Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Fakta Dibalik Keindahan Alam di Bukit Cumbri Yang Perlu Lo Ketahui Bro!

Author :

Article Date : 07/07/2018

Article Category : Wilderness

Keindahan alam di Indonesia seakan tak akan pernah ada habisnya, mulai dari dataran tinggi hingga garis pantai memang terdapat di dalam wilayah negara ini. Nah, untuk pilhan dataran tinggi, ada satu bukit yang berhasil mencuri perhatian banyak orang ialah Bukit Cumbri. Di kawasan bukit itu pun memang terdapat beberapa keindahan yang sangat mempesona sehingga mendatangkan banyak wisatawan untuk datang ke kawasan ini. Oleh sebab itu di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa fakta seputar bukit nan eksotis ini.

Bukit yang terletak di Kepyar, Purwantoro, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini memang menyimpan keunikan yang memang sangat menarik loh bro. Buat lo yang memiliki hobi mendaki gunung atau tebing bisa menjadikan kawasan ini sebagai destinasi lo berikutnya.

[readalso url=18358]

Bukit Cumbri sendiri memang berbeda dengan dataran-dataran tinggi lainnya yang ada di Indonesia, penampakan dari bukit ini pun tidak begitu hijau. Di kawasan ini hanya didominasi oleh rumput liar yang tumbuh tinggi dan beberapa pohon jambu monyet.

Semakin penasaran bukan mengenai keindahan yang ada di Bukit Cumbri ini? Langsung saja saja simak informasi seputar bukit nan eksotis ini di bawah ini bro.

Legenda

Suasana di Bukit Cumbri. Credit: pusatinformasi.xyz/

Terdapat sebuah kisah menarik mengenai nama Bukit Cumbri ini bro, menurut legenda asal usul kata Cumbri berasal dari seekor burung kemudian berubah menjadi gunung, yaitu Garuda Cumbro. Dikisahkan bahwa pada suatu ketika, burung ini memangsa seorang petani ketika membajak sawah.

Akan tetapi, petani tersebut berhasil menyelamatkan dirinya dengan cara merobek leher burung tersebut. Tentu saja hal ini seketika membuat sang burung terbunuh. Lalu, burung ini dikatakan jatuh ke bumi dan lambat laun berubah wujud menjadi sebuah gunung kemudian dinamai Gunung Cumbri. Itu adalah cerita mengenai penamaannya, untuk sejarah maupun  misterinya masih belum diketahui.

Pemandangan yang Indah

Suasana di Bukit Cumbri. Credit: steemkr.com

Pada saat lo sudah tiba di puncak Bukit Cumbri ini, lo akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah serta mempesona. Namun memang lo harus melakukan trekking di jalan menanjak kurang lebih satu jam. Namun setiap keringat yang sudah lo keluarkan tersebut dapat terbayarkan dengan panorama alamnya yang indah.

Di atas puncak ini lo akan menemukan sebuah fakta yang menarik, ternyata bukit ini memiliki dua puncak yang berlawanan arah, yaitu menghadap ke barat dan ke timur. Bagian puncak mengahadap ke barat memiliki ketinggian lebih rendah daripada puncak menghadap ke timur. Puncak Cumbri berstruktur tidak rata dengan banyak batuan yang tidak teratur. Ditambah lagi, sisi kanan dan kiri puncak Cumbri cenderung curam sehingga lo harus ekstra hati-hati saat berada di sana.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Suasana Matahari Terbit di Bukit Cumbri. Credit: youtube.com

Bukit Cumbri memang memiliki bentuk sedikit terjal dan curam, akan tetapi bagi penggemar camping atau berkemah, lo tetap bisa untuk mendirikan kemah di kawasan ini. Namun sebaiknya untuk membawa peralatan berkemah lo sendiri yaa untuk dapat bermalam di daerah ini. Dengan bermalam di kawasan ini tentunya lo akan mendapatkan pemandangan menakjubkan di keesokan paginya, mengingat salah satu peson terbaik Bukit Cumbri adalah matahari terbit di pagi hari.

Berbicara mengenai matahari terbit, memang di kawasan Bukit Cumbri ini lo akan menemukan sebuah pemandangan matahari terbit yang sangat indah, bahkan bisa dibilang sangat layak sekali momen ini untuk lo abadikan. Jadi buat lo yang memiliki hobi fotografi, tentunya untuk membawa kamera ke kawasan ini merupakan sebuah keputusan yang tepat. Kalau lo enggak mau menginap atau berkemah di kawasan ini, berarti lo harus mendaki bukit ini dari pagi hari nan buta.

Disarankan pula untuk datang ke kawasan bukit ini pada saat weekday atau hari biasa, karena pada saat saat akhir pekan maka kondisi di kawasan ini pun akan ramai dan akan menjadi tidak nyaman bagi lo yang ingi mendaki dengan suasana yang tenang.

Persiapan Fisik

Perjalanan Menuju Puncak Bukit Cumbri. Credit: thetraveljunkie.org

Sama halnya apabila lo ingin mendaki gunung-gunung pada umumnya, lo harus memiliki persiapan fisik yang kuat dulu. Karena tentunya medan yang akan lo hadapi tentu sangat berbeda dengan apa yang biasa lo hadapi sehari-hari. Bukan hanya fisik saja sih bro, mental lo juga harus dipersiapkan yaa.

Karena lo akan berhadapan dengan alam bebas, maka lo harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. Oleh sebab itu, menghadapi segala bentuk masalah dengan tenang merupakan sebuah kunci yang tepat untuk lo dapat menyelesaikan segala masalah yang ada.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa peralatan yang sekira lo perlukan pada saat melakukan pendakian ini. Perlu diketahui pula untuk selalu membawa barang yang seperlunya saja. Hal itu dilakukan agar lo bisa mengurangi volume sampah yang diakibatkan oleh kelalaian manusia. Menjaga kebersihan dari Bukit Cumbri ini memang merupakan kewajiban kita bersama.

Cara Menuju Bukit Cumbri

Suasana di Puncak Bukit Cumbri. Credit: /kelompoklitik.wordpress.com

Karena lokasinya terbagi ke dalam dua wilayah berbeda, maka ada beberapa rute yang dapat mengantarkan lo untuk dapat mencapai puncak dari bukit ini. Rute pertama adalah rute bisa ditempuh dari Wonogiri, rute kedua dapat ditempuh dari Solo, rute ketiga dari Madiun dan yang terkhir adalah dari Ponorogo.

Untuk rute yang paling mudah untuk dapat mengantarkan lo ke puncak dari Bukit Cumbri ini ialah melalui jalur Wonogiri. Dengan jalur Wonogiri lo dapat memilih pergi melalui Ponorogo atau melintasi Jalan Purwantoro dengan kondisi cukup mulus, sehingga tidak perlu khawatir mengenai trek sulit. Meskipun demikian, tetap harus mempersiapkan kondisi kendaraan dan badan fit agar lancar saat melalui trek menanjak. ‘

[readalso url=18377]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Bukit Cumbri di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat lo berkunjung ke bukit ini. Yang terpenting ialah untuk selalu kobarkan semangat petualang lo dan jangan berhenti bereksplorasi karena dunia ini sangat luas serta masih banyak hal lain yang patut untuk lo taklukan.

 

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Hiking #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /