Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi business plan. Image: Mikael Blomkvist/Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 25/08/2023

Article Category : News

Rencana bisnis jadi tahap awal yang perlu dilakui buat jadi entrepreneur. Tujuan perencanaan ini yaitu sebagai acuan langkah lo ke depannya, bikin lo lebih tanggung jawab, dan memungkinkan lo buat memantau kemajuan bisnis sepanjang tahun.

 

Sayangnya, beberapa pebisnis kurang realistis dalam membuat rencana bisnis. Sering kali mereka terlalu ambisius, sampai akhirnya goals yang dibuat pun nggak reachable atau sulit tercapai.

 

Nah, buat mastiin apakah rencana bisnis lo udah bener atau belum, cek beberapa hal berikut ini, Superfriends.

 

Cek Progres

Ilustrasi rencana bisnis
Image: startup stock photos/Pexels

Bagian penting dari rencana bisnis yaitu punya check point rutin buat memeriksa progress yang udah lo capai dan seberapa jauh lo melenceng dari target. Jadi, penting banget buat bikin rencana bisnis dengan target sesuai timeline yang tepat. Selain itu, lo juga harus menguraikan apa aja yang harus lo lakuin buat mencapai target tersebut.

 

Selain berdasarkan timeline, progres juga bisa disesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi. Soalnya, nggak menutup kemungkinan bisnis lo bakal mengalami perubahan, entah itu menurun atau berkembang. Jadi, penting banget bagi lo buat beradaptasi dalam segal

a situasi biar nggak shock pas mengalami perubahan dalam berbisnis.

 

Langkah Selanjutnya

Ilustrasi rencana bisnis
Image: mikhail-nilov/Pexels

Selain buat ngecek progres, rencana bisnis juga bisa jadi cara utama buat memutuskan langkah selanjutnya yang mau lo ambil buat ngembangin bisnis lo. Langkah selanjutnya ini umumnya berkaitan dengan kondisi finansial bisnis lo di masa depan. Misalnya, pada titik tertentu, lo mungkin harus cari investor buat nyari pendanaan untuk keperluan operasional. Jadi, lo harus bisa bikin prediksi nih kira-kira kapan waktu yang tepat buat nyari investor, Superfriends.

 

Keseimbangan Biaya dan Keuntungan

Ilustrasi rencana bisnis
Image; anna nekrashevich/Pexels

Bagian penting lain dari rencana bisnis yaitu memastikan biaya dan keuntungan tetap sesuai sama margin yang udah lo prediksiin. Hal ini bakal ngebanu lo buat memutuskan penghemantan tambahan yang diperlukan buat ngedapetin hasil maksimal sesuai rencana. Nah, jika ada yang salah saat bisnis lo udah berjalan nanti, itu tandanya ada yang kurang seimbang dari biaya yang keluar dan keuntungan yang masuk. Bagian ini mungkin harus lo cek secara berkala biar perkembangannya tetep on track.

 

Itu tadi beberapa hal yang harus lo cek buat mastiin kualitas rencana bisnis lo. Kira-kira, ada hal lain yang perlu dicek juga nggak, ya? Tulis di kolom komentar, Superfriends.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Entrepreneurship #Bisnis Investasi #Tips

Source:Insight for Professionals

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Rahasia Minum Saat Mendaki Cegah Perut Mulas dan Nikmati Pendakian!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tips Jitu Meningkatkan Ketahanan Mental: Hadapi Tantangan dengan Jiwa Baja!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Apa Itu Flyboard, Olahraga Air Revolusioner Menyenangkan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Offroad, Ini Rekomendasi Mobil Untuk Kegiatan Outdoor Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jalur Terlarang Semeru Misteri dan Bahaya yang Mengintai

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jalak Lawu Si Mungil Penjaga Gunung Lawu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

ADA ALASAN ILMIAH KENAPA KITA MUDAH TERTAWA SAAT DI GUNUNG

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Lahar, Aktivitas Vulkanik Meningkat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kenapa Warna Outdoor Gear Cerah? Lebih Dari Sekedar Gaya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Air Putih Pahlawan Tersembunyi di Balik Kesuksesan Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /