Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

gunung Andong

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/04/2023

Article Category : Places & Gears

Penasaran dengan apa saja jalur pendakian gunung Andong? Bagi lo yang memang cinta aktivitas outdoor, sama sekali tidak boleh melewatkan untuk naik gunung Andong. Berada di Jawa Tengah gunung ini tergolong cukup populer.

Banyak yang bilang puncak gunung Andong sangat indah. Para pendaki sebelumnya pun memberikan review jika pengunjung tak akan kecewa dengan pemandangan indah selama menuju ke sana. Sebelum mencoba mendakinya, tak ada salahnya untuk membaca reviewnya di bawah ini.

Tentang Gunung Andong

Image source: instagram.com/eddypersidafc

Sebelumnya, lo harus tahu dulu jika lokasi gunung Andong ini ada di Jawa Tengah. Faktanya, gunung bisa berada di antara tiga perbatasan yaitu Semarang, Salatiga, dan Magelang.

Secara administratif gunung Andong ada di Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Jadi, apabila kebetulan sedang ada rencana ke Jawa Tengah, gunung Andong bisa menjadi destinasi terbaik.

Di sana, lo bisa sekalian camping di puncak pada ketinggian hingga 1.726 m. Sementara untuk puncaknya sendiri ada Puncak Makam, Puncak Andong, Puncak Jiwa, dan Puncak Alap-alap. Jika berniat bermalam, ada baiknya naik ke Puncak Jiwa karena pemandangan sunrise di sana terkenal begitu indah.

Jalur Pendakian Gunung Andong

Image source: instagram.com/nurrokhimah11_

Berikutnya, lo catat baik-baik jalur pendakian gunung Andong di bawah ini. Lo bisa pilih mana yang sekiranya cocok. Semua punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Gunung Andong setidaknya punya 3 jalur pendakian yaitu:

1. Via Sawit

Mendaki gunung Andong bisa menggunakan jalur Sawit. Lo mulai dengan melalui basecamp Taruna Jayagiri yang berlokasi di Desa Girirejo, Kec. Ngablak, Magelang. Jalur Sawit menyediakan 2 pilihan yaitu jalur lama dan baru.

Jika ingin mendaki dengan waktu lebih cepat, lo bisa pakai jalur lama. Hanya saja, jalur ini lo harus siap tenaga ekstra karena rutenya menanjak. Sementara jalur baru lebih mudah karena sudah ada tanda atau semacam plang percabangan jalur.

Jadi, lo tak akan sulit menemukan rute pendakian. Rutenya pun lebih landai, walaupun ada tanjakan hanya sedikit saja. Kelemahan jalur via Sawit ini membutuhkan waktu agak lama untuk bisa mencapai puncak, imbas pernah kena longsor pada tahun 2018 silam.

Walaupun begitu, ini adalah jalur populer. Bahkan, selama perjalanan lo bisa sekaligus mampir ke sumber mata air jernih untuk pembekalan. Estimasi sampai puncak via jalur sawit ini sekitar 1-2 jam.

2. Via Gogik

Berikutnya adalah lo bisa lewat jalur Gogik yang berlokasi di Dusun Gogik, kec. Ngablak, Magelang. Memiliki medan landai, cocok bagi lo yang masih pemula. Selama perjalanan lo harus menembus hutan pinus dan bambu.

Walaupun begitu, tetap menyajikan pemandangan indah serta udara segar. Ada sejumlah spot foto cantik mulai dari batu pertapaan hingga area camping di puncak. Setelah sampai puncak, lo bisa menikmati keindahan gunung sekitar.

Mulai dari gunung Merbabu, Prau, Ungaran, Merapi, dan sebagainya. Estimasi mencapai pundak via jalur ini hanya 1-2 jam saja.

3. Via Pendem

Jalur pendakian gunung Andong lain yaitu via Pendem. Lokasinya ada di Desa Girirejo, Kec. Ngablak, Magelang. Jalur pendem juga sangat mudah lo lalui karena kondisi medan masih berupa jalan setapak dari tanah.

Banyak spot foto menarik selama perjalanan. Lo juga bisa beristirahat sejenak karena sudah ada beberapa gazebo lengkap dengan listrik jika merasa lelah saat menuju puncak. Di gazebo, lo bisa sekaligus mengisi daya baterai HP.

Jadi, bisa puas ber-swafoto, tanpa takut kehabisan daya. Untuk bisa mencapai puncak jika lewat jalur ini pun tak membutuhkan waktu lama kok. Hanya sekitar 1 hingga 2 jam saja.

Itu dia tadi review tentang pilihan jalur pendakian gunung Andong. Gunung yang lumayan populer di kalangan pendaki. Lo bisa menggunakannya sebagai destinasi pendakian jika berencana datang ke Jawa Tengah.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Hiking #Wilderness #Extreme

Source:https://blog.eigeradventure.com/jalur-pendakian-gunung-andong/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Jalur Pendakian Merbabu Mana yang Paling Ngangenin?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Pilih Sepatu Trail Running yang Tepat, Petualanganmu Makin Seru!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Gunung di Dunia yang Seru Dijadiin Spot Climbing

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Pilih Flysheet yang Tepat, Camping Makin Seru!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Hiking Tipis-tipis di Gunung Batur, Ini Jalur Pendakian yang Bisa Lo Lewati

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

5 Spot Surfing Berbahaya di Indonesia Hanya untuk Peselancar Profesional!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

5 Gunung Ekstrem di Indonesia Tantangan Bagi Para Pendaki Sejati!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Selain Magelang, Pulau Dewata Juga Punya Banyak Spot Seru!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Waterproof vs Water Resistant Mana yang Lebih Oke Buat Jaketku?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Nesting Camping Peralatan Masak Ringkas untuk Petualang

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /