Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

visa

Author : Admin Adventure

Article Date : 21/06/2023

Article Category : News

Berlibur ke tempat yang baru, mendapatkan pengalaman baru hingga menemukan budaya baru di negara lain pasti sangat menyenangkan dan akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Berlibur ke luar negeri bisa dibilang menjadi impian para traveler di Indonesia. Agar bisa segera mendapatkan visa berlibur ke luar negeri, lo bisa terapkan beberapa tips dan trik berikut ini, bro.

Sudah menjadi rahasia umum, jika mengajukan visa untuk berkunjung ke suatu negara itu bukan perkara yang mudah. Bahkan, tak sedikit dari calon wisatawan yang mengalami penolakan visa. Jika lo pertama kali ingin mengajukan visa, perasaan was-was pasti muncul dalam benak, khawatir visa yang diajukan bakal ditolak dan liburan ke luar negeri terancam batal.

Sebenarnya, pengajuan visa bukanlah suatu hal yang mengerikan, jika lo mengetahui tips dan trik khususnya. Nah, untuk meminimalkan risiko permohonan visa ditolak, ada baiknya lo ikuti beberapa tips dan trik berikut ini, bro.

Isi Formulir Pengajuan Visa Sebaik Mungkin

Image source: elements.envato.com/AnnaStills

Setiap orang yang ingin mengajukan visa pasti diwajibkan untuk mengisi formulir pengajuan visa terlebih dahulu. Namun, hal yang harus diingat adalah setiap negara mempunyai kebutuhan jenis visa yang berbeda, seperti visa turis, visa bisnis, visa working holiday, dan lain sebagainya. Nah, supaya visa yang lo ajukan tidak ditolak, pilihlah formulir yang sesuai dengan kebutuhan dan isi formulir tersebut sebaik mungkin, bro. Telitilah saat mengisinya, dan pastikan kalau semua data yang lo tuliskan sudah sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Melengkapi Semua Dokumen Persyaratan

Image source: elements.envato.com/AnnaStills

Tips yang kedua ini tentu tidak kalah penting. Sama seperti membuat paspor, lo juga harus mempersiapkan segala dokumen penting secara lengkap untuk mengurus visa, bro. Pasalnya, banyak dari kedutaan besar yang sering menolak pengajuan visa hanya karena dokumen tidak lengkap. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan visa, periksalah kembali semua dokumen persyaratan. Pastikan agar tak ada satupun dokumen yang terlewat.

Biasanya, dokumen-dokumen yang dibutuhkan antara lain, fotokopi paspor dan paspor aslinya yang masih berlaku hingga enam bulan ke depan dari rencana keberangkatan, fotokopi KTP dan KTP aslinya, pas foto berlatarkan background warna tertentu, tiket penerbangan pulang pergi, bukti pemesanan hotel, laporan keuangan, rencana perjalanan, hingga asuransi. Selain dokumen tersebut, biasanya ada dokumen penting lainnya yang juga harus lo sertakan, seperti akte kelahiran dan kartu keluarga yang asli.

Simak baik-baik, dokumen persyaratan apa saja yang harus dibawa agar pengajuan visa lo berjalan lancar, bro. Ingat, beberapa kedutaan di Indonesia kerap meminta surat keterangan dan dokumen lain untuk kebutuhan validasi data. Untuk berjaga-jaga, bawalah semua dokumen yang sekiranya akan dibutuhkan sewaktu-waktu, bro.

Siapkan Laporan Keuangan

Image source: elements.envato.com/FabrikaPhoto

Seperti yang sudah disebutkan, laporan keuangan juga termasuk ke dalam salah satu dokumen penting yang juga harus disertakan saat mengajukan visa, bro. Hampir seluruh negara pasti akan meminta laporan keuangan wisatawan yang akan berkunjung dalam tiga bulan terakhir. Untuk mencetak bukti keuangan, lo bisa datang ke bank tempat lo menabung. Setelah itu, mintalah kepada petugas teller bank untuk mencetakkan rekening koran.

Jangan lupa untuk mengatur kondisi rekening tabungan dalam tiga bulan terakhir dengan melakukan transaksi sesering mungkin. Namun, hindari melakukan transfer dalam jumlah besar. Karena hal tersebut justru akan mempersulit lo dalam mengurus visa, bro. Pihak kedutaan nantinya bakal mencurigai dan mengira kalau rekening tabungan lo bermasalah.

Beberapa negara bakal menerapkan minimal saldo dalam rekening tabungan lo, bro. Oleh karena itu, pastikan kalau lo memiliki dana yang cukup di dalam rekening tabungan lo, bro.

Gali Informasi Seputar Pengajuan Visa

Image source: https://elements.envato.com/artemp3

Jika belum puas dengan informasi yang beredar di internet, maka lo bisa menggali informasi yang lebih akurat kepada orang yang pernah mengurus visa sebelumnya. Namun, tanyalah kepada mereka yang memiliki tujuan negara yang sama dengan tujuan lo, karena setiap negara jelas mempunyai peraturan yang berbeda. Ketahui dulu apa saja yang diperlukan dan bagaimana caranya agar visa lo mudah diterima dengan mudah.

Buat Itinerary Secara Detail

Sebelum mengajukan visa, jangan lupa untuk membuat itinerary atau rencana perjalanan terlebih dahulu, bro. Biasanya, beberapa kedutaan negara akan meminta rencana perjalanan lo selama berlibur di negara tersebut. Namun yang harus diperhatikan adalah itinerary yang kamu buat harus bersifat realistis alias tidak mengada-ngada atau pun bertele-tele. Buat itinerary sedetail mungkin, sesuaikan itinerary tersebut dengan lamanya liburan lo di negara tujuan wisata lo, bro.

Jangan lupa, cantumkan juga lokasi tempat lo menginap. Jika berpindah-pindah, maka cantumkan seluruh alamatnya, bro. Penting bagi pihak kedutaan untuk mengetahui di mana lo menginap, karena hal ini akan membantu mempercepat pengurusan visa. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyertakan surat izin cuti dari perusahaan yang terlegalisir, mengingat ini adalah salah satu dokumen penting yang juga tak boleh terlewat, bro.

So, itulah beberapa tips dan trik agar bisa segera mendapatkan visa saat ingin berlibur ke luar negeri. Menurut lo apalagi yang harus dipersiapkan untuk mengurus visa, bro?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Tips #Urban Action

Source:https://review.bukalapak.com/travel/tips-menghindari-visa-ditolak-103999

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /