Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Pulau Penyengat. Image: Wikipedia

Author : Admin Adventure

Article Date : 19/09/2023

Article Category : Places & Gears

Destinasi di Sumatera tuh kaya akan wisata yang berkaitan sama suku budaya warga setempat. Sebut aja budaya Minang di Sumatera Barat dan Batak di Sumatera Utara. Nah, kalau pengin tau tentang budaya Melayu, ini nih salah satu destinasi wisata yang wajib lo kunjungi.

 

Namanya Desa Wisata Pulau Penyengat. Destinasi yang berada di Kepulauan Riau ini jadi juara 1 Desa Wisata Rintisan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Selain itu, desa wisata yang berada nggak jauh dari Tanjung Pinang ini juga meraih rekor MURI sebagai Desa Wisata yang Memiliki Manuskrip Terbanyak. Desa Wisata Pulau Penyengat juga dicalonkan ke UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia sejak 19 Oktober 1995.

 

Kalau pengin tau sekeren apa Desa Wisata Pulau Penyengat, simak ulasannya berikut ini, Superfriends.

 

Selayang Pandang Pulau Penyengat

Pulau Penyengat
Image: Wikipedia

Pulau Penyengat atau disebut juga dengan Pulau Penyengat Inderasakti merupakan sebuah pulau kecil yang berada sekitar 2 km dari Tanjungpinang, pusat pemerintahan Kepulauan Riau. Pulau ini nggak terlalu luas, dengan panjang sekitar 2.000 meter dan lebar 850 meter. Walaupun begitu, Pulau Penyengat menyimpan banyak sejarah tentang kebudayaan Melayu, lho.

 

Nama ‘Penyengat’ berasal dari kemampuan yang dimiliki beberapa serangga, yaitu ‘sengat’. Konon, pada zaman dahulu, ada sekelompok pelaut yang melanggar aturan dengan mengambil air di pulau tersebut. Seketika itu, mereka disengat sama raturan serangga. Oleh penduduk setempat, serangga-serangga tersebut dinamai Penyengat dan dijadiin sebagai nama pulau.

 

Pulau Penyengat ini udah ada sejak ribuan tahun lalu, Superfriends.. Kala itu, pulau ini jadi pusat pemerintahan Kerajaan Riau. Pada tahun 1803, pulau ini dibangun jadi sebuah negeri dan diduduki oleh Yang Dipertuan Muda Kerajaan Riau-Lingga, sedangkan Sultan Riau-Lingga berkediaman di Daik-Lingga. Lalu, pada tahun 1900, Sultan Riau-Lingga pun ikut pindah ke Pulau Penyengat. Sejak saat itu, Pulau Penyengat jadi pusat pemerintahan, adat istiadat, agama Islam, dan kebudayaan Melayu sampai saat ini.

 

Ada Apa Aja di Pulau Penyengat?

Pulau Penyengat
Image: Indonesia Travel

Buat ke Pulau Penyengat, lo bisa naik pompong atau perahu bermotor dari Tanjungpinang kurang lebih 15 menit. Sesampainya di sana, lo bakal disambut sama Masjid Raya Sultan Riau yang lokasinya deket sama dermaga. Masjid ini didominasi sama warna kuning dan hijau. Selain jadi tempat ibadah, Masjid Raya Sultan Riau juga punya beberapa koleksi yang bernuansa Islami, seperti kitab suci Al – Quran yang ditulis tangan dan sepiring pasir yang konon dibawa sama Raja Ahmad Engku Haji Tua, seorang bangsawan Riau pertama kali yang ngelakuin ibadah haji di Mekkah.

 

Nggak cuma itu aja, Superfriends. Di Pulau Penyengat, lo bisa mengunjungi Balai Adat Indra Perkasa yang merupakan rumah adat bernuansa Melayu. Usia rumah ini diperkirakan udah mencapai 100 tahun, lho. Sisi luar Balai Adat Indra Perkasa tampak didominasi sama warna cokelat dan kuning keemasan yang ngasih kesan mewah khas kerajaan. Saat masuk di dalamnya, lo bisa belajar banyak hal tentang Melayu dari benda bersejarah dan manuskrip yang di-display.

 

Setelah asyik jalan-jalan dan belajar tentang kebudayaan Melayu, saatnya ngisi perut dengan berbagai kuliner khas Melayu. Kalau pengin makan kenyang, lo bisa nyobain nasi malaka dan nasi dagang. Sebagai cemilannya, ada karipap yang mirip pastel dengan isian wortel dan kentang. Dijamin kenyang, deh.

 

Sambil menghabiskan waktu, lo bisa lihat aksi warga setempat main perahu jong, permainan tradisional khas Melayu yang tampak seperti miniatur perahu layar. Perahu-perahu tersebut diletakkan di laut, kemudian dibiarkan bergerak mengikuti tiupan angin. Oiya, jangan langsung beranjak dari pantainya, ya. Soalnya, pantai di Pulau Penyengat tuh terkenal sama pemandangan sunset-nya yang memukau. Bakalan nyesel deh lo kalau buru-buru pulang.

 

Itu tadi sekilas ulasan tentang Desa Wisata Pulau Penyengat. Karena sarat peninggalan budaya Melayu, desa wisata ini sering banget dikunjungi wisatawan dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Tertarik traveling ke sana, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Destinasi Wisata #traveling #Trending

Source:Jadesta, Pesona Indonesia

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

MITOS BANGUNAN JOGLO YANG ADA DI PUNCAK LAWU!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Jenis Surfboard Yang Wajib Kamu Ketahui Agar Lancar Dalam Berselancar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Ingin Coba Dinner With A View di Bali, Cobain Tempat Tempat Ini!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Tidak Jauh Dari Jakarta, Ini 5 Spot Rafting Terbaik di Jawa Barat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Hal Yang Perlu Lo Perhatikan Saat Pilih Tas Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Selain Mentawai, Ini Nih Spot Surfing Terbaik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

PUNCAK EKSOTIS YANG SULIT DIJANGKAU!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

PAWON TEMPURAN HARUS TEMPUR MEMBELAH HUTAN!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Sulawesi Utara, Penghasil Ikan Tuna Terbesar Di Indonesia, cocok untuk ekstrem fishing!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

BASIC TAPI PENTING KALAU LO SUKA DOWNHILL!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /