Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

random check di bandara

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/02/2023

Article Category : News

Nggak bisa dipungkiri, immigration check adalah hal yang menakutkan bagi banyak traveler. Dalam prosesnya, petugas imigrasi biasanya akan memeriksa berbagai hal yang berkaitan dengan kunjungan ke negara tujuan. Mulai dari kelengkapan surat-surat, dokumen izin tinggal, masa berlaku paspor, tiket perjalanan, bukti pemesanan hotel, hingga deposito uang untuk liburan.

Karena itu, setiap traveler wajib menyiapkan semua keperluan dengan baik supaya liburan nggak terganggu oleh urusan administrasi saat immigration check. Akan tetapi, walaupun sudah memenuhi aturan yang berlaku, kadang ada traveler yang kena random check di bandara.

Random check sendiri merupakan pengecekan yang dilakukan secara acak oleh petugas imigrasi demi mengantisipasi terjadinya pelanggaran tertentu dan mencegah hal-hal yang nggak diinginkan.

Sayangnya, nggak ada yang tahu siapa target random check ini. Nggak sedikit kok traveler Indonesia yang mengalaminya. Namun bukan berarti lo harus takut, sebab ada beberapa tips yang membantu lo terhindar dari random check di bandara. Simak baik-baik, ya!

Pakai pakaian yang simpel namun tetap rapi

Image source: elements.envato.com/svitlanah

Pakaian termasuk faktor yang bisa membuat lo terkena random check di bandara. Apalagi kalau lo memakai pakaian yang kurang memadai atau lusuh, biasanya petugas imigrasi akan menaruh curiga atau menganggap lo sebagai pekerja ilegal.

Selain itu, di beberapa negara pakaian seperti burka yang lengkap dengan cadarnya juga bisa menimbulkan kecurigaan petugas imigrasi. Contohnya seperti di negara-negara Eropa, petugas imigrasi biasanya akan meminta turis yang memakai burka untuk melepaskan hijab dan cadarnya.

Ini bukan sikap diskriminatif dari petugas, namun tindakan pencegahan yang dilakukan untuk meminimalisir masuknya para teroris ke negara tersebut.

Hapus konten yang berhubungan dengan terorisme

Image source: elements.envato.com/nutthasethw

Saat bepergian ke luar negeri, lo nggak boleh menyepelekan isi gadget yang lo pegang. Pastikan di dalamnya nggak ada konten yang berhubungan dengan terorisme. Misalnya seperti foto yang berhubungan dengan isis.

Konten-konten seperti itu dianggap membahayakan negara tujuan dan kalau lo kedapatan membawa konten tersebut, petugas nggak akan segan buat mendeportasi lo kembali ke Indonesia.

Jadi selalu periksa konten yang ada di dalam gadget sebelum pergi. Jika ada yang bisa mengganggu perjalanan sebaiknya hapus atau pindahkan dulu ke penyimpanan berbasis internet.

Jangan membawa terlalu banyak barang

Image source: elements.envato.com/LightFieldStudios

Turis yang membawa terlalu banyak barang juga bisa membuat petugas imigrasi curiga. Jangan salah, petugas bisa mencurigai lo sebagai bandar narkoba atau kurir narkoba. Karena itu, meski lo sudah melewati metal detector, petugas pasti akan melakukan pengecekan ulang secara menyeluruh.

Lebih baik bawa barang-barang yang memang lo butuhkan dan nggak bisa lo dapatkan di negara tujuan. Sementara untuk barang yang masih bisa lo beli di tempat tujuan, sebaiknya tinggalkan saja di rumah.

Kuasai Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah kemampuan penting saat lo berlibur ke luar negeri. Kelancaran berbahasa inggris bisa membuat perjalanan lo jadi lebih mudah. Karena itu, pastikan lo sudah menguasai bahasa Inggris.

Minimal lo mengerti dan paham pertanyaan dari petugas imigrasi dan bisa menjawab dengan lancar menggunakan bahasa Inggris. Tapi kalau lo kesulitan ngomong bahasa Inggris, petugas imigrasi pasti menilai bahwa lo akan kesulitan saat liburan di negara tujuan.

Siapkan semua dokumen perjalanan

Terakhir, perhatikan dengan baik semua dokumen perjalanan yang harus lo bawa. Bahkan sampai ke hal-hal kecil seperti mengisi form registrasi. Selain itu, pastikan lo sudah mempelajari aturan cara masuk ke negara tujuan terlebih dulu. Biasanya di dalamnya ada informasi penting yang dibutuhkan oleh petugas imigrasi.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Solo Travelling #Urban Action #Tips

Source:https://phinemo.com/tips-menghindari-random-security-checking/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /