Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 23/10/2023

Article Category : News

Pasti lo sudah nggak asing kan dengan Gili Island yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah satu pulau di Gili yang selalu ramai wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, adalah Gili Trawangan.

Nggak hanya terkenal akan keindahan pulaunya, makanan, atau keramahan penduduk lokalnya, Gili Trawangan juga kerap jadi spot surfing favorit. Ombak di pulau ini cukup deras dan arusnya kuat. Walaupun bukan menjadi spot terbaik untuk surfing di Lombok atau Bali, Gili Trawangan tetap menarik untuk lo jajal ombaknya.

Kalau lo berencana untuk surfing sekaligus berwisata di Gili Trawangan, kali ini kita bakal bahas secara lengkap panduannya, mulai dari spot surfingnya, waktu yang tepat untuk berkunjung, hingga cara menjangkau Gili Trawangan.

Spot Surfing Gili Trawangan

Image source: manta-dive.com

Sebetulnya tidak ada spot khusus untuk melakukan surfing di Gili Trawangan. Tapi, hampir seluruh pantai di pulau ini bisa jadi tempat surfing buat lo yang masih pemula dan baru ingin belajar.

Hal yang perlu diperhatikan, perairan di sekitar Gili Trawangan termasuk ke dalam perairan dangkal. Jadi, jangan berpikir untuk surfing saat air sedang surut. Gelombang yang ada di pulau ini merupakan gelombang yang sangat berongga, cepat, dan pendek. Untuk keamanan, lo disarankan menggunakan sepatu khusus surfing untuk melindungi kaki lo dari batu karang.

Waktu Terbaik untuk Surfing di Gili Trawangan

Kapan sih waktu terbaik untuk surfing di Gili Trawangan? Waktu paling pas untuk lo berkunjung adalah di bulan Agustus sampai November. Di bulan-bulan itu, ombaknya cocok banget untuk kegiatan surfing.

Di musim kemarau ini, gelombang besar dari arah Barat Daya akan mengirimkan ombak yang panjang ke wilayah Uluwatu dan sekitarnya, termasuk Gili Island.

Namun, surfing juga mungkin tetap memungkinkan selama musim hujan yang berlangsung sekitar bulan November hingga Maret. Meskipun gelombang tidak sebaik selama musim kemarau, ada beberapa spot yang masih bisa dinikmati selama periode ini, terutama bagi pemula.

Wisata Lainnya di Gili Trawangan

Selain untuk surfing, Gili Trawangan terkenal akan keindahan pantainya, kehidupan malam, dan kulinernya. Selama lo stay di pulau ini, jangan lewatnya beberapa rekomendasi wisata berikut ini.

1. Nongkrong di Bar Tepi Pantai

Gili Trawangan juga dikenal dengan kehidupan malamnya yang aktif. Ada banyak bar dan restoran tepi pantai di sepanjang pulau yang menawarkan hiburan live music, pesta, dan makanan lezat. Beberapa tempat bahkan mengadakan pesta-pesta pantai yang ramai.

2. Snorkeling

Jangan lewatkan aktivitas snorkeling saat lo berkunjung ke Gili Trawangan. Kehidupan bawah laut di pulau ini sangat terkenal akan keindahannya dan biota lautnya yang masih terjaga. Lo juga bisa ikutan kursus menyelam singkat yang tersedia, loh.

3. Gili Trawangan Swing

Terdapat beberapa titik swing ikonik di pulau ini, yang menawarkan pengalaman berayun yang menarik dengan latar belakang pantai dan laut biru yang indah. Tempat ini selalu jadi spot populer untuk mengambil foto yang Instagramable.

4. Water Sport

Lo juga bisa mencoba berbagai kegiatan air lainnya seperti bermain kayak, bersepeda air, parasailing, atau bahkan mengikuti tur perahu untuk mengeksplorasi pulau-pulau sekitar.

Akses Menuju Gili Trawangan

Bagi lo yang ingin berlibur ke Gili Trawangan tapi belum tahu secara jelas mengenai detail jalan, rute, dan akses yang bisa ditempuh untuk mencapainya, berikut guide lengkapnya.

1. Dari Airport Lombok

Akses pertama yang bisa lo pilih adalah melalui airport Lombok. Lo bisa berangkat dari Airport Lombok melalui jalur Bypass kemudian menuju Kota Mataram dan sampai di Senggigi. Dari senggigi lanjut perjalanan ke Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nare. Di Pelabuhan ini lo bisa menaiki boat untuk menyebrang ke Gili Trawangan sekitar 20 menit.

2. Dari Bali

Setelah liburan di Bali, lo juga bisa langsung menuju ke Gili Trawangan tanpa transit, loh. Lo bisa menyeberang melalui Pelabuhan Padang Bay dengan menaiki Fast Boat menuju Gili Trawangan. Waktu yang ditempuh untuk sampai di Gili Trawangan dari Bali adalah sekitar 2 jam.

3. Dari Pelabuhan Lembar

Buat para backpacker yang biasanya datang dari Pelabuhan Lembar, lo bisa naik transportasi umum dari Pelabuhan Lembar ke Senggigi. Dari Senggigi, lo bisa naik shuttle bus menuju Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nare. Setelah itu, naik boat sekitar 20 menit menuju Gili Trawangan.

Transportasi dan Penginapan di Gili Trawangan

Image source: getlost.id

Gimana nih dengan transportasi dan penginapan di Gili Trawangan? Ini penjelasannya.

1. Transportasi di Gili Trawangan

  • Sepeda: Gili Trawangan adalah pulau yang sangat ramah sepeda, dan sepeda merupakan alat transportasi utama di pulau ini. Lo bisa menyewa sepeda di banyak tempat sewa sepeda di sekitar pelabuhan atau penginapan

  • Kereta Kuda (Cidomo): Gili Trawangan adalah pulau bebas mobil dan motor, sehingga kendaraan utama lainnya adalah cidomo, kereta kuda dengan gerbong.

  • Jalan Kaki: Karena ukurannya yang relatif kecil, lo juga bisa dengan mudah menjelajahi banyak area di Gili Trawangan dengan berjalan kaki. Ini adalah cara yang baik untuk menjelajahi pantai-pantai yang indah dan tempat-tempat menarik lainnya di pulau ini.

2. Penginapan di Gili Trawangan

  • Hotel dan Resort: Gili Trawangan menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel-hotel mewah hingga resort yang menawarkan fasilitas mewah seperti kolam renang, restoran, dan spa.

  • Losmen dan Guesthouse: Ada juga banyak losmen dan guesthouse yang lebih terjangkau di Gili Trawangan. Mereka biasanya memiliki fasilitas yang lebih sederhana tetapi nyaman dan bersih.

  • Villa Pribadi: Untuk pengalaman yang lebih eksklusif, lo bisa menyewa vila pribadi di pulau ini.

Yup, itulah tadi panduan lengkap untuk surfing di Gili Trawangan. Selamat berlibur, Superfriends!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#surfing #nusa-tenggara-barat

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Selain Makanan Kekinian, Ini Oleh-oleh Tradisional Khas Jakarta yang Nggak Kalah Enak

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Buff untuk Naik Gunung, Jadi Pelindung Wajah dari Panas dan Dingin

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Hal yang Sering Bikin Bule ‘Kaget’ saat Traveling ke Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Takut Naik Pesawat? Ini Tips yang Bisa Lo Lakukan untuk Mengatasinya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Punya Nama Sama, Ini Perbedaan Nasi Liwet dari Solo dan Sunda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Bertualang di Gunung Merapi Naik Mobil Jeep, Ini Harganya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liburan 2 Hari 1 Malam di Sleman, Ini Itinerary yang Bisa Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kelebihan dan Kekurangan Liburan Pakai Jasa Agen Travel, Worth It Nggak Ya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manfaat Stargazing untuk Kesehatan Mental, Bisa Bikin Lebih Bahagia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Apa Bedanya Lontong, Ketupat, dan Buras? Ini Jawabannya

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /