Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Keindahan Taman Nasional Kutai dan 4 Fakta Menariknya yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

Author :

Article Date : 05/04/2019

Article Category : Wilderness

Alam di Indonesia merupakan sebuah pemberian yang paling berharga, tak heran apabila banyak terdapat taman nasional di dalam negara ini. Salah satu taman nasional yang menyimpan sebuah keindahan alam beserta dengan habitat hewan endemik yang patut untuk lo kunjungi ialah Taman Nasional Kutai. Yaap, karena di dalam kawasan tersebut lo bisa mendapatkan sebuah pengalaman yang sulit untuk lo lupakan.

Taman nasional yang terletak di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur ini memilki lahan total seluas 198.629 ha. Namun pada tahun 2000an, wilayah taman nasional ini mulai dirambah penduduk untuk dijadikan pemukiman serta lahan perkebunan. Walaupun begitu ketika lo berkunjung ke kawasan ini, lo masih bisa melihat bentangan hutan yang luas beserta isinya.

[readalso url=19755]

Eksistensi dari taman nasional ini pun sudah tak perlu dipertanyakan kembali, karena sudah banyak kalangan yang sudah mendengarnya dan tentunya buat lo yang belum pernah datang ke sana, jangan lupa untuk masukkan taman nasional ini ke dalam bucket list lo. Nah, selain indah, Taman Nasional Kutai juga memiliki beberapa fakta menarik yang perlu untuk lo ketahui.

Oleh sebab itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai fakta-fakta menarik seputar taman nasional ini agar lo mengetahui seberapa indahnya serta menariknya keindahan yang ada di dalamnya. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa bermanfaat serta berguna yaa.

Fakta Menarik Seputar Taman Nasional Kutai – Beragam Jenis Vegetasi

Suasana di Dalam Kawasan Taman Nasional Kutai. Credit: borneotourgigant.com

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai taman nasional ini, tentunya lo harus lebih dulu tahu kalau kawasan yang dilindungi ini memiliki beragam vegetasi. Tak heran taman nasional yang terletak di 2 kabupaten dan 1 kota ini memiliki beragam daya tarik.

Taman Nasional Kutai memiliki berbagai tipe vegetasi utama yaitu vegetasi hutan pantai atau mangrove, hutan rawa air tawar, hutan kerangas, hutang genangan dataran rendah, hutan ulin, meranti, kapur dan hutan Dipterocarpacaeae campuran.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau taman nasional ini merupakan wakilan hutan ulin yang paling luas di Indonesia. Di dalam kawasan taman ini lo bisa melihat Pohon Ulin yang terdapat di Desa Sangkima yang memiliki tinggi bebas cabang sekitar 45 meter, diameter 225 cm atau keliling batang 760 cm dengan volumenya 150m3. Pohon Ulin sendiri juga tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia.

Fakta Menarik Seputar Taman Nasional Kutai – Beragam Tumbuhan Unik

Suasana di Taman Nasional Kutai. Credit: picgra.com

Ketika lo berada di kawasan Taman Nasional Kutai, lo juga bisa melihat beragam jenis tumbuhan unik yang tentunya belum tentu bisa lo temukan di kehidupan keseharian lo. Yaap, karena memang jenis-jenis tumbuhannya termasuk langka baik di Indonesia maupun dunia.

Tumbuhan-tumbuhan yang bisa lo temui ketika berkunjung ke Taman Nasional Kutai ini ialah Bakau, Tanncang, Cemara Laut, Simpur, Meranti, Bwenuang, Kapur, Ulin, 3 jenis Raflesia dan berbagai jenis anggrek.

Bahkan dengan kawasan hutan hujan dataran rendah di Taman Nasional Kutai lo bisa juga melihat jenis-jenis flora yang menjadi 958 jenis. Tentunya ini merupakan sebuah kekayaan dari alam Indonesia yang bisa lo temukan di kawasan Taman Nasional Kutai.

Selai itu, di kawasan taman nasional ini lo juga bisa menemukan beragam pilihan flora seperti Gaharu, Kantong Semar dan Anggrek Hutan. Tentunya dengan kehadiran tumbuhan-tumbuhan tersebut akan membuat hidup lo lebih bewarna dan semakin peka terhadap alam Indonesia.

Fakta Menarik Seputar Taman Nasional Kutai – Primata Endemik

Primata Endemik di Taman Nasional Kutai. Credit: borneotourgigant.com

Selain dari tumbuhan atau flora, di dalam kawasan Taman Nasional Kutai lo juga bisa melihat beragam pilihan hewan atau primata endemik yang tentunya sangat indah tak kalah dengan keindahan dari tumbuhan-tumbuhannya. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan yang datang ke taman nasional ini memang sengaja untuk melihat para hewan-hewan ini.

Kurang lebih terdapat sekitar 80 persen dari seluruh jenis burung di Kalimantan dan 80 jenis mamalia Kalimantan bisa lo dapatkan di daam kawasan taman nasional ini. Termasuk Orangutan tentunya. Karena memang taman nasional ini merupakan habitat bagi para Orangutan tersebut.

Bukan hanya sebagi habitat bagi para Orangutan saja, namun ketika lo berkunjung ke Taman Nasional Kutai lo juga bisa melihat hewan lainnya, seperti Owa Kalimantan, Bekantan, Kera Ekor Panjang, Beruk dan Kukang. Tidak hanya itu saja, namun di dalam taman nasional ini juga merupakan habitat bagi para Banteng, Rusa Dsambar, Kijang dan Kanil.

Ternyata kekayaan dari primata di dalam taman nasional ini tak berhenti sampai di situ saja bro, masih terdapat Beruang Madu, Bangau Tong-Tong, Elang Laut Perut Putih, Pergama Raja atau Hijau, Ayam Hutan, Burung Beo dan Pecut Ular Asia.

Wajar bukan apabila taman nasional ini sering dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat keindahan alam Indonesia baik dari hamparan hijau yang luas beserta dengan pilihan tumbuhan unik serta hewan-hewannya.

Fakta Menarik Seputar Taman Nasional Kutai – Eksistensi yang Cukup Tinggi

Suasana di Taman Nasional Kutai. Credit: kalimantantourguide.com

Yaap, berbicara mengenai eksistensi dari taman nasional ini memang sudah tak perlu diragukan kembali, hal tersebut terlihat dari wisatawan yang datang ke kawasan Taman Nasional Kutai tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga terdapat wisatawan mancanegara.

Bahkan dalam waktu 10 tahun terakhir persentase dari para pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri terus meningkat. Hal ini pun membuktikan kalau Taman Nasional Kutai ini memang sudah terkenal, sehingga tak ada salahnya buat lo untuk datang ke kawasan taman nasional ini.

Sebenarnya hal yang paling terpenting seputar taman ini ialah dengan bagaimana lo akan terus merawatnya. Tidak perlu dengan hal-hal yang sulit kok, hanya dengan tidak membuang sampah sembarangan saja sudah sangat membantu ketika berkunjung ke sana.

[readalso url=19752]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Taman Nasional Kutai di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa, yang terpenting selalu jaga kebersihan serta kelestariannya. Selamat mencoba untuk berkunkung ke taman nasional yang indah serta asri ini yaa!

Source

 

 

Featured Image: .kalimantantours.com

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-traveling #taman-nasional

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /