Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi produk bisnis. Image: esztinogradi/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 26/07/2023

Article Category : News

Salah satu poin penting yang wajib diterapin sama bisnis yaitu selalu mengikuti perkembangan zaman. Yes, seiring berjalannya waktu, kebutuhan dan selera masyarakat tentu juga ikut berubah. Nggak cuma punya nilai guna, konsumen juga pengin barang yang dikonsumsi atau dipakai selalu upgrade.

 

Nah, cara biar lo selalu update sama perkembangan zaman adalah dengan ngelakuin riset produk secara berkelanjutan. Kayak dilakukan yang dilakuin sama owner Hirka, Nurman Farieka. Hirka sendiri merupakan produsen sepatu berbahan kulit ceker ayam asal Bandung yang jadi finalis 10 besar Superaventure Superpreneur 2022. Sadar bahwa produknya unik dan satu-satunya di dunia, Nurman selalu ngelakuin riset secara berkelanjutan biar produknya bisa terima sama masayarakat.

 

““Di tahun 2015 kita mulai research materialnya, 2016 kita masuk ke research produknya, dan akhirnya di tahun 2017 kita bisa launching produk dengan desain yang mungkin kita lempar ke market ya karena 2017-2018 itu kita fokus untuk gimana caranya sampai ke market dulu. Kita mencari market yang pas untuk produk kita,” cerita Nurman.

 

Di kesempatan ini, Nurman mau bagiin cerita tentang seberapa pentingnya riset dan tips bikin produk yang inovatif. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini, Superfriends.

 

Pentingnya Riset Produk Secara Berkelanjutan

Ilustrasi bisnis
Image: Freepik

Nurman setuju kalau riset dalam sebuah bisnis merupakan hal penting yang harus dilakukan. Soalnya, hal itu berkaitan sama produk apa yang mau dibikin, Bro.

 

“Tentu sangat penting ya, apalagi ketika bicara soal data, data apa sih yang mengharuskan saya membuat produk tertentu misalnya, kenapa kita akhirnya mulai dari sepatu. Nah case-nya itu sebetulnya bukan dari data yang kita olah ya, tapi case-nya adalah produk yang memungkinkan kita buat,” kata Nurman.

 

Riset juga bisa jadi langkah awal kalau lo pengin bikin produk yang unik dan inovatif, tapi tetap bisa diterima sama masyarakat. Menurut Nurman, kunci utamanya sih cukup fokus sama satu keunikan aja. Bikin banyak unique point justru bikin lo jadi susah fokus buat ngembangin produk tersebut.

 

“Produk kreatif atau inovatif itu dilahirkan berdasarkan opportunity dan keresahan gitu kan. Peluang saya saat itu adalah karena belum ada brand yang mengolah dari kulit kaki ayam. Sebenernya itu jadi peluang buat kita,” ungkap Nurman.

 

Yes, seperti kata Nurman, produk yang unik lahir dari sebuah keresahan sekaligus opportunity yang ada di masyarakat. Lo harus tau dulu produk apa sih yang pengin lo bikin. Setelah tau produknya, lo cari tau juga apakah lo punya kesempatan buat memasarkan produk itu ke masyarakat. Kesempatan tersebut tentunya bisa lo ciptain sendiri dengan strategi marketing khusus, Superfriends.

 

Nah, kalau lo udah punya produk unik yang nggak bisa ditemui di tempat lain, saatnya lo pamerin produk lo ke Superadventure Superpreneur 2023. Nggak cuma pamer produk, ajang ini bisa jadi kesempatan lo buat ngenalin bisnis lo ke masyarakat luas. Menangkan juga hadiah total Rp 750 juta dan berbagai benefit lain yang nggak bakal lo dapetin di tempat lain, kayak sharing bareng juri yang udah expert di bidang bisnis sampai kesempatan kolaborasi bareng pebisnis lain.

 

Langsung aja registrasi sekarang juga di superpreneur.superlive.id dan cek informasi selengkapnya di Instagram @superadventure, ya! (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Entrepreneurship #Tips

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /