Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

4 Masjid Bawah Tanah di Indonesia, Semuanya Punya Desain Bangunan Unik

Author :

Article Date : 07/09/2019

Article Category : Urban Places

Mayoritas penduduk Indonesia diketahui memeluk agama Islam. Hal tersebut melatari pendirian masjid di berbagai penjuru nusantara. Sebagian masjid di Indonesia memiliki desain bangunan unik dan menawan. Keunikan masjid-masjid ini tak hanya terletak pada arsitekturnya saja, melainkan juga lokasinya.

Beberapa masjid unik di Indonesia diketahui berlokasi di bawah tanah. Masjid-masjid ini berada di wilayah dalam dan luar Pulau Jawa. Masjid apa sajakah itu? Apa keistimewaan yang dimiliki masjid-masjid tersebut? Berikut adalah 4 masjid di Indonesia yang dibangun di bawah tanah. Silakan baca tulisan di bawah ya bro!   

1. Masjid Aschabul Kahfi

4 Masjid Bawah Tanah di Indonesia, Semuanya Punya Desain Bangunan Unik. Photo Credit: tubannow.com

Wisatawan dapat menemukan sebuah masjid bawah tanah di kota Tuban, Jawa Timur. Namanya adalah Masjid Aschabul Kahfi. Keunikan masjid ini terletak pada lokasinya yang berada di dalam perut bumi. Sebelum menjadi tempat ibadah, bangunan masjid ini dahulu merupakan goa yang berfungsi sebagai tempat pembuangan sampah.

Salah satu inisiator di balik pembangunan masjid Aschabul Kahfi adalah seorang pemuka agama bernama KH Shubhan Al Mubarak. Beliaulah yang mengusulkan ide pembuatan tempat ibadah dan pesantren dari lokasi pembuangan sampah. Singkat cerita, masjid Aschabul Kahfi sukses didirikan serta menjadi salah satu lokasi pembelajaran agama Islam bagi umat Muslim.

Jika berniat melihat area dalam masjid Aschabul Kahfi, lo harus menaiki tangga yang terhubung dengan bangunan utama masjid. Pengunjung nantinya bisa melihat pemandangan stalagmit dan stalagtit di bagian dinding dan atap masjid ini. Masjid Aschabul Kahfi cocok dikunjungi pelancong yang tertarik melihat wisata religi bernuansa unik kala liburan.

2. Masjid Goa Muhammad

4 Masjid Bawah Tanah di Indonesia, Semuanya Punya Desain Bangunan Unik. Photo Credit: jawatimuran.wordpress.com

Mojokerto juga memiliki masjid bawah tanah dengan arsitektur unik dan menawan, yakni Masjid Goa Muhammad. Lokasi masjid ini cukup unik karena bangunannya didirikan di bawah Masjid Agung Wisnu Kecamatan Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur. Masjid Goa Muhammad patut didatangi traveller pencari tempat wisata religi unik di Jawa Timur.  

Bila hendak menyambangi bagian dalam masjid ini, wisatawan harus memasuki sebuah gapura yang dilengkapi tangga menuju area bawah tanah. Lo bisa menuruni tangga yang berada dalam lorong sempit tersebut untuk mencapai area dengan tingkat kedalaman 7 meter di bawah tanah. Saat itu, masjid Goa Muhammad baru bisa dilihat secara langsung oleh wisatawan.

Warga lokal sering memanfaatkan masjid Goa Muhammad sebagai tempat berlindung atau tempat menenangkan diri. Pasalnya, masjid ini menghadirkan kondisi tenang dan sunyi karena berlokasi di bawah tanah. Jangan lupa menyempatkan waktu ke masjid bawah tanah ini ya bro!

[readalso url=19507]

3. Masjid Baabul Munawwar

4 Masjid Bawah Tanah di Indonesia, Semuanya Punya Desain Bangunan Unik. Photo Credit: tribunnews.com

Masjid bawah tanah tak hanya bisa ditemukan pelancong di Pulau Jawa saja, melainkan juga Papua. Terletak pada kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan tanah, Masjid Baabul Munawar patut disambangi penikmat wisata religi kala liburan. Lo dapat mengunjungi masjid ini di kawasan pertambangan PT Freeport Papua.

Kapasitas Masjid Baabul Munawwar diperkirakan mencapai sekitar 250 jamaah. Tempat ibadah ini diresmikan pertama kalinya pada bulan Juni 2016 silam. Pengunjung masjid bawah tanah ini biasanya adalah para pekerja tambang. Di Masjid Baabul Munawwar, pekerja beragama Islam menjalankan ibadah salat lima waktu serta beragam aktivitas religi lain.

Keunikan masjid ini terlihat pada lokasinya yang bersebelahan dengan Gereja Oikumene Soretia. Gereja tersebut memiliki kesamaan dengan Masjid Baabul Munawwar, yakni berlokasi di bawah tanah. Posisi masjid dan gereja yang berdampingan ini seolah-olah menggambarkan harmoni yang tercipta dari kerukunan antarumat beragama. Inspiratif sekali ya bro?

Masjid Baabul Munawwar diketahui mempunyai fasilitas teknologi sirkulasi udara. Keberadaan alat tersebut dimaksudkan untuk mencukupi kebutuhan udara para jamaah di bawah tanah. Museum Rkor Dunia Indonesia (MURI) kabarnya mengukuhkan Masjid Baabul Munawwar sebagai Masjid Terdalam di Indonesia. Keren sekali, bukan? Sempatkan waktu ke sini ketika libur ya!   

4. Masjid Sumur Gumuling

4 Masjid Bawah Tanah di Indonesia, Semuanya Punya Desain Bangunan Unik. Photo Credit: antaranews.com

Jika bingung mencari destinasi wisata religi unik di Yogyakarta, Masjid Sumur Gumuling bisa menjadi jawaban yang tepat. Masjid bawah tanah ini berlokasi di area komplek wisata Tamansari, Yogyakarta. Saat bertandang ke sini, lo bisa merasakan sensasi unik beribadah di area yang dalam. Patut dicoba deh!

Letak Masjid Sumur Gumuling berada di tengah-tengah bangunan kuno melingkar. Di masa lampau, bangunan melingkar di sekitar masjid ini berfungsi sebagai benteng. Penduduk lokal dahulu menjadikannya sebagai tempat berlindung dari serangan musuh.

Bagian atas Masjid Sumur Gumuling diketahui terbuka karena tidak mempunyai atap. Orang yang menginisiasi pembangunan masjid ini adalah Hamengkubawaw I. Beliau mendirikan bangunan ibadah ini pada tahun 1765. Masjid Sumur Gumuling kabarnya tidak lagi dipakai sejak tahun 1812, ketika Masjid Gedhe Kauman sudah dibangun.

Demikian 4 masjid bawah tanah di Indonesia yang memiliki desain bangunan unik. Masjid-masjid di atas cocok disinggahi wisatawan yang tengah menjalani masa liburan bersama keluarga atau kerabat dekat. Lo bisa mendatangi masjid-masjid ini untuk beribadah sembari melihat keunikan arsitektur di dalamnya. Selamat berlibur ya bro!

Source: suratkabar.id

Feature Image - tubannow.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Urban Places

Jadi Hotel Terbaik di Dunia, Simak Keindahan Capella Ubud di Bali

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Lagi di Bandung? Yuk Coba Rekomendasi 7 Wisata Kuliner Ini

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Taman Sari Yogyakarta, Waterkasteel yang Punya Keindahan Abadi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Referensi Tempat Wisata di Sekitar Kaliurang, Yogyakarta

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Rute Menuju Dusun Butuh di Magelang yang Dijuluki sebagai Nepal van Java

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Banyakin Teman dengan Nongkrong di Perkumpulan Pesepeda Jakarta

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Penggemar Sherlock Holmes? Lo Wajib Menjelajahi 5 Rute Wisata Ini

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Terkenal dengan Keindahan Pulaunya, Kenali Fakta Menarik Klungkung Bali

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Buat Pencinta Pantai, Ini Beach Club Mewah yang Bisa Lo Kunjungi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Places

Mengenal Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Bisa Bawa Pulang Bunga Abadi!

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /