Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Kemegahan Sungai Mahakam Beserta 5 Hal Menarik di Baliknya! (100% Seru!)

Author :

Article Date : 21/06/2018

Article Category : Wilderness

Berbicara mengenai sungai yang memiliki ukuran yang cukup besar, di Indonesia sendiri terdapat beberapa pilihannya loh. Nah, salah satu yang paling menarik banyak perhatian ialah Sungai Mahakam bro. Bayangkan, saking menariknya, di kota-kota besar saja sudah terdapat nama jalan yang bernamakan sungai ini bro. Mau tahu informasi lebih lanjut mengenai sungai ini? Simak saja artikel ini sampai akhir yaa.

Sungai yang terletak di Pulau Kalimantan ini memang memiliki sebuah keindahan selain dari ukurannya yang sangat besar dan luas. Posisi tepatnya yang berada di Kalimantan Timur ini bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang 920 Km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai  Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.

[readalso url=18152]

Perlu diketahui pula bro, kalau Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.

Nah, untuk itu penting nih bro untuk mengetahui apa sih yang menjadi daya tarik dari sungai ini sendiri yang dapat membedakan Sungai Mahakam dengan sungai-sungai lainnya. Sudah mulai penasaran dengan informasi lebih lanjut dari sungai panjang ini, lihat saja informasinya di bawah ini yaa.

Daya Tarik Sungai Mahakam

Keindahan di Sungai Mahakam. Credit: inditourist.com

Di Samarinda, tepian Sungai Mahakam dimanfaatkan sebagai area publik yang menjadi tempat bersantai.  Menjelang sore hari, kita akan melihat puluhan pedagang membuka lapak-lapak makanan dan minuman, berikut tempat duduk untuk bersantai. Menjelang matahari terbenam, kawasan tepian Mahakam akan semakin ramai dikunjungi mereka yang ingin melihat keindahan sungai ini.

Pulau Kumala menjadi tempat wisata yang sukses menggabungkan teknologi modern dan tradisional budaya Kalimantan Timur, budaya Dayak, dan Budaya Jawa. Lo dapat melihat rumah Lamin, Pulau Kuil Stake dan Patung Lembuswana yang terbuat dari tembaga. Patung ini memang sengaja ditempatkan di ujung jembatan Pulau Kumala dan diarahkan menghadap ke Kutai Kertanegara. Pulau Kumala juga menyajikan berbagai wahana dengan teknologi modern seperti, Sky Tower dengan ketinggian 75 meter, kereta mini, mobil wisata, kereta gantung, trampoline, dan arena bermain lainnya.

Menyusuri Sungai Mahakam sungguhlah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Lo bisa melihat kehidupan unik di desa-desa tepian Sungai Mahakam yang berada di atas sungai. Mahakam juga merupakan habitat lumba-lumba air tawar (Orcaella brevirostris; atau Pesut) yang merupakan spesies yang terancam punah.

Tranportasi

Suasana di Kawasan Sungai Mahakam. Credit: pedomanwisata.com

Untuk dapat berkunjung ke Samarinda biasanya bisa dicapai dari jalu darat, air dan udara. Untuk masuk melalui jalur udara, ibukkota provinsi Kalimantan Timur ini memiliki Bandara Temindung yang melayani penerbangan domestic ke Balikpapan, Melak, Datah Dawai, Long Ampung dan beberapa kota di Kalimantan.

Jadi bukan merupakan hal yang sulit yaa bro, untuk dapat sampai di tiitik dimana sungai ini terletak, perlu diketahui pula, kalau lo bisa datang ke kawasan sungai ini, tentunya merupakan hal yang sangat indah dan terus berkesan di dalam kehidupan lo.

Akomodasi di Sekitar Sungai Mahakam

Suasana di Sekitar Sungai Mahakam. Credit: ariputuamijaya.wordpress.com

Berbicara mengenai akomodasi, di Kota Samarinda sendiri memang tidak terlalu banyak terdapat tempat penginapan yang berbintang. Namun hal itu seharusnya bukan menjadi sebuah masalah besar, apalagi buat lo para traveller serta adventurer. Karena menginap di hotel berbintang sendiri merupakan hal yang tidak terlalu penting bukan?

Hotel atau tempat penginapan yang memiiki harga bersahabat tentunya banyak terdapat di kawasan Kota Samarinda ini. Tingal lo atur saja atau pilh hotel mana yang kira-kira cocok dengan kondisi lo. Apalagi buat lo para backpacker, pintar lah memilih mana tempat penginapan yang kira-kira cocok dengan lo.

Kuliner di Kawasan Sungai Mahakam

Ilustrasi Makanan Samarinda. Credit: wisataku.id

Nah setelah puas menikmati keindahan dari Sungai Mahakam, ada baiknya lo untuk mengetahui beberapa pilihan kuliner yang tentunya nikmat. Di Kota Samarinda sendiri memang terdapat berbagai pilihan kuliner yang memang akan menggoda selera lo.

Wisata kuliner sungai Mahakam identik dengan warung kopi antik gaya Samarinda tempo dulu. Salah satunya adalah Toko Maju yang sudah berdiri sejak 1970an. Toko Maju menyediakan berbagai hidangan bercita rasa otentik yang dibuat sendiri. Seperti kopi tubruk, teh susu, roti bakar selai Sarikaya, roti telur, dan telur ayam kampung setengah matang.

Teh susu asli Samarinda yang rasanya seperti teh tarik era 1960-1970an adalah minuman khas wisata kuliner sungai Mahakam. Sajian teh susu diseduh dari daun teh bubuk yang dimasukkan ke dalam kain penyaring dan direndam selama 3-4 menit dalam air yang baru mendidih.

Untuk yang menginginkan hidangan berkuah panas, tersedia juga coto Makassardan soto Banjar. Meskipun bukan masakan asli Samarinda, coto Makassar dan soto Banjar ini sudah lama menjadi menu andalan wisata kuliner sungai Mahakam.

Tips Menyusuri Sungai Mahakam

Sebagian besar daerah hulu Sungai Mahakam hanya dapat dijangkau dengan menggunakan ketinting atau perahu motor, juga taksi air (kapal) jarak jauh. Pelabuhan Mahakam Hulu, menjadi titik keberangkatan kapal motor jarak jauh menuju sejumlah daerah di antaranya Melak, Long Iram, Long Bagun yang jarak tempuhnya antara satu hingga dua hari.

Saat menyusuri Sungai Mahakam, kenakan topi lebar dan bawa persediaan air minum yang banyak. Lokasi di sini persis di bawah garis khatulistiwa, sehingga panasnya luar biasa.

[readalso url=18100]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Sungai Mahakam di atas? Semoga bisa menjadi panduan yang berguna pada saat lo berkunjung ke sana yaa bro. Yang terpenting ialah untuk selalu kobarkan semangat petualang lo dan jangan berhenti bereksplorasi. Semangat selalu bro!

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-backpacker #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /