Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Keunikan di Danau Sentani yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

Author :

Article Date : 26/12/2018

Article Category : Wilderness

Ingin mendapatkan sebuah keindahan alam yang berupa danau beserta dengan hamparan hijaunya yang luas, tentunya destinasi yang tepat untuk lo kunjungi ialah Danau Sentani. Danau yang berada di Papua ini ternyata menyimpan sebuah keindahan yang tiada duanya. Masih bingung akhir tahun mau liburan ke mana? Coba deh untuk mengunjungi danau ini yaa bro.

Papua memang terkenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beragam keindahan alam yang memukau. Tak heran apabila banyak dari para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin sekali merasakan secara langsung keindahan alam yang ada di kawasan pulau tersebut.

[readalso url=19288]

Sebagai pulau yang berada di kawasan paling timur di Indonesia ini memang memiliki sebutan “Mutiara Hitam”. Sebutan tersebut pun bukanlah merupakan isapan jempol belaka. Bisa dibuktikan dari Danau Sentani yang tentunya bisa menjadi sebuah kawasan wisata alam yang cocok buat lo. Apalagi buat lo yang ingin mendapatkan suasana alam yang masih asri.

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap apa saja yang bisa lo dapatkan di Danau Sentani, simak saja beberapa informasi di bawah ini yang bisa menjadi salah satu panduan lo ketika berlibur ke sana yaa bro. Semoga bisa bermanfaat!

Keunikan dari Danau Sentani – Dihuni Oleh 30 Jenis Spesies Ikan Tawar

Penampakan dari Hiu Gergaji. Credit: medium.com

Perlu diketahui pula kalau danau ini memilki luas wilayah yang cukup lebar loh, dengan luas sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini memang memiliki sumber daya alam yang kaya.

Bayangkan saja terdapat kurang lebih 30 spesies ikan air tawar yang hidup di dalam danau ini. Namun terdapat empat spesies yang selalu menarik perhatian apabila membicarakan mengenai Danau Sentani. Keempat spesies tersebut ialah ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris Heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina Sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis Incises) dan hiu gergaji (Pristis Microdon).

Ikan hiu gergaji sendiri merupakan salah satu spesies di danau ini yang menarik banyak perhatian. Karena dimana lagi lo bisa melihat seekor hiu dengan bentuknya yang unik di dalam sebuah danau. Hanya di Danau Sentani saja bro, sehingga kalau lo ada waktu, jangan lupa untuk mengunjungi pulau ini yaa!

Keunikan dari Danau Sentani – Bukit Teletubbies yang Hijau nan Asri

Suasana di Bukit Teletubbies. Credit: mangandosetiawan.com

Kalau lo mendengar namanya, pasti langsung tertuju dengan bukit yang ada di sebuah film serial anak kecil yang sempat hits jaman dahulu. Apakah lo masih ingat dengan bukit yang ada di dalam dilm tersebut? Yaap, bukit yang ada di Danau Sentani ini sendiri memang memiliki bentuk yang sama dengan apa yang ada di dalam film tersebut.

Oleh sebab itu, bukit ini diberi nama Teletubbies, sebuah perpaduan yang sangat indah bukan. Danaunya yang indah beserta dengan bukit hijau yang berdiri tegak di dekatnya. Ada du acara untuk lo bisa menikmati bukit ini, yaitu ketika lo sedang berada di dalam pesawat, lo bisa melihat keindahan dari bukit ini dari dalam pesawat. Sehingga tak heran apabila lo akan benyak menemukan banyak foto dari bukit ini pun diambil dari kokpit pesawat terbang.

Cara keduanya ialah dengan menaiki ke Tugu Macarthur. Tempat ini berada di Pegunungan Cyclop, Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora, markas TNI.

Keunikan dari Danau Sentani   - Festival Danau Sentani

Suasana Festival Danau Sentani. Credit: breakingnews.co.id

Bukan hanya keindahan alamnya saja yang bisa lo nikmati ketika berada di Danau Sentani, namun ada sebuah kebudayaan masyarakat sekitar yang patut untuk simak. Tepatnya selalu diadakan pada bulan Juni, lo akan melihat keseruan dari Festival Danau Sentani.

Festival yang diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi dan sajian berbagai kuliner khas Papua. Festival ini pun diikuti oleh seluruh paguyuban di wilayah Kabupaten dan Kota Jayapura.

Selain untuk melestarikan budaya, festival ini merupakan bukti pemeliharaan persatuan di tanah Papua. Festival ini juga memadukan suguhan alam dan budaya asli wilayah Tabi, yang didiami oleh 16 suku. Sehingga datanglah pada bulan Juni untuk bisa menikmati festival satu ini.

Keunikan dari Danau Sentani – Makna Dibalik Nama Danau Nan Eksotis

Suasana di Danau Sentani. Credit: blog.reddoorz.com

Danau Sentani sendiri bukan hanya merupakan danau yang memiliki keindahan alam yang indah. Namun nama dari danau ini memiliki sebuah makna yang cukup berarti bagi masyarakat Papua. Bisa dikatakan pula kalau makna dibalik nama danau ini pun merupakan sebuah harapan bagi masyarakat Papua.

Nama Sentani sendiri memiliki arti “di sini kami tinggal dengan damai”. Nama ini pun disematkan pada danau cantik ini pertama kali oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin pada tahun 1898. Tentunya makna yang tersimpan di balik nama Sentani memang membawa pesan kedamaian yang seharusnya bisa diterapkan dalam seluruh bidang kehidupan, baik di Papua maupun di Indonesia.

Keunikan dari Danau Sentani – 22 Pulau yang Tersebar

Suasana di Danau Sentani. Credit: kompasiana.com

Danau yang cukup luas ini ternyata memiliki sekitar 22 pulau yang tersebar di sekitar danau. Pulau-pulau kecil ini pun memiliki beragam keindahan yang patut untuk lo kunjungi ketika berada di danau ini. Bahkan beberapa dari pulau ini pun sering dimanfaatkan sebagai destinasi wisata Jayapura.

Salah satu pulau yang ada di kawasan danau ini yang paling terkenal ialah Pulau Asei, pulau yang dipercaya sebagai bagian tubuh naga. Bahkan penduduk lokalnya pun percaya bahwa mereka merupakan keturunan leluhur yang menunggangi naga tersebut.

[readalso url=19284]

Jadi bagiamana bro dengan informasi seputar Danau Sentani di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Source

 

 

Featured Image: sumber.com


 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-backpacker #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /