Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung Elbrus

Author : Admin Adventure

Article Date : 21/03/2023

Article Category : Places & Gears

Bagi kebanyakan pendaki, menaklukkan salah satu dari 7 puncak gunung tertinggi di dunia adalah impian sekaligus pencapaian yang luar biasa. Apalagi kalau lo termasuk orang yang menyukai tantangan, melewati trek yang ekstrim dan panjang bisa menjadi kepuasan tersendiri.

Dari 7 puncak tertinggi yang tersebar di seluruh dunia, salah satu yang paling terkenal adalah Gunung Elbrus yang berada di Rusia. Dengan ketinggian 5.642 mdpl, gunung ini menjadi gunung tertinggi kelima di dunia sekaligus puncak tertinggi di Benua Eropa.

Nah, kalau lo ingin mencoba tantangan baru, lo harus coba menaklukkan Gunung Elbrus ini. Sebab selain tinggi, trek pendakiannya pun sangat menantang. Tapi sebelum berangkat, ada baiknya lo simak informasi mengenai gunung Elbrus di bawah ini terlebih dulu.

Termasuk 7 gunung tertinggi di dunia

 

Image source: elements.envato.com/seleznev_photos

Gunung Elbrus yang masuk ke dalam 7 gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut bisa lo temukan di Pegunungan Kaukasus, Rusia. Lokasi persisnya berada di dekat perbatasan Georgia.

Ada dua puncak yang bisa lo taklukkan di gunung ini, yaitu Puncak Timur dengan ketinggian 5.621 mdpl dan Puncak Barat dengan ketinggian 5.642 mdpl. Keduanya dipisahkan oleh sadel yang cukup dalam.

Nah dari dua puncak ini, yang paling banyak didatangi oleh pendaki dari seluruh dunia adalah Puncak Barat karena memang titik tertinggi gunung Elbrus ada di sini. Untuk sampai ke puncak, pendaki bisa menggunakan empat jalur yang berbeda.

Pertama jalur selatan yang mengarah langsung ke Puncak Barat dan menjadi jalur favorit para pendaki karena lebih mudah serta tersedia banyak fasilitas di sepanjang jalurnya. Sementara itu, Jalur Timur dan Barat sangat jarang dilalui karena tidak ada fasilitas apapun di dua jalur ini.

Biasanya pendaki mengambil Jalur Utara sebagai jalur alternatif. Jalur ini dibuat oleh seorang pendaki pertama di Gunung Elbrus pada tahun 1829. Namun karena tidak ada fasilitas, Jalur Utara hanya cocok bagi pendaki yang berpengalaman dan memiliki kemampuan mendaki yang baik.

Setiap pendaki yang ingin menaiki gunung ini harus memulai perjalanan dari area wisata Prielbruise. Di sini, lo harus menggunakan ski lift untuk menuju ke stasiun kereta Garabashi yang berada di ketinggian 3.850 meter di atas permukaan laut.

Punya trek yang ekstrem

 

Image source: elements.envato.com/westend61

Karena lokasinya yang tinggi, suhu udara di stasiun kereta Garabashi jauh lebih dingin dibanding udara di bawah. Maka dari itu, lebih baik lo menginap selama beberapa hari di sini untuk beradaptasi dengan suhu udaranya dulu.

Sambil menginap, lo bisa mempersiapkan diri untuk memulai pendakian ke puncak Elbrus. Perlu lo ketahui, puncak Elbrus berada di Pegunungan Kaukasus yang melewati beberapa negara, mulai dari Rusia, Georgia, Armenia, dan Azerbaijan.

Selain itu, pegunungan Kaukasus juga mempunyai cuaca yang ekstrim dan selalu ditutupi salju sepanjang tahun, bahkan saat musim pana sekalipun. Oleh karena itu, pastikan lo menyiapkan semua kebutuhan dengan baik dari jauh-jauh hari.

Meski trek dan cuacanya terbilang ekstrim, namun Gunung Elbrus masih bisa ditaklukkan, kok. Buktinya, pada abad ke-19 yang teknologinya belum terlalu canggih, tim ekspedisi dari Inggris dan Rusia berhasil sampai ke puncaknya.

Bahkan pada bulan Agustus 2022 kemarin, Khansa Syahlaa Aliyah, seorang pendaki perempuan asal Indonesia berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Elbrus. Pendakian ini dilakukan untuk merayakan HUT RI yang ke-77 tahun lalu.

Jadi buat lo yang ingin menaklukkan Gunung Elbrus, jangan patah semangat sebelum berangkat! Apalagi lo akan disuguhkan pemandangan super menakjubkan dari atas puncak Elbrus jika berhasil menaklukannya.

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Wilderness #Beginner #Extreme #Urban Places

Source:https://www.idntimes.com/travel/destination/maya-andita/10-fakta-keren-tentang-gunung-elbrus-c1c2?page=all

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Nesting Camping Peralatan Masak Ringkas untuk Petualang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Trekking Pole Lebih dari Sekedar Sandaran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Ngomongin Tenda? Yuk Kenalan Sama Bagian-Bagiannya!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Gunung Slamet Lebih dari Sekadar Gunung Api

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Sepatu Climbing yang Nggak Kaku Lagi, ini Tips Perawatan Jitu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Sleeping Pad Bikin Tidur Makin Nyaman Saat Mendaki

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Gunung Agung Lebih dari Sekadar Puncak Pulau Dewata

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Fakta Unik Gunung Gede: Lebih dari Sekedar Puncak

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

Sepatu Gunung Basah? Tenang, Ada Solusinya!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Places & Gears

5 Spot Trad Climbing Terbaik di Indonesia yang Cocok untuk Pemula

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /