Instagram jadi salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Nggak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai lebih dari 1 miliar pengguna aktif, lho. Di Indonesia, jumlah pengguna Instagram melebihi 89 juta orang. Angka tersebut merupakan jumlah terbanyak keempat di dunia.
Nggak cuma buat pribadi, Instagram juga menyediakan fitur akun profesional yang bisa dimanfaatkan orang dengan tujuan tertentu, salah satunya bisnis. Nah, ada beberapa cara yang bisa lo lakukan biar penggunaan akun Instagram milik bisnis lo jadi makin optimal dan bisa menjangkau lebih banyak target pelanggan. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.
Beli Centang Biru
Saat ini, lo nggak perlu terlalu effort buat mengumpulkan atau beli followers biar bisa dapet tanda verifikasi alias centang biru. Soalnya, Instagram kini menyediakan langganan centang biru dengan biaya mulai dari Rp100 ribu per bulan. Centang biru bisa jadi bentuk validasi kalau akun bisnis lo merupakan akun resmi. Selain itu, centang biru juga bisa berfungsi sebagai alat pengaman kalau akun bisnis lo dibajak orang yang nggak bertanggung jawab.
Cantumkan Informasi Lengkap di Bio
First impression audiens terbangun dari apa yang lo tulis di bio akun Instagram milik bisnis lo. Makin lengkap informasinya, mereka makin kepo buat scrolling dan cari tau lebih banyak tentang produk lo. Beberapa informasi yang bisa lo bagikan yaitu slogan bisnis, lokasi, jam buka, dan link yang berisi daftar menu. Informasi yang lo cantumkan di bio juga bisa memudahkan audiens untuk menemukan akun lo lewati fitur pencarian.
Bikin Highlight yang Unik
Selain bio, penting juga buat bikin hightlight atau sorotan yang informatif dan pastinya unik, Superfriends. Hightlight tersebut bisa lo buat berdasarkan topik tertentu, mulai dari foto menu, foto lokasi, proses produksi, hingga review dari pelanggan. Lo juga bisa bisa bikin highlight khusus pertanyaan umum atau FAQ yang berguna untuk calon pelanggan yang tertarik beli produk lo.
Posting Lebih Banyak Instagram Reels
Dibanding foto, pengguna Instagram saat ini lebih tertarik pada konten video karena dianggap lebih menarik dari segi visual. Nah, kalau lo pengin menggaet audiens lebih banyak, lo bisa sering-sering bikin postingan Instagram Reels, Superfriends. Lo bisa bikin konten dari tren yang lagi rame di Instagram agar postingan lo bisa muncul di explore. Selain itu, konsisten mem-posting Instagram Reels bisa menambah jumlah follower, meningkatkan engagement, dan lo pun berpeluang buat dapet pelanggan baru.
Pakai Hashtag yang Relevan
Biar postingan lo bisa muncul di feed dan explore, lo bisa menambahkan hashtag di setiap postingan lo. Penggunaan hashtag-nya pun nggak boleh sembarangan, Bro. Lo bisa memadukan hashtag spesifik sebagai ciri khas dari akun lo dan hashtag umum yang sering muncul di Instagram. Jadi, konten lo pun jadi mudah muncul berdasarkan pencarian dari keyword yang lo gunakan.
Balas Komentar dan DM Followers
Jangan dianggurin aja kalau lo dapet komentar atau DM dari netizen, Superfriends. Hal itu bisa bikin mereka nggak yakin sama bisnis lo, sehingga memilih untuk unfollow atau nggak jadi beli produk lo. Sebaliknya, kalau lo lebih komunikatif dalam merespon netizen, mereka jadi merasa dihargai dan memutuskan untuk jadi pelanggan lo.
Itu tadi beberapa yang bisa lo lakukan untuk mengoptimalkan akun Instagram milik bisnis lo. Setuju sama cara-cara tersebut, Superfriends? (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Entrepreneur
Please choose one of our links :