Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Hutan Kota di Jakarta yang Bisa Lo Nikmati Selain dari Kesibukan Ibukota!

Author : Admin Adventure

Article Date : 02/06/2018

Article Category : Wilderness

Dengan hiruk pikuk kota yang sangat sibuk, tentunya dengan tempat yang bisa dijadikan tempat untuk menghilangkan penat tentunya merupakan sebuah destinasi yang tepat. Di Jakarta sendiri terdapat beberapa tempat alam yang tentunya memiliki suasana alam yang asri. Hutan kota merupakan pilihannya.

Kehadiran hutan kota di Jakarta sendiri juga merupakan sebuah hal yang tentunya sangat positif bro. Apalagi bila dilihat dengan kondisi kota yang penuh dengan polusi serta kesibukan ini, tentunya perlu sentuhan alami serta penghijauan yang luas.

Hal itu pun dapat lo dapatkan dengan mengunjungi beberapa titik di kota ini yang memiliki hutan luas serta menyegarkan. Karena di Jakarta sendiri terdapat cukup banyak hutan kota yang patut untuk datangi atau kunjungi. Lumayan lah hitung-hitung untuk menghilangkan penat karena lelah bekerja dan menghadapi kemacetan yang tidak ada habisnya.

Untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas beberapa tempat atau titik hutan kota yang ada di tengah Kota Jakarta. Berikut beberapa pilihannya bro.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Hutan kota pertama yang patut untuk lo kunjungi ialah Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Lokasinya yang mirip dengan Bali tentunya menjadi sebuah daya tarik utama buat lo yang ingin mengincar suasana tersebut tanpa harus jauh-jauh ke Bali.

Sebagai pecinta fotografi, kawasan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk juga bisa menjadi salah satu kawasan dimana lo bisa mendapatkan sebuah tempat yang dapat menghasilkan hasil foto yang tak indahnya. Di hutan cantik ini lo bisa mengeksplor banyak foto serta spotnya.

Di dalam kawasan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk juga terdapat danau buatan yang cantik. Dengan angin sepoi-sepoi serta suasana raph dan modern ini dengan mudah bisa lo dapatkan di dalam Hutan Mangrove Pantai Indah Kapu ini. Dengan luas sekitar 99 hektar dan 40% lahannya dimanfaatkan untuk hutan mangrove ini harus lo kunjungi yaa bro.

Hutan Kota Srengseng

Selain dari Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, terdapat pula hutan kota yang terletak di Jakarta Barat bro. Hutan tersebut ialah Hutan Kota Srengseng, dengan memiliki tanaman dan pepohonan rimbun di sekitarnya, jadi lo enggak akan kepanasan saat berada di sana. Sehingga lo bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti jalan pagi, jogging, main sepeda dan lain-lain.

Di dalam kawasan Hutan Kota Srengseng sendiri terdapat 65 spesies pohon tinggi dengan berbagai jenis dan tipe. Di antaranya ialah Jati, Flamboyan, Ketapang, Akasia, Mahoni dan lain-lain. Pohon pendek seperti Perdu dan tamanam merambat juga menghiasai Hutan Kota Srengseng.

Dengan banyaknya pohon di hutan kota juga bisa mengundang kawanan burung untuk tinggal menetap. Jadi lo enggak akan heran kalau di Hutan Kota Srengseng juga menjadi habitat berbagai satwa. Selain burung juga ada reptile, tikus, kadal, biawak dan lain-lain.

Hutan Kota Universitas Indonesia

Tentunya sebagai mahasiswa yang berkuliah di Universitas Indonesia atau sering menghabiskan waktu di sana, sangat disarankan untuk main ke hutan kotanya untuk merasakan suasana hijau, teduh, dan tenang. Hutan Kota Universitas Indonesia memiliki luas 90 hektar dan memiliki banyak potensi, diantaranya sebagai sarana serapa air, pelestarian plasma nutdah dan lahan penelitian biodiversitas Universitas Indonesia.

Terdapat sejumlah jenis pohon di sana, seperti Jati, Meranti, Kopi, Karet dan Matoa. Tak ketinggalan juga terdapat 6 danau besar yang menambah keindahan, yaitu Danau Kenanga, Danau Agathis, Danau Mahoni, Danau Puspa, Danau Ulin dan Danau Salam. Ketika akhir pekan tak sedikit orang memanfaatkan hutan kota ini sebagai sarana rekreasi. Karena di sana ada trek untuk bersepeda, juga ada trek untuk jogging atau sekedar jalan-jalan menikmati suasana.

Hutan Kota Kemayoran

Selain dari kedua hutan kota di atas, tentunya masih terdapat beberap hutan lainnya yang ada di Jakarta bro, salah satunya ialah Hutan Kota Kemayoran. Kawasn yang memang terletak di kawasan Kemayoran ini memang menyimpan sebuah nuansa serta suasana alam yang menyegarkan dan penuh dengan hamparan hijaunya bro.

Buat warga Jakarta atau sekitarnya yang ingin mendapatkan suasana yang menyegarkan serta tempat rekreasi tentunya Hutan Kota Kemayoran bisa menjadi salah satu destinasi lo. Terdapat sebuah danau yang bisa menjadi salah satu tempat dimana lo bisa beraktivitas di dalam kawasan hutan kota ini.

Selain itu, juga terdapat jogging track, serta juga ada beberapa pembangunan yang nantinya akan menambah keindahan dari hutan kota ini sendiri. Seperti jembatan, plaza dan panggung di atas air yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Sehingga Hutan Kota Kemayoran ini bisa digunakan untuk rekreasi para warga.

Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana

Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana memiliki banyak fungsi. Selain menjadi tempat konservarsi dan edukasi, hutan Sangga Buana juga bisa menjadi lokasi rekreasi untuk menyejukkan pikiran dari hiruk pikuk dan padatnya aktivitas ibukota. Begitu memasuki kawasan hutan ini, lo akan dihadapkan dengan hamparan rerumputan hijau yang dikelilingi berbagai jenis pepohonan.

Di tengah tanah lapang hijau ini, terdapat simbol bola dunia berwarna biru yang ditopang dan dikelilingi beberapa tiang kayu. Di sana, lo akan menjumpai beberapa bangunan rumah tradisional ala Betawi. Bangunan adat yang berada di antara rerimbunan pohon bamboo itu berfungsi sebagai perpustakaan dan mushola.

Pada saat lo masuk ke kawasan hutan kota ini juga tersedia lapangan sepak bola yang cukup luas. Lahan parkirnya juga luas, sehingga membuat pengunjung bisa menikmati hutan kota dengan leluasa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar hutan kota yang ada di Jakarta? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat berkunjung ke sana yaa bro. Yang terpenting ialah untuk selalu kobarkan semangat petualang lo serta jangan berhenti bereksplorasi bro!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Beginner #travelling #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /