KOL marketing jadi salah satu strategi pemasaran yang paling diminati di era digital seperti saat ini. Strategi pemasaran ini merupakan format kolaborasi dengan influencer di bidang spesifik yang punya pengetahuan di bidang tersebut buat membantu lo ngepromosiin produk dengan imbalan uang, sampel produk, dan kompensasi lainnya.
Sama kayak teknik pemasaran pada umumnya, lo nggak boleh asal dalam nyusun strategi buat KOL marketing, Bro. Nggak asal ngajak influencer buat kolaborasi atau bikin konten aja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan biar strategi pemasaran ini bisa mencapai tujuan bisnis lo. Simak tips menyusun strategi KOL marketing yang tepat berikut ini, Superfriends.
Pilih KOL yang Tepat
Dalam menerapkan KOL marketing, lo nggak boleh milih influencer sembarangnya. Selain jumlah follower dan engagement di akunnya, pastiin juga kalau KOL tersebut punya spesialisasi sesuai bidang bisnis lo. Buat mempermudah nyari KOL, ada tiga cara yang bisa lo pakai, yaitu sebagai berikut.
1. Cari manual di platform media sosial sesuai hastag yang spesifik,
2. Cari informasi lewat berita atau artikel internet tentang KOL yang spesialis di bidang tertentu.
3. Menggunakan jasa agensi influencer
Tinjau Akun KOL
Memiliki KOL yang tepat aja nggak cukup, Superfriends. Setelah menemukan beberapa kandidat, lo harus ngecek akun mereka satu-persatu buat ngelihat kepribadian atau personal branding yang mereka tampilin ke audiensnya. Selain itu, lo juga harus memverifikasi jumlah followers, like, dan metrik lainnya buat mastiin apakah itu asli atau beli.
Tetapkan Tujuan Jangka Panjang
Menemukan KOL yang tepat buat strategi pemasaran yang lo terapkan biasanya memakan waktu yang cukup panjang. Nah, biar nggak rugi, lo juga harus menetapkan rencana jangka panjang buat kerja sama bareng KOL tersebut. Lo bisa bikin beberapa campaign bareng KOL buat mencapai target bisnis lo.
Tentukan Platform Media Sosial yang Sesuai
Biasanya, media utama yang digunakan dalam KOL marketing yaitu media sosial, seperti Instgram, TikTok, dan Twitter. Nah, semua platform media sosial tersebut punya ciri khasnya masing-masing, Superfriends. Lo harus nentuin platform mana yang sesuai sama format kolaborasi yang mau lo lakuin bareng KOL, apakah itu konten video atau foto aja.
Itu tadi beberapa tips menyusun strategi KOL marketing yang tepat agar tujuan bisnis bisa tercapai. Tertarik nerapin sama strategi pemasaran ini pada bisnis lo, Superfriends? (arpd)
PERSONAL ARTICLE





ARTICLE TERKINI
Source:Digital Marketers World
Please choose one of our links :