Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi gudeg. Image: Instagram/@kulinerjogja

Author : Admin Adventure

Article Date : 06/09/2023

Article Category : Places & Gears

Gudeg jadi salah satu makanan khas Jogja yang terkenal dan selalu diburu wisatawan. Satu porsi gudeg terdiri dari gori atau nangka muda yang dimasak dengan bumbu khas serta krecek atau kulit sapi yang dimasak ala sambal goreng. Sebagai lauknya, gudeg bisa dinikmati bareng aneka lauk baceman, seperti tempe, tahu, telur, dan ayam kampung.

 

Di Jogja, ada banyak rumah makan atau warung yang menjual gudeg sebagai menu utamanya. Namun, biar lo nggak salah pilih, simak nih rekomendasi berikut ini.

 

Gudeg Bu Djuminten

Gudeg Bu Djuminten
Image: Tripadvisor

Rumah makan yang satu ini bisa dibilang sebagai rumah makan gudeg tertua di Jogja. Namanya Gudeg Bu Djuminten. Rumah makan ini udah ada sejak tahun 1926, lho. Jadi, rasa gudegnya pun masih tradisional banget. Satu porsi gudeg Bu Djuminten terdiri dari sayur gori yang dimasak basah, sambal krecek, dan kacang tolo yang pedas. Buat lo yang kepo gimana rasa gudeg yang otentik, wajib banget makan di sini, deh.

 

Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Image: Instagram/@gudegyudjum

Lo mungkin udah nggak asing lagi sama rumah makan gudeg yang satu ini. Yup, apa lagi kalau bukan Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Rumah makan yang berdiri sejak tahun 1941 ini termasuk yang paling legendaris di Jogja karena gudegnya dimasak pakai resep keluarga turun-temurun. Sayur gorinya tipe kering dengan tekstur yang legit, jadi cocok banget buat lo yang kurang suka makanan berkuah. Kalau mau beli takeaway, gudeg Yu Djum dibungkus sama besek dan kendil, jadi cita rasanya pun tetap terjaga.

 

Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah
Image: Instagram/@kulinerjogja

Buat lo pecinta pedas, gudeg yang satu ini wajib banget lo cobain. Namanya Gudeg Mercon Bu Tinah. Kalau gudeg umumnya didominasi rasa manis, gudeg yang satu ini punya rasa yang bakal bikin keringat lo bercucuran karena kepedesan. Lauknya pun beragam, mulai dari telur, ayam, hingga aneka sate-satean. Udah makanannya enak, makannya lesehan pula. Dijamin makin nikmat dan syahdu, deh.

 

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
Image: Instagram/@gudegpawonjogja

Rumah makan gudeg yang satu ini cukup unik. Soalnya, pelayanannya dilakuin langsung di dapur pemiliknya Ibu Prapto Widarso. Itulah kenapa rumah makan ini dinamai Gudeg Pawon, yang mana kata ‘pawon’ merupakan bahasa Jawa dari ‘dapur’. Bu Prapto sendiri udah jualan gudeg sejak taun 1958 dan sering pindah-pindah tempat. Nah, karena banyak pelanggan yang nyamperin ke rumah, akhirnya ia pun berjualan di rumah langsung sejak tahun 2000.

 

Gudeg Wijilan Bu Lies

Gudeg Wijilan Bu Lies
Image: Instagram/@gudeg.bu.lies

Lagi istirahat di hotel dan tiba-tiba laper tengah malam? Tenang aja, Bro. Ada nih satu rumah makan gudeg yang buka 24 jam di Jogja. Namanya Gudeg Wijilan Bu Lies. Beda dari gudeg lainnya, gudeg di sini punya rasa yang nggak terlalu manis, jadi cocok banget nih buat lo yang nggak suka manis. Nggak cuma itu, Gudeg Wijilan Bu Lies pun nyedain gudeg versi kaleng, seperti gudeg mercon, gudeng telur dan tahun, sampai sambel krecek. Cocok nih buat oleh-oleh.

 

Itu tadi beberapa rekomendasi rumah makan gudeg legendaris di Jogja. Tertarik makan di mana nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #yogyakarta #Destinasi Wisata

Source:Nibble

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Rekomendasi Wisata Kuliner di Palangka Raya, Ada yang Berdiri Sejak Tahun 1980

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Deretan Palung Terdalam di Indonesia, Kedalamannya Mencapai 7 Kilometer Lho!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Liburan ke Yogyakarta, Ini Rekomendasi Galeri Seni yang Bisa Lo Kunjungi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Kafe di Pontianak, Usung Konsep Alam hingga Estetik Kekinian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Wisata Alam di Cianjur yang Bisa Lo Explore saat Libur Lebaran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Wisata Kuliner di Pontianak, Ada Nasi Telur hingga Warung Kopi Legendaris

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Serunya Diving Bareng Rombongan Ikan Sarden di Afrika Selatan, Jumlahnya Miliaran!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Urban Traveling di Surabaya, Ini Rekomendasi Galeri Seni yang Bisa Lo Kunjungi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Wisata Alam di Kediri, Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mendaki Gunung Gamkonora, Puncak Tertinggi di Pulau Halmahera

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /