Sebagai pemilik bisnis, lo harus punya kemauan buat mengikuti perkembangan zaman. Kayak di era digital ini, misalnya. Strategi penjualan pun harus disesuaikan dengan tren di media sosialnya. Salah satu yang mungkin bisa jadi panduan lo yaitu content marketing strategy.
Content marketing strategy merupakan konsep ini merupakan pendekatan marketing yang fokus sama pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan, dan konsisten buat menarik dan mempertahankan target audiens. Ini bertujuan buat nge-trigger konsumen buat ngelakuin tindakan yang menguntungkan bisnis lo, kayak membeli produk atau sekadar nge-share konten lo. Konsep ini nawarin peluang yang luar biasa buat ningkatin profit. Reputasi dan jumlah pelanggan juga bakal meningkat dengan bikin konten yang valuable dan relevan buat audiens.
Nah, kalau lo udah ngelakuin cara ini, tapi merasa hasilnya belum kelihatannya, ada beberapa cara yang bisa lo lakuin buat ningkatin performanya. Apa aja itu? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, Superfriends.
Perkuat Copywriting
Dalam content marketing strategy, copywriting merupakan hal basic yang penting buat tujuan periklanan, promosi, penjangkauan, dan aktivitas lain yang berkaitan sama pemasaran. Copy ditulis secapat khusus buat membantu brand image yang dapat dikenal, ningkatin brand awareness, dan bisa nge-trigger pelanggan atau calon pelanggan buat membeli produk lo. Nggak cuma di caption postingan media social aja, copywriting juga bisa diterapin pada format konten lainnya, mulai dari video, tulisan blog, sampai email marketing.
Libatin Target Audiens
Dalam membuat konten buat keperluan marketing, lo bisa melibatkan target audiens lo. Misalnya, ajak mereka buat bikin konten atau challenge dari tren yang lo buat. Keterlibatan ini bisa membuat pelanggan lebih deket sama brand lo. Selain bisa ningkatin penjualan, cara ini juga bisa jadi “promosi gratis” karena pelanggan lo nge-share atau membuat konten dengan tren dari brand lo.
Bikin Konten yang Relevan dengan Trending
Media sosial bisa memudahkan orang-orang buat melihat topik apa aja yang lagi trending. Sebagai pemilik bisnis, ini bisa jadi ide atau peluang untuk membuat konten sesuai trending tersebut. Istilahnya sih, riding the wave, ya. Salah satu strategi yang sering dilakukan sama beberapa brand yaitu hasil skor dari pertandingan bola dari tim besar. Mereka biasanya “menggoreng” hasil skor tersebut buat dibikin konten promosi atau meme di media sosial.
Maksimalin Sistem Manajamen Konten
Sistem manajemen konten atau content management system (CMS) merupakan merupakan sebuah sistem untuk mengelola konseptualisasi, modifikasi, dan publikasi konten online lo, baik itu untuk media sosial maupun blog. Dengan memaksimalkan sistem ini, lo nggak perlu upload postingan satu-persatu. Cukup bikin scheduling di CMS, konten lo bakal terunggah secara otomatis.
Manfaatin Artikel Blog
Nggak cuma media sosial, content marketing strategy juga bisa dimanfaatin buat platform blog. Yup, beberapa brand masa kini udah banyak yang kurang ngasih atensi sama blog. Padahal, artikel di blog ini bisa jadi media bagi audiens atau target pelanggan buat mengenal produk dan brand lo lebih dekat. Mereka bisa mendapat informasi seputar produk lo atau hal-hal lain yang berkaitan. Jangan lupa juga buat tambahin call to action pada akhir artikel, salah satunya ajakan buat membeli produk.
Itu tadi beberapa tips buat meningkatkan performa content marketing strategy. Tertarik nyobain cara-cara tersebut, Superfriends? (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Entrepreneur
Please choose one of our links :