Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Pulau Cangkir Tangerang Bisa Buat Lo Hilangkan Kesibukan Kerja

Author :

Article Date : 13/08/2018

Article Category : Wilderness

Bepergian ke sebuah pulau itu seringkali jadi ide yang menarik, apalagi buat lo yang tinggal dan beraktivitas di area perkotaan. Dengan memilih pulau sebagai destinasi traveling lo, lo bisa menyegarkan mata dan pikiran lo dengan keindahan alam. Tentunya, beda pulau beda keunikan pemandangan alam masing-masing yang pastinya gak akan mengecewakan.

Melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari gak harus dengan lo melakukan perjalanan ke tempat yang jauh. Kalau lo senang melakukan perjalanan ke sebuah pulau untuk melarikan diri dari kehidupan perkotaan, lo perlu simak pembahasan tentang sebuah pulau yang berada di Tangerang ini.

[readalso url=18066]

Melarikan Diri dari Kesibukan Jakarta, Lo Bisa Kunjungi Pulau Cangkir Tangerang Bro! Photo Credit: dispar.bantenprov.go.id

Pulau Cangkir, sebuah pulau yang memiliki pesona wisata alam dengan budaya dan religi yang akan menggugah lo. Suasana Pulau Cangkir yang tenang dan sakral, seakan mengizinkan lo untuk bersantai serta membuat lo merasa nyaman dan aman. Kalau lo tinggal di tengah keramaian Kota Jakarta, Pulau Cangkir Tangerang ini bisa menjadi tempat pelarian lo.

Seperti yang bisa lo tebak, Pulau Cangkir yang terletak di Banten ini mendapatkan namanya dari bentuk pulaunya. Sebenarnya sih bentuk pulau ini lebih menyerupai bentuk gelas bro, tapi dengan suatu alasan tertentu pulau ini diberi nama Pulau Cangkir. Mungkin orang-orang zaman dulu menyebut alat minum gelas dengan sebutan cangkir.

Melarikan Diri dari Kesibukan Jakarta, Lo Bisa Kunjungi Pulau Cangkir Tangerang Bro! Photo Credit: nusaku.id

Salah satu hal yang menarik di Pulau Cangkir ini, berbagai pesona alam siap memukau lo dengan keunikannya tersendiri. Begitu lo menuju pulau di Tangerang Banten ini, lo akan melewati desa nelayan dan lo akan lihat keseharian para nelayan ini. Lo bisa melihat Sungai Ciduran di hilir Pulau Cangkir, yang menjadi tempat nelayan ini memburu ikan-ikannya. Selain itu, disana juga lo bisa lihat kolam tambak ikan Bandeng.

Layaknya wisata pulau yang lain, Pulau Cangkir memiliki wisata pantai yang bisa jadi tempat lo berenang dan bermain pasir. Perairan di sekitar Pulau Cangkir ini pun masih terbilang bersih bro, jadi nyaman lah kalau lo yang mau berenang disana. Tapi, satu obyek wisata di Pulau Cangkir ini yang gak kalah dari tempat-tempat tadi adalah hutan mangrove dan tempat ziarah yang ada disana.

Makam Keramat di Pulau Cangkir

“Peziarahan Maqom Waliyullah Pangeran Jaga Lautan” adalah tempat ziarah yang sudah menjadi icon Pulau Cangkir Tangerang ini. Makam Keramat ini kerap kali menjadi alasan utama para pendatang dan wisatawan berkunjung ke Pulau Cangkir, disamping keindahan alamnya. Namanya juga makam keramat ya bro, pastinya ada cerita-cerita dan mitos yang menyelimuti salah satu obyek wisata di Pantai Cangkir ini.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, makam keramat itu adalah tempat peristirahatan terakhir Pangeran Jaga Lautan yang dipercayai merupakan sosok Syekh Waliyuddin. Syekh Waliyuddin ini adalah putra Maulana Hasanuddin alias sultan Banten pertama yang juga merupakan cucu daripada Sunan Gunung Jati.

Melarikan Diri dari Kesibukan Jakarta, Lo Bisa Kunjungi Pulau Cangkir Tangerang Bro! Photo Credit: jakarta.panduanwisata.id

Sebelum makam keramat ini dijadikan obyek wisata, awalnya penemuan makam ini tidak disengaja dan masih berada di tengah-tengah pepohonan hutan. Akan tetapi, walaupun berada di tengah hutan begitu, kondisi makamnya sangat bersih dan terawat bro tanpa ada ranting atau daun yang mengotorinya. Dengan kondisi itu, makam ini dipercayai mengandung unsur mistis yang dimana kalau ada yang melewatinya akan terjerembab.

Apalagi katanya di sekitaran makam itu ada bangkai burung dan binatang hutan lainnya, tapi tidak di area makam. Mistos-mitos tentang tempat ziarah ini lah yang menjadi daya tarik makam keramat Pangeran Jaga Lautan.

Menuju Pulau Cangkir

Pulau Cangkir yang terletak di Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten ini bisa lo datangi dengan menempuh jarak yang relatif dekat. Jarak yang perlu lo tempuh kalau dari Kota Jakarta adalah kira-kira 75 km. Kalau lo mau melakukan perjalanan menuju Pulau Cangkir dengan alat transportasi umum, lo bisa menggunakan bus jurusan Kali Deres – Kronjo.

Pilihan lain, jika lo ingin melakukan perjalanan ke Pulau Cangkir ini dengan lebih nyaman bersama teman-teman lo, lo juga bisa menggunakan kendaraan pribadi lo. Nah, untuk rute menuju Pulau Cangkir kalau lo menggunakan mobil lo, lo bisa menempuh Jalan Tol Jakarta-Merak sampai lo tiba di Kabupaten Tangerang. Nah, mulai dari sini lo akan menempuh perjalanan lanjut sejauh kurang lebih 35 km.

Dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, lo akan menemui Jalan Pasar Kemis atau Siliwangi. Lo ikuti saja rute Jalan Pasar Kemis itu sampai lo berada di Jalan Raya Cadas – Daon, lalu lo ambil belokan kiri di tikungan pertama itu. Setelah lo berkendara di jalan itu sekitar 10 menit, lo akan bertemu dengan persimpangan. Pas di persimpangan itu lo ambil tikungan ke kanan dan sampai lah lo di Pulau Cangkir Tangerang ini.

Informasi tentang Pulau Cangkir

Melarikan Diri dari Kesibukan Jakarta, Lo Bisa Kunjungi Pulau Cangkir Tangerang Bro! Photo Credit: tempat.me

Buat lo yang mau berkunjung ke Pulau Cangkir untuk melepaskan penat dari perkotaan, lo gak perlu mengeluarkan kocek yang besar bro. Harga tiket masuk wisata Pulau Cangkir Tangerang ini terbilang murah banget bro, lo cukup membayar HTM nya 6 ribu Rupiah per orang aja. Dan, untuk biaya parkir disana standard lah, 3 ribu Rupiah untuk kendaraan roda dua sedangkan kendaraan roda empat dikenakan biaya 5 ribu Rupiah. Oke lah ya.

Fasilitas yang terdapat di Pulau Cangkir Tangerang juga lengkap bro, kamar mandi dan mushola bisa lo temukan disana. Selain itu, tempat istirahat dan rumah makan, serta toko yang menjual cinderamata atau souvenir juga ada disana.

[readalso url=18165]

Nah, itu lah sedikit informasi yang perlu lo ketahui tentang Pulau Cangkir yang terletak di Tangerang, Banten. Gak perlu jauh-jauh kan kalau lo mau mengistirahatkan mata dan pikiran lo sejenak dari hiruk pikuk perkotaan? Pulau Cangkir siap menghibur lo dengan segala pesona wisata alam dengan budaya dan religi yang dimilikinya.

 

Source

Feature Image – bacatangerang.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #pantai #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /