Salah satu hal penting dalam membuat produk atau brand yaitu nentuin unique selling proportions atau USP. Hal itu merupakan faktor atau poin yang disajikan oleh sebuah brand agar mereka terlihat lebih unggul dan berbeda dibanding brand pesaing.
Kunci utama dari USP ini yaitu tentang cara bisnis tersebut nyampaiin keunikan dari produknya di tengah produk-produk lain yang sejenis. Makin unik produk tersebut, makin mudah masyarakat mengenalinya dan tertarik untuk menggunakannya. Selain itu, USP yang disampaiin dengan jelas bisa jadi alat yang efektif buat ngebantu lo ngebentuk dan ngefokusin tujuan marketing agar berhasil membedakan brand dan prpduk lo sama pesaing.
Terus, gimana cara nentuin USP yang baik dan benar, ya? Simak penjelasannya berikut ini, Superfriends.
Cari Tau tentang Pesaing
Salah satu cara yang bisa lo lakuin kalau mau bikin produk yang unik yaitu cari tau dulu tentang pesaing lo, mulai dari gimana produk mereka, cara mereka ngepromosiin produk ke konsumen, sampai testimoni pelanggan tentang produk mereka. Namun, hindari nentuin USP dengan konsep merendahkan pesaing karena cara ini jarang berhasil di pasaran. Contohnya kayak kasus dua brand air mineral yang dulu pernah viral. Mereka ngelakuin persaingan nggak sehat yang akhirnya malah bikin rugi.
Jadilah Spesifik
Buat nentuin USP, lo mesti ngelakuin riset buat cari tau apa poin pembeda antara produk lo dengan produk sebelah. Poin-poin tersebut kemudian bisa lo kembangin buat jadi produk yang spesifik dan unik. Yup, makin spesifik produk lo, konsumen pun makin mudah aware sama keberadaan produk tersebut. Keunikan ini nggak cuma dari segi produk lo aja, tapi juga cara lo menyampaikan produk tersebut, seperti dari iklan atau konten media sosial.
Pastiin Keunikan Produk Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen
Nggak cuma bikin produk jadi lebih unik, USP juga punya peran buat mengkomunikasi value produk ke masyarakat. Jadi, penting banget buat memastikan kalau keunikan dari produk lo tersebut sesuai sama kebutuhan konsumen, Superfriends. Sesuaikan USP tersebut sama target market lo, mulai dari usia, jenis kelamin, hingga preferensi pelanggan. Selain itu, pastiin juga USP yang lo tawarin ke pelanggan punya harga yang masuk akal.
Tentuin Elevator Pitch
Elevator pitch adalah deskripsi singkat tentang brand. Beberapa poin yang harus dijelasin yaitu latar belakang masalah, solusi dari masalah tersebut, alasan pelanggan harus percaya sama brand lo, keunikan dari brand lo, dan call to action biar pelanggan mau membeli produk lo. Nah, gaya bahasa dari deskripsi ini juga harus disesuaiin sama target market lo, Superfriends. Tujuannya biar mereka lebih relate dan ngerasa dekat sama produk lo.
Itu tadi tips nentuin USP biar produk lo terlihat unik di mata konsumen. Kalau lo punya bisnis, apa sih keunikan dari produk lo? Share di kolom komentar ya, Superfriends. (arpd)
PERSONAL ARTICLE





ARTICLE TERKINI
Source:Forbes
Please choose one of our links :