Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

7 Makanan Khas Bali yang Nikmat dan Harus Lo Coba Bro!

Author :

Article Date : 26/06/2018

Article Category : Wilderness

Selain dari keindahan alam serta budaya, di Indonesia sendiri juga memiliki beragam pilihan kuliner yang tentunya sangat nikmati serta menggugah selera. Dengan bumbu rempah-rempah yang banyak pula menjadikan semakin banyak macam-macam makanan khas Indonesia. Bayangkan saja hampir setiap daerah yang ada di Indonesia sendiri memiliki berbagai pilihan makanan yang tentunya nikmat. Contohnya saja Bali, pulau yang menjadi pilihan destinasi banyak dari wisatawan dari luar negeri ini menyimpan berbagai makanan khas yang unik.

[readalso url=18314]

Sebagai seorang traveller pada saat lo berkunjung ke Bali jangan lupa untuk mencoba setiap makanan khas yang ada di pulau tersebut. Karena akan sangat disayangkan apabila lo tidak mencicipi makanan yang ada di pulau itu. Makanan Bali yang terkenal dengan menggunakan bumbu yang banyak tersebut memang sangat menggoda selera.

Rasa pedas bercampur dengan rasa yang gurih seringkali menjadi sebuah cita rasa yang dapat lo rasakan dari masakan khas Bali. Menikmatinya dengan nasi yang panas tentunya akan sangat nikmat sekali, apalagi ditemani dengan kondisi alam yang indah serta khas Bali.

Di dalam artikel ini pun akan membahas beberapa pilihan makanan Bali yang perlu lo ketahui dan cicipi. Tentunya akan membuat lo ketagihan dengan rasanya yang gurih serta pedas tersebut.

Bebek Betutu

Kenikmatan Sepiring Bebek Betutu. Credit: resepdanmasakan.com

Konon, bebek betutu yang berasal dari Kuta, Bali ini adalah makanan kesukaan para raja di Bali. Cara memasaknya cukup unik, yaitu daging bebek yang telah dibumbui harus dipijat-pijat terlebih dahulu. Katanya, dengan dipijat-pijat maka daging bebek akan menjadi empuk dan bumbunya meresap hingga ke tulang. Bebek yang telah dipijat lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang atau daun pinang lalu dipanggang dalam api sekam.

Proses memasak bebek betutu membutuhkan waktu berjam-jam sehingga bebek betutu hanya dimasak ketika ada acara adat atau upacara keagamaan. Selain bebek betutu, ada juga ayam betutu. Perbedaan keduanya hanya dari dagingnya saja. Salah satu produsen betutu adalah Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar.

Babi Guling

Kenikmatan Babi Guling. Credit: qraved.com

Mungkin lo sudah tahu kalau masakan khas Bali satu ini memang sangat terkenal akan kenikmatannya. Karena memang banyak dari wisatawan atau pemburu makanan asli Bali yang memang datang ke pulau ini memang sengaja untuk mencari hidangan atau kuliner satu ini. Karena memang dengan kondisi masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu, maka tak heran apabila makanan ini termasuk dalam makanan khas pulau ini.

Babi guling (be guling) terbuat dari anak babi yang perutnya diisi dengan bumbu dan sayuran, misalnya daun ketela pohon, lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang. Awalnya babi guling digunakan untuk sajian upacara adat atau keagamaan. Namun kini babi guling dapat ditemukan dengan mudah di berbagai rumah makan, warung, dan hotel-hotel di Bali. Babi guling yang paling terkenal berasal dari Kabupaten Gianyar.

Bubur Mengguh

Kenikmatan Bubur Mengguh. Credit: ksmtour.com

Bubur mengguh merupakan bubur khas dari daerah Bali utara (Buleleng) yang sering disajikan saat upacara adat. Bubur mengguh terbuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang dibumbui lalu disiram kuah ayam kental dan urap sayur yang disajikan terpisah. Citarasanya sangat komplit, perpaduan gurih dan agak pedas dengan renyahnya sayur urap.

Srombotan

Kenikmatan Srombotan. Credit: baliholidaydestinations.com

Srombotan merupakan sayuran khas Klungkung, Bali berupa lalapan sayur seperti kangkung, kacang panjang, dan kubis yang diberi bumbu yang disebut kalas. Kalas yaitu santan yang diberi kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur lalu dimasak hingga kental. Kalas inilah yang menjadi ciri khas srombotan. Srombotan ini harus disajikan dengan bumbu kacang dan bumbu pedas yang dicampur hingga merata.

Nasi Jinggo

Kenikmatan Nasi Jinggo. Credit: kintamani.id

Nasi jinggo (atau nasi jenggo) merupakan makanan khas Bali berupa nasi putih yang disajikan dalam bungkus daun pisang dengan lauk pauk dan sambal. Nasinya disajikan seukuran kepalan tangan saja dan lauk pauknya biasanya adalah sambal goreng tempe, serundeng dan ayam suwir. Konon kata jinggo (jenggo) berasal dari bahasa Hokkien jeng go yang berarti seribu lima ratus. Sebelum krisis moneter tahun 1997, nasi jinggo ini memang dijual Rp 1.500,00 per porsi. Porsinya yang kecil mengingatkan pada nasi kucing khas angkringan Jawa Tengah.

Lawar

Kenikmatan Lawar. Credit: kb.alitmd.com

Ini bukan kelelawar, ya! Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran yang direbus, kelapa yang dipanggang, dan daging cingcang yang dibumbui. Daging yang digunakan adalah daging sapi, babi, ayam, itik, dan penyu. Sementara sayurnya adalah buah nangka muda, pepaya muda, daun jarak, dan kacang-kacangan. Ada bermacam-macam lawar. Bila dilihat dari warnanya, ada lawar putih dan lawar merah. Lawar merah adalah lawar yang menggunakan campuran darah dari daging yang digunakan. Ada juga lawar yang dinamai sesuai dengan jenis daging atau jenis sayuran yang digunakan, semisal lawar babi dan lawar nangka.

Sate Lilit

Sate Lilit Bali yang Menggoda. Credit: blog.kulina.id

Ini juga merupakan makanan khas Bali yang sering diburu oleh pecinta makanan. Sate Lilit sendiri terbuat dari ikan yang dihaluskan lalu diberi tepung serta bumbu-bumbu khas Bali. Sate Lilit dibuat dengan cara melilitkan daging ikan pada batang serai. Rasanya sangat khas, berpadu antara pedas, wangi, manis dan gurih dengan aroma dari batang serai. Bukan hanya sekedar nikmat, sate lilit pun memilki kadar lemak yang rendah.

[readalso url=18096]

Jadi bagaimana dengan informasi seputar makanan khas Bali di atas? Semoga bisa menjadi sebuah panduan lo pada saat lo ingin mencicipi makanan khas bali yang tentunya sangat nikmat serta menggoda selera. Yang terpenting ialah selalu untuk memberanikan diri untuk mencoba berbagai jenis makanan khas Indonesia karena memang kenikmatannya yang sangat unik serta khas.

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #foodventure #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /