Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Rappeling

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 30/09/2024

Article Category : News

Bosan dengan rutinitas yang itu-itu aja? Pengen ngerasain sensasi yang beda? Coba deh tantang adrenalin lo dengan rappelling air terjun! Kegiatan ekstrem yang satu ini lagi hits banget lho, apalagi buat para pecinta alam dan tantangan.

Di Indonesia, banyak banget spot rappelling yang bisa lo eksplor. Dari yang gampang sampai yang ekstrem, semuanya punya keunikan tersendiri. Yuk, siap-siap buat tantang diri lo di lima spot rappelling air terjun yang bakal bikin lo pengen balik lagi! 

Apa Itu Rapelling?

Rappelling adalah sebuah teknik menuruni tebing atau bangunan yang tinggi dengan bantuan tali. Teknik ini bisa dipakai dalam berbagai situasi, mulai dari panjat tebing, operasi penyelamatan, hingga kegiatan militer. Nah, meskipun rappelling dan abseiling terlihat mirip, ada perbedaan penting antara keduanya, terutama dalam penggunaan istilah dan latar belakangnya.

Istilah rappelling lebih umum dipakai di kalangan pendaki di Amerika Utara, sedangkan di Inggris dan beberapa negara Eropa, orang lebih sering bilang abseiling. Di Jerman dan Inggris, mereka lebih cenderung menyebut abseiling ketika melakukan kegiatan menuruni tebing curam dengan seutas tali karmantel, yang sebenarnya sama dengan rappelling.

Jadi, bisa dibilang, rappelling artinya adalah teknik menuruni tebing yang asyik dan banyak digunakan di berbagai tempat. Di satu sisi, ada perdebatan seru tentang abseiling vs rappelling, tapi intinya, keduanya adalah teknik yang sangat membantu dalam dunia panjat tebing dan outdoor adventure.

Spot Rapelling Air Terjun di Indonesia

Indonesia memiliki banyak air terjun yang mempesona dan menawarkan pengalaman rappelling yang menarik. Berikut adalah beberapa spot rappelling air terjun yang populer di Indonesia:

Curug Cikondang

Curug Cikondang, yang terletak di Situs Gunung Padang, Cianjur, itu lagi hits banget buat para pecinta adrenalin. Cukup deket kok dari pusat kota Cianjur, sekitar 37 kilometer aja. Nah, yang bikin Curug Cikondang ini spesial adalah air terjunnya yang gede banget! Lebarnya sekitar 30 meter dan tingginya 50 meter. Bayangin aja, lo bisa rappelling air terjun setinggi itu! Pasti seru banget bisa ngerasain sensasi terjun bebas sambil keguyur air yang deras.

Rappelling air terjun di Curug Cikondang ini lagi hits banget di kalangan anak muda. Soalnya, selain menantang, lo juga bisa sekaligus menikmati keindahan alam sekitar. Jadi, nggak cuma dapet pengalaman seru, tapi juga bisa sekalian healing.

Curug Tilu Leuwi Opat

Salah satu spot rappelling yang keren di Indonesia adalah Curug Tilu Leuwi Opat, yang terletak di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Dari pusat Kota Bandung, lo cuma butuh waktu sekitar satu jam buat sampai di sini. Sebelum berangkat, jangan lupa buat reservasi terlebih dahulu dengan mengisi formulir yang tersedia di Google Form. Di sini, lo bisa nyobain serunya waterfall rappelling sebanyak dua kali. Sesi pertama dimulai dari jam 08.00 sampai 12.00 WIB, dan sesi kedua berlangsung dari jam 13.00 hingga 16.00 WIB.

Curug Cibingbin

Curug Cibingbin ini lokasinya ada di kawasan Bojong Koneng, Kabupaten Bogor. Jadi, buat lo yang tinggal di Jakarta atau sekitarnya, pasti nggak jauh-jauh amat deh kalau mau ke sini. Cukup sejam perjalanan aja pakai mobil, udah nyampe! Nah, yang bikin Curug Cibingbin ini menarik buat dicoba adalah ketinggian air terjunnya yang mencapai 22 meter. Bayangin aja, lo bakal meluncur dari ketinggian segitu sambil ngerasain sensasi dinginnya air terjun. Pasti seru banget kan?

Curug Cisalada

Tersembunyi di kawasan wisata alam Curug Cibingbin, air terjun setinggi sepuluh meter ini mungkin terkesan mungil. Namun, jangan salah sangka! Keindahan Curug Cisalada terletak pada keindahan alami undakan bebatuannya yang menawan. Struktur batuannya yang berundak-undak ini gak hanya menyajikan pemandangan yang memukau, tetapi juga menjadi tantangan tersendiri bagi Superfriends yang suka olahraga ekstrem. Dengan ketinggian yang pas, Curug Cisalada menjadi spot rappelling yang ideal bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Curug Ngumpet

Buat lo yang suka tantangan dan adrenalin, Curug Ngumpet adalah tempat yang pas banget! Bayangin aja, lo bakal diajak trekking dari area parkir sampai ke Curug Cibingbin, terus lanjut lagi mendaki ke Curug Ngumpet. Nah, di sini nih yang seru, lo bisa cobain sensasi rappelling dari ketinggian 14 meter! Oh iya, buat lo yang lagi nyari tempat trekking yang menantang, Curug Ngumpet ini jadi salah satu tujuan wajib. Soalnya, dari sini lo bisa lanjut lagi trekking ke berbagai curug lainnya. Dijamin nggak bakal nyesel deh!

Gimana, udah siap buat cobain rappelling air terjun? Jangan lupa ajak temen-temen lo buat bikin pengalaman liburan jadi lebih seru dan nggak terlupakan!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme #Wilderness #Beginner #Urban Places

2 Comments

Comment
Ani i

Ani i

01/10/2024 at 10:45 AM

pengen ke Curug Cibingbin
Epul Saepuloh

Epul Saepuloh

01/10/2024 at 10:46 AM

Thanks infonya
Other Related Article
image article
News

5 Kamera Digital Terbaik untuk Momen Petualangan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Perlengkapan Tidur saat Camping, Wajib Lo Bawa!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Rekomendasi Kompas Orienteering Terbaik, Navigasi Akurat!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Mengenal Sungai Terpendek di Dunia: Salah Satunya Ada di Indonesia!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Spot Diving Terumbu Karang Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Tempat Trail Running Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Rekomendasi Sepatu Trail Running dengan Grip Terbaik untuk Medan yang Licin

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik untuk Pelari Jarak Jauh

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran yang Populer di Kalangan Pendaki

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

PERSIAPAN RAFTING YANG AMAN DAN MENANTANG

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /