Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Kuala Kencana. Image: Instagram@kuala_kencana_city

Author : Admin Adventure

Article Date : 18/08/2023

Article Category : Places & Gears

Apa yang lo pikirin kalau denger soal Papua? Gunung Jaya Wijaya, daerah pelosok, Suku Asmat, atau lainnya? Ternyata, Papua lebih dari sekadar itu, Bro. Nggak cuma punya kekayaan alam yang luar biasa, wilayah di Timur Indonesia ini punya satu daerah modern yang mirip kayak luar negeri. Namanya Kuala Kencana.

 

Kuala Kencana merupakan sebuah distrik di Timika yang baru-baru ini viral di media sosial. Soalnya, daerah ini punya tata wilayah yang rapi dan unik. Bahkan, nggak sedikit warganet yang menganggap kalau Kuala Kencana ini mirip sama rumah-rumah di luar negeri. Emang, sekeren apa sih Kuala Kencana sampai jadi perbincangan di dunia maya? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Sejarah Kuala Kencana

Kuala Kencana
 Image: Instagram@kuala_kencana_city

Awalnya Kuala Kencana merupakan kota yang digagas buat ngatasin permalasahan kepadatan penduduk di Tembagapura. Wilayah ini akhirnya diresmikan pada tahun 1995 dan direncanakan jadi salah satu kota unik dan indah di Indonesia. Kuala Kencana dibangun di tengah hutan tropis dan menempati lahan seluas 17.078 hektare. Sejak awal pembangunan, wilayah ini emang nerapin konsep ‘kota berwawasan lingkungan’, Superfriends. Fauna dan flora di sana diperlakukan sebagai aset kota. Selain itu, penebangan pohon dilakuin secara selektif dan diawasi secara ketat.

 

Nggak cuma itu, Kuala Kencana juga dilengkapin sama jaringan pipa penampung limbang air kotor. Limbah tersebut disaluin ke pusat pengolahan limbah buat diproses sesuai baku mutu yang disyarakat. Kalau semua kota di Indonesia pakai sistem ini, masalah limbah mungkin bisa berkurang, ya.

 

Fasilitas Lengkap dan Keren Banget

Kuala Kencana
 Image: Instagram@kuala_kencana_city

Salah satu keunikan Kuala Kencana yaitu tata wilayahnya yang bentuknya mirip bunga kalau dilihat dari atas. Rumah-rumah berjajar rapi dan dikelilingi sama hutan yang masih asri dan sejuk. Selain itu, Kuala Kencana juga merupakan kota pertama di Papua yang punya jaringan bawah tanah buat air dan listrik, pusat distribusi air, serta pengumpulan dan pengolahan limbah. Yup, wilayah ini emang mengusung konsep underground utilities, Superfriends. Itulah kenapa lo nggak bakal liat tiang listrik atau kabel yang menjuntai karena semuanya diatur di dalam tanah.

 

Ngomongin fasilitasnya nih, Kuala Kencana punya semua yang dibutuhin sama penduduknya. Ada pusat perbelanjaan, pusat kesehatan, pusat olahraga, sekolah, dan masih banyak lagi. Ada juga lapangan golf yang dibangun di tengah hutan di daerah dataran hutan. Jadi, pengunjung pun bisa main golf sambil nikmatin suasana alam yang sejuk, Superfriends. Asik banget, kan!

 

Salah satu ikon di Kuala Kencana yang sering jadi spot foto yaitu tugu air mancur yang ada di lapangan kota atau alun-alun. Uniknya, tugu tersebut merupakan hasil kerajinan masyarakat Papua, lho. Ada pula kekayaan budaya lain dari Suku Kamoro dan suku-suku asli Papua lainnya yang dilestariin di Kuala Kencana.

 

Tertarik berkunjung ke Kuala Kencana, Superfriends? Sayang banget, wilayah ini merupakan kawasan terbatas yang dikelola saa PT Freeport Indonesia. Jadi, tempat ini nggak dijadiin sebagai objek wisata. Kalau mau masuk pun, lo harus punya izin khusus dan harus melewati proses pemeriksaan keamanan yang ketat. Yah, semoga aja suatu saat Kuala Kencana bisa dibuka buat umum, ya. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Trending #Urban Places #Destinasi Wisata

Source:kumparan

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Sepatu Gunung yang Pas: Kaki Nyaman, Pendakian Aman!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

4 Brand Lokal Outdoor Indonesia yang Wajib Dimiliki Para Pecinta Alam!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Barang-barang Wajib di Vest Kamu Untuk Petualanganmu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mengapa Gunung Salak Terkenal Sebagai Gunung yang Susah Didaki?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Gua Barat, Gua Indah Dengan Air Terjun!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mitos Penunggu Telaga Warna di Gunung Gede Pangrango

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

SESEKALI NAIK MERBABU VIA SUWANTING, VIEWNYA KEREN BANGET!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Smartwatch, Gadget Yang Berguna Untuk Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Gunung Indah Indonesia, Dengan Jalur Pendakian Tersulit

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Sungai Maron, Pacitan: Keindahan Tersembunyi di Jawa Timur

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /