Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi investor. Image: Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 19/09/2023

Article Category : News

Makin berkembang bisnis lo, makin banyak dana yang lo butuhin sebagai modal tambahan. Modal ini bisa lo pakai bua tapa aja, seperti buka cabang, bikin produk baru, atau sekadar upgrade produk yang udah ada. Nah, salah satu cara yang bisa lo lakuin buat dapet dana tambahan yaitu cari investor.

 

Investor bisnis adalah orang atau kelompok yang menginvestasikan sejumlah uang dalam bisnis dengan imbalan bagian perusahaan, keuntungan, atau pembayaran pinjaman. Cari dana ke investor cenderung lebih aman dibanding ngajuin pinjaman ke bank karena nggak ada bunga yang perlu lo bayar. Namun, ada bagi hasil yang harus lo kasih ke investor dari keuntungan yang lo dapet setiap bulan atau tahun.

 

Biar dapet dana dari investor, lo harus ngelakuin pitching atau presentasi di depan mereka. Jelasin semuanya tentang bisnis lo dan rencana penggunaan modal yang bakal lo dapetin nanti. Namun, pitching aja nggak cukup, Bro. Ada beberapa cara yang mesti lo lakuin sebelum presentasi biar peluang didanai investor makin meningkat. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Bikin Rencana Bisnis yang Lengkap

Ilustrasi pitching
Image: mikhail nilov/Pexels

Pitching tuh ibarat lo mau ngelamar investor buat jadi pasangan bisnis lo. Jadi, pastiin lo bisa jelasin bisnis lo selengkap-lengkapnya, mulai dari model bisnis, proyeksi keuntungan, target pasar, dan tujuan utama pengembangan. Intinya sih, semua poin yang lo jabarin tuh bertujuan biar investor makin yakin buat mendanai bisnis lo.

 

Siapin Promosi Singkat

Nggak cuma ngejelasin latar belakang bisnis aja, lo juga harus bisa nyiapin promosi tentang produk lo secara singkat. Nggak perlu panjang-panjang, 60 detik aja udah aman, kok. Yang penting semua inti dari produk lo udah tersampaikan, mulai dari fitur atau kandungan, manfaat, varian, harga, dan lain sebagainya.

 

Bikin Catatan Keuangan Teratur

Ilustrasi catatan keuangan
Image: anna nekrashevich/Pexels

Nggak cuma bermanfaat buat ngecek track record bisnis, catatan keuangan tuh juga bisa ningkatin peluang buat dapet investor, lho. Soalnya, ini bisa jadi bukti dari data keuntungan atau kerugian yang pernah lo alami. Selain itu, ini juga bisa jadi pertimbangan buat investor buat nentuin berapa dana yang layak dikasih ke lo. Namun, jangan sampai lo memanipulasi catatan keuangan tersebut dan bikin seolah-olah lo untung terus, ya. Makin nggak realistis grafiknya, investor jadi makin nggak yakin sama bisnis lo.

 

Jujur Apa Adanya

Kalau udah berhadapa sama investor sih, nggak usah kebanyakan gombal deh, Cuy. Jujur aja apa adanya tentang kondisi yang pernah dialami sama bisnis lo. Selain itu, hindari over-claim tentang produk lo. Misalnya, lo bilang kalau produk lo yang paling laku di antara produk sejenis lainnya, tapi nggak ada datanya. Bukannya bikin keliatan ‘wah’, investor malah jadi ilfil sama lo.

 

Sharing sama Pebisnis Lain

Selain ngelakuin persiapan pribadi, lo juga bisa belajar dari pengalaman orang lain buat ningkatin peluang dapet investor. Yup, kalau misalnya lo ada kenalan pebisnis yang usahanya didanai investor, coba deh tanya-tanya tentang cara doi dapetin itu. Selain itu, lo mungkin juga bisa minta rekomendasi investor yang gampang buat dideketin.

 

Itu tadi beberapa cara yang bisa lo lakuin buat ningkatin peluang didanai sama investor. Kalau lo ada cara lain, share di kolom komentar, ya. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Entrepreneurship #Tips

Source:Indeed

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gear Esensial Sepeda Roadbike Yang Wajib Lo Punya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tempat Wisata Non Mainstream Di Jogja, Pernah Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengen Mencoba Backpacking Sendirian, Ini Yang Wajib Diperhatikan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /