasi oleh pohon nyiur yang senantiasa melambai ramah kepada para petualang. Namun, di Pariaman, Sumatera Barat – ada sebuah pantai yang cukup unik dan tentunya memiliki keindahan tersendiri, yaitu Pantai Kata, Pariaman.

Indonesia yang terkenal dengan negara maritime terbesar, tentu memiliki garis pantai yang lebih panjang ketimbang negara lain. Panjangnya garis pantai yang ada di Indonesia ini memberikan kesempatan bagi para petualang untuk bereksplorasi, menemukan keindahan di setiap titiknya.

Nah, keindahan tersebut untuk saat ini jatuh pada Pantai Kata, pantai yang berada di Kota Pariaman Sumatera Barat ini memiliki keindahan tersendiri dan terkenal cukup unik. Deretan pasir putih yang luas menghampar, air laut bersih dan bening kebiru-biruan serta deretan pohon pinus, membuat pantai ini terkenal di kalangan petualang.

pantai kata pariaman

Pantai Kata, Pantai Unik Dari Kota Pariaman, Sumatera Barat. credit photo: baritominang.blogspot.com

Naiknya popularitas pantai ini juga tidak ayal karena tindakan dari para petualang yang mampir ke sini. Mereka jelas mengabadikan momen seru mereka dengan berfoto atau merekam video, dan membagikannya di berbagai platform sosial media, khususnya Instagram.

Di instagram, informasi berupa foto atau video tentang Pantai Kata cepat sekali menyebar, dan mendapatkan respon positif. Respon positif tersebut dapat terlihat dari jumlah suka mereka dan komentar yang rata-rata mengungkapkan dirinya ingin datang ke sana.

Nah, dengan begitu, keindahan Pantai Kata juga bisa tergolong menjadi spot petualangan yang instagrammable. Artinya, keindahan Pantai Kata akan semakin indah di rekaman para petualang di Instagram.

Daya Tarik Pantai Kata – Kota Pariaman, Sumatera Barat

Daya Tarik Pantai Kata – Kota Pariaman, Sumatera Barat

Daya Tarik Pantai Kata – Kota Pariaman, Sumatera Barat. credit photo: wisataku.id

Jelas, salah satu daya Tarik yang berada di Pantai Kata ini adalah hutan pinus atau cemara yang lebat dan hijau ini. Keberadaan hutan pinus yang lebat ini tidak ayal adalah menahan abrasi pantai. Oleh karena itu, ternyata keberadaan hutan pinus ini menjadi salah satu bagian yang penting di pantai ini.

Lalu, seperti pantai-pantai pada umumnya di Indonesia, berbagai aktivitas olahraga air ada di sana. Termasuk snorkeling dan diving. Karena airnya yang bersih dan bening, snorkeling dan diving di pantai ini cukup nyaman.

Keberagaman biota laut yang ada di Pantai ini juga menjadi salah satu daya tarik di sini. Beragam karang serta koral lunak dan ikan-ikan kecil serta krustacea yang ada di perairan Pantai Kata membuat snorkeling dan diving adalah sebuah keharusan.

wisata pantai kata

Daya Tarik Pantai Kata – Kota Pariaman, Sumatera Barat. credit photo: twitter.com

Untuk lo yang datang ke sini, jangan lewatkan untuk menikmati pemandangan alam bawah laut yang ada di sana. Sekedar tips untuk lo, nih – jika lo tidak membawa peralatan snorkeling atau diving sendiri, di Pantai Kata juga menyewakan peralatan tersebut.

Di sekitar Pantai Kata ini, lo juga akan menemukan berbagai bentuk kapal nelayan milik warga setempat yang digunakan untuk mencari ikan. Nah, cukup beruntung jika lo melihat ada nelayan yang baru saja selesai mencari ikan di laut lepas Pantai Kata.

Hal tersebut bisa lo manfaatkan dengan membeli hasil tangkapan nelayan tersebut dengan harga yang jelas lebih murah disbanding yang ada di pasar ikan di sana. Wah, seafood atau makanan laut Pantai Kata memang konon katanya terkenal enak.

Akses dan Keberadaan Pantai Kata – Kota Pariaman, Sumatera Barat

Akses dan Keberadaan Pantai Kata – Kota Pariaman, Sumatera Barat

Akses dan Keberadaan Pantai Kata – Kota Pariaman, Sumatera Barat. credit photo: pustaka.pandani.web.id

Lokasi dari Hutan Pinus Pantai Kata Pariaman ini tepatnya berada di selatan Kota Pariaman, di desa Karan Aur dan Desa Taluak. Nama “Kata” sendiri merupakan singkatan yang diambil dari nama daerah dimana Hutan Pinus Pantai Kata Pariaman ini berada, yaitu desa Karan Aur dan Desa Taluak. Jadi “Ka” dari Karan Aur dan “Ta” dari Taluak.

Cukup mudah menemukan Pantai Kata. Lo bisa ke sini dengan menggunakan berbagai kendaraan. Baik kendaraan roda empat atau roda dua. Banyak sudah petunjuk di jalan, atau petunjuk di papan jalan yang mengarahkan lo ke Pantai Kata ini.

Fasilitas di Pantai Kata – Kota Pariman, Sumatera Barat

Bicara tentang fasilitas yang membuat para petualang nyaman dan senang menghabiskan waktunya berlama-lama di Pantai Kata ini, spot petualangan ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Dari rumah makan, kamar mandi, tempat beribadah serta café-café seru dipinggir pantai, adalah sebuah bukti bentuk kepedulian pihak pemerintah dan swasta yang melihat potensi bagus di Pantai Kata ini.

Berbagai fasilitas penginapan yang sudah ada di sini juga membuat betah para petualang yang masih mempunyai waktu banyak untuk berpetualang di sini. Bentuk fasilitas yang lengkap, dari homestay, cottage, guesthouse sampai hotelpun sudah ada di sini.

Dengan begitu para petualang yang datang akan merasa nyaman dan petualangannya semakin seru pastinya. Harga-harga fasilitas di sana juga memadai dan terjangkau kok. Jadi untuk para petualang yang datang ke sini dengan cara backpacker, juga tidak perlu khawatir dengan harga fasilitas di sana.

Wah, bagaimana nih bro? Apakah lo semakin penasaran dengan Pantai Kata? Apakah spot petualangan ini sudah masuk ke dalam daftar petualangan serta perjalanan lo? Kalau iya, sekarang berarti lo bisa mengambil hari libur, cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung berangkat!

Oh iya – kalau lo mengetahui berbagai informasi lain tentang Pantai Kata, Kota Pariaman, Sumatera Barat sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini, ya. Informasi tersebut pasti akan berguna untuk para petualang yang akan datang ke sini.

 

Source

Feature Image - wisataku.id

 

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-backpacker #solo-traveling #sumatera

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /