Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo: The Hidden Gem in Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Author :

Article Date : 25/09/2018

Article Category : Wilderness

Pulau Moyo yang terletak di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat ternyata mempunyai berlian tersembunyi yang hanya diketahui oleh beberapa kalangan petualang saja. Berlian tersembunyi itu adalah spot petualangan yang eksotis, yaitu Air Terjun Mata Jitu.

Keindahan alam di Pulau Moyo memang sudah terkenal di kalangan para petualang mancanegara. Hal tersebut merujuk ke salah satu fakta yang nanti akan dijelaskan di bawah. Fakta tersebut juga berkaitan dengan spot petualangan yang satu ini, Air Terjun Mata Jitu.

[readalso url=18633]

Sekarang ini, Air Terjun Mata Jitu sudah cukup terkenal dan populer. Hal tersebut tentu juga berkaitan dengan hebatnya perkembangan teknologi informasi sekarang ini, di mana lo akan mendapatkan banyak informasi dari smartphone yang lo genggam.

Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo: The Hidden Gem in Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. credit photo: jwsembiring.wordpress.com

Perkembangan teknologi informasi juga dibuktikan dengan adanya sosial media yang hampir digunakan oleh semua kalangan, termasuk millennial. Mereka yang haus akan petualangan, para millennial tentu tidak akan ragu merekam seluruh momen seru mereka di spot petualangan tersebut, tidak ayal mereka yang sudah mengunjungi Air Terjun Mata Jitu.

Banyak unggahan baik yang berbentuk foto atau video, memperlihatkan keindahan alam yang ada di Air Terjun Mata Jitu – Pulau Moyo tersebut. Tentu, unggahan tersebut tersebar luas sehingga pada akhirnya menarik perhatian para petualang lain untuk mengunjungi spot tersebut.

Air Terjun Mata Jitu: One of the Idols in Moyo Island

Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo: The Hidden Gem in Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. credit photo: kumparan.com

Keindahan alam yang ada di Air Terjun Mata Jitu ini bisa melepaskan penat yang sudah lama menumpuk di dalam badan lo tersebut. Air terjun ini merupakan salah satu primadona yang ada di Pulau Moyo. Pemandangan asri nan alami menjadi daya tarik utama di Air Terjun Mata Jitu.

Fakta pertama yang bisa lo ketahui dari air terjun ini adalah spot petualangan ini menjadi salah satu Cagar Alam yang dijaga di Indonesia. Predikat tersebut diberikan untuk spot petualangan ini karena terbentuknya objek ini sudah ratusan tahun lalu lamanya.

Air Terjun Mata Jitu ini mempunyai warna yang unik, hijau muda dan hijau tua menjadi warna gradasi dari air terjun ini. Kolam air yang ada di bawah air terjun ini adalah salah satu daya tarik utama karena lo bebas berenang dan berendam di dalam airnya segar itu!

Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo: The Hidden Gem in Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. credit photo: steemit.com

Fakta kedua untuk air terjun ini adalah empat undakan serta tujuh kolam air di bawahnya. Hal tersebutlah yang membuat para masyarakat setempat, menamainya dengan ‘mata jitu’ yang artinya – mata air yang jatuh tepat pada kolam yang berada di bawahnya.

Bentuknya yang cukup berbeda ini membuat Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo mudah terkenal dan mudah sekali menarik perhatian para petualang, baik petualang yang berasal dari negeri sendiri, atau petualang yang berasal dari mancanegara.

Nah, fakta ketiga adalah terkait dengan petualang mancanegara. Perlu lo ketahui nih bro – kalau Air Terjun Mata Jitu yang ada di Pulau Moyo ini merupakan salah satu spot petualangan yang pernah dikunjungi oleh Putri Kerajaan Inggirs, yaitu Lady Diana.

Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo: The Hidden Gem in Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. credit photo: piknikdong.com

Dengan fakta ini, bahkan masyarakat sekitar sempat memberi julukan ‘Queen Waterfall’ untuk Air Terjun Mata Jitu tersebut. Menurut kumparan travel – Air Terjun Mata Jitu ini tidak hanya dikunjungi oleh Lady Diana, tetapi juga Mick Jagger, dan mantan kipper Manchester United: Edwin Van Der Saar serta petenis Maria Sharapova.

Fakta selanjutnya adalah fakta yang jarang terlihat di sosial media karena ini terkait dengan fisik dari Air Terjun Mata Jitu ini. Tepat di sekeliling pancuran air tersebut, terdapat batuan stalagmit dan stalaktit layaknya di gua, yang sudah terbentuk ratusan dan mungkin ribuan tahun lamanya.

Adanya batuan tersebut menjadikan air terjun ini semakin magis, dan kuat daya tariknya. Kombinasi batuan stalagmit dan stalaktit ini berbeda-beda sehingga membuat keunikannya semakin sedap dipandang oleh mata para petualang.

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo

Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo: The Hidden Gem in Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. credit photo: merahputih.com - @ferdisugar

Lokasi Air Terjun Mata Jitu ini ada di Dusun Oiramu, Labuhan Aji, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jika lo berada di pusat kota Sumbawa Besar – Ibu Kota Kabupaten Sumbawa, kurang lebih jarak yang harus lo tempuh untuk sampai di sana adalah 21 kilometer.

Untuk lo yang akan berangkat ke sana, pastikan lo bisa menyewa perahu nelayan di sekitar Desa Ai Bari Kabupaten Sumbawa. Setelah menyewa perahu, lo akan melakukan perjalanan selama 2 jam. Tenang, perjalanan tersebut tidak akan membosankan karena lo akan disuguhkan keindahan alam yang luar biasa di Pulau Moyo.

Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo: The Hidden Gem in Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. credit photo: blog.reservasi.com

Setelah lo sampai di Desa Ai Bari, lo bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor atau jasa ojek untuk sampai ke air terjun tersebut. Setelah sampai, lo tidak akan semerta-merta langsung bisa tiba di depan air terjun tersebut, lho.

Setidaknya lo harus trekking dahulu selama 1,5 jam perjalanan lagi untuk benar-benar bisa merasakan segarnya air dari Air Terjun Mata Jitu tersebut. Tenang bro, perjuangan lo akan berbuah manis karena keindahan alam yang ada di sana luar biasa.

[readalso url=18636]

Waduh, semakin penasaran dong sama Air Terjun Mata Jitu ini? Kalau iya, langsung saja nih lo rehat sejenak dari rutinitas, pesan tiket pesawat menujut Nusa Tenggara Barat dan mulai perjalanan serta petualangan lo menuju Air Terjun Mata Jitu ini!

 

Source

Feature Image - cerita.picmix.it

ARTICLE TERKINI

Tags:

#air-terjun #Beginner #nusa-tenggara-barat #solo-backpacker #solo-traveling #sumbawa #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /