Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Selain Menara Pisa, Ternyata Masih Ada Lagi Menara Miring di Dunia, Bro!

Author :

Article Date : 03/07/2020

Article Category : Urban Places

Menara Pisa yang dibangun sejak 1173 memang tampak miring sejak awal bangunan tersebut dibangun. Miringnya Menara Pisa karena sebagian tanah fondasinya amblas. Meski miring sejak lebih dari 800 tahun lalu, nyatanya bangunan tersebut tetaplah kokoh sampai saat ini.

Nah, selain Menara Pisa, ternyata masih ada lagi beberapa bangunan di dunia yang tampak miring layaknya Menara Pisa ini. Bangunan-bangunan ini miring dikarenakan berbagai sebab. Mau tau apa aja? Berikut ulasannya!

[readalso url=21850]

Menara Nevyansk, Rusia

Nevyansk Tower merupakan menara dengan bentuk bangunan yang tampak miring. Menara ini memiliki kemiringan hingga 3 derajat. Nggak banyak diketahui mengenai sejarah dari menara tersebut, yang jelas Nevyansk Tower dibangun oleh Keluarga Demidoc pada abad ke-18.

Berbagai spekulasi menyelimuti menara ini, ada yang percaya bahwa Nevyansk Tower merupakan sebuah penjara. Di sisi lain, ada pula yang menganggap menara ini merupakan menara jam ataupun menara pengamatan.

Menara Suurhusen, Jerman

Image source: m.solopos.com

Menara miring Suurhusen di Jerman memegang rekor dunia yang diberikan Guinness World Records untuk bangunan paling miring di dunia. Bangunan ini memiliki kemiringan dengan 5,19 derajat, mengalahkan Menara Pisa yang hanya 3,99 derajat.

Menara Suurhusen merupakan bagian dari sebuah gereja yang dibangun pada abad pertengahan. Sebenarnya Suurhusen memiliki bangunan yang nggak miring selama berabad-abad.

Namun, suatu ketika orang yang membangun tempat ini mengubur pohon-pohon ek di tanah sebelum meletakkan fondasi struktur. Ketika tanah di sekitarnya mengering, otomatis pohon ek mongering dan menyebabkan menara tersebut miring.

Bad Frankenhausen, Jerman

Masih berada di Jerman, menara miring lainnya juga bisa ditemukan di Thuringia, Jerman, yaitu Bad Frankenhausen. Bangunan ini sebenarnya merupakan sebuah menara gereja dengan ketinggian 56 meter.

Menara Bad Frankenhausen memiliki kemiringan hingga 4,8 derajat yang mana lebih miring dari Menara Pisa. Miringnya menara tersebut diduga karena pembangunan mata air bawah tanah di sekitar menara.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan menara dan kembali meluruskannya. Namun, hal tersebut malah nggak membuahkan hasil dan membuat Bad Frankenhausen kini berada di ambang kehancuran.

[readalso url=21822]

Due Torri, Bologna, Italia

Image source: instagram.com/best_italiansites

Penamaan Due Torri atau Two Towers mengacu pada dua menara miring, yakni Asinelli dan Garisenda. Kedua menara tersebut memiliki sudut kemiringan yang lebih besar daripada Menara Pisa.

Asinelli merupakan menara yang lebih tinggi dari Garisenda. Meski demikian, Garisenda memegang rekor sebagai menara paling miring di Italia. Kedua menara ini dibangun pada abad ke-12 dan dinamai sesuai dengan keluarga yang memesan dan mendanai pembangunan mereka.

Kedua menara ini juga pernah digunakan sebagai tempat pengamatan ataupun pertahanan selama Perang Dunia II. Bahkan, Menara Asinelli juga pernah digunakan sebagai penjara bagi para tahanan perang.

Pagoda Tiger Hill, China

Image source: chinadiscovery.com

Tiger Hill atau Hiqiu Tower merupakan sebuah pagoda yang ada di Changmen di Kota Suzhou, Provinsi Jiangsu, China. Nama pagoda ini sendiri diambil dari nama bukit yang berada di sekitarnya.

Sama seperti Menara Pisa, pagoda ini juga miring sekitar 3 derajat. Kemiringan pagoda ini disebabkan oleh struktur bagian pagoda yang mengalami keretakan.

Untungnya, upaya untuk menstabilkan menara pun berhasil dilakukan. Meski demikian, pagoda ini masih sedikit miring karena ada perbedaan sekitar 2,3 meter antara tubuh menara dan fondasi. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Menara Teluk Intan, Malaysia

Image source: stephenlangitan.com

Menara miring juga bisa ditemukan di Kota Teluk Intan, Malaysia, bro. Menara Teluk Intan merupakan menara yang nggak kalah miring dari Menara Pisa di Italia. Menara yang dibangun pada tahun 1892 oleh seorang pria keturunan China, Leong Choon, ini memiliki kemiringan sekitar 2,8 hingga 3 derajat.

Dulunya, Menara Teluk Intan berfungsi sebagai tangki penyimpan air bagi para penduduk. Kini, menara ini digunakan hanya sebagai objek wisata, dan nggak lagi menyimpan air. Menara ini juga memiliki sebuah jam di bagian atas, dan masing berdering setiap 15 menit.

Nah, ternyata menara yang bangunannya miring nggak cuma Menara Pisa aja, bro. Beberapa menara miring lainnya pun ada di beberapa negara di dunia. Menara miring mana yang pengen lo kunjungi, bro?

 

Source: kumparan.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Urban Places

Jadi Hotel Terbaik di Dunia, Simak Keindahan Capella Ubud di Bali

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Lagi di Bandung? Yuk Coba Rekomendasi 7 Wisata Kuliner Ini

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Taman Sari Yogyakarta, Waterkasteel yang Punya Keindahan Abadi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Referensi Tempat Wisata di Sekitar Kaliurang, Yogyakarta

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Rute Menuju Dusun Butuh di Magelang yang Dijuluki sebagai Nepal van Java

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Banyakin Teman dengan Nongkrong di Perkumpulan Pesepeda Jakarta

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Penggemar Sherlock Holmes? Lo Wajib Menjelajahi 5 Rute Wisata Ini

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Terkenal dengan Keindahan Pulaunya, Kenali Fakta Menarik Klungkung Bali

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Buat Pencinta Pantai, Ini Beach Club Mewah yang Bisa Lo Kunjungi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Mengenal Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Bisa Bawa Pulang Bunga Abadi!

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /