Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Kue Akar Kelapa. Image: Adobe Stock

Author : Admin Adventure

Article Date : 23/04/2024

Article Category : News

Kalau ngomongin Jakarta, orang-orang dari kota lain mungkin menganggap kalau kota ini dipenuhi banyak hal yang hits dan kekinian. Padahal, Jakarta juga punya sisi tradisional yang nggak kalah unik, lho.

 

Yup, sisi tradisional Jakarta tersebut berasal dari suku Betawi. Ada berbagai makanan dan minuman khas Betawi yang bisa lo jadikan sebagai buah tangan saat lo pulang kampung. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Dodol Betawi

Dodol Betawi
Image: Wikipedia/Ezagren

Selain Garut, warga Betawi juga punya dodol khasnya, lho. Dari segi rasa, keduanya memiliki kemiripan. Perbedaannya terletak pada tekstur. Dodol Betawi punya tekstur yang lebih kenyal dibanding dodol Garut. Soalnya, dodol Garut punya lapisan gula di bagian luarnya yang bikin teksturnya jadi agak kering.

 

Dodol Betawi terbuat dari kelapa parut, gula kelapa, dan tepung beras. Ada pula yang menggunakan bahan tambahan, seperti ketan hitam, ketan putih, dan durian. Proses memasaknya memakan waktu antara 8 – 10 jam sampai dodol mengental. Api yang digunakan harus kecil banget biar dodolnya nggak gosong.

 

Biji Ketapang

Biji ketapang
Image: Cookpad

Sesuai namanya, jajanan yang satu ini punya bentuk mirip biji buah ketapang. Bahan dasar kudapan ini cukup simpel, yaitu tepung, margarin, telur, gula pasir, santan, dan kelapa parut kasar. Teksturnya renyah dan rasanya nggak terlalu manis. Selain jadi oleh-oleh, biji ketapang juga sering dihidangkan sebagai kue Lebaran oleh masyarakat Betawi.

 

Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa
Image: Adobe Stock

Kalau jajanan sebelumnya punya bentuk mirip biji ketapang, kue yang satu ini punya bentuk mirip akar kelapa. Kue ini juga dikenal dengan nama kue akar pinang, kue kaktus, atau stik yuyu. Kudapan ini terbuat dari tepung beras, tepung ketan, telur, mentega, gula, bubuk vanili, dan santan. Rasanya dan teksturnya kurang lebih sama seperti biji ketapang, yaitu renyah dan nggak terlalu manis.

 

Kue Geplak

Kue geplak
Image: Indonesia Kaya

Selain kue yang renyah, ada pula oleh-oleh tradisional khas Jakarta yang punya tekstur kenyal bak mochi. Namanya kue geplak. Diberi nama itu karena proses pembuatannya dilakukan dengan cara dipukul-pukul, sehingga menimbulkan bunyi ‘plak, plak’. Kue ini terbuat dari beras pera yang digiling hingga jadi tepung, lalu disangrai. Setelah itu, tepung beras tersebut dicampur kelapa sangrai dan gula pasir cair sampai mengental dan padat. Sebagai sentuhan akhir, kue geplak dibedaki dengan gula bubuk.

 

Bir Pletok

Bir pletok
Image: Wikipedia

Nggak cuma makanan, ada pula minuman tradisional khas Betawi yang cocok jadi oleh-oleh. Yup, apa lagi kalau bukan bir pletok. Walaupun namanya bir, minuman ini nggak memabukkan, kok. Justru bir pletok punya manfaat kesehatan karena terbuat dari berbagai rempah, seperti jahe, kapulaga, kayu manis, serai, dan cengkih. Selain itu, campuran gula merah dan air kelapa bikin bir pletok punya rasa yang manis dan segar.

 

Itu tadi rekomendasi oleh-oleh tradisional khas Jakarta. Udah pernah coba semuanya belum, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #foodventure #Trending

Source:Good News From Indonesia, Liputan6

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

KENAPA OMBAK PANTAI SELATAN INDONESIA COCOK UNTUK SURFING?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /