Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi road trip. Image: Thu Truong/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 29/10/2023

Article Category : News

Buat warga Jakarta yang kerja full day selama weekday, akhir pekan tuh ibarat surga. Gimana enggak, Sabtu dan Minggu tuh jadi momen buat ngelakuin apapun yang lo pengin. Ada dua tipe manusia berdasarkan cara nikmati weekend. Ada yang milih buat leha-leha dan istirahat di rumah aja, tapi nggak sedikit juga yang lebih suka ngehabisin waktu di luar rumah sambil eksplor berbagai tempat baru.

 

Nah, kalau lo termasuk tipe yang kedua, biasanya lo ngapain aja pas weekend, Bro? Daripada nongkrong doang, coba deh berpetualangan tipis-tipis sambil menghirup udara segar. Caranya dengan road trip dan ekplor curug di Bogor. Yup, udah bukan rahasia lagi kalau Bogor tuh sering jadi jujugan warga Jakarta buat liburan sejenak di tengah hiruk-pikuk ibukota. Selain itu, Kota Hujan ini juga punya berbagai destinasi wisata yang seru buat dijelajahi, mulai dari wisata kuliner sampai wisata alam.

 

Tertarik road trip dan eksplor curug di Bogor? Simak nih panduan dan estimasi budget-nya berikut ini, Superfriends.

 

Panduan Road Trip dan Trekking ke Curug Seharian di Bogor

Curug Kiara
Curug Kiara. Image: Google Maps/Tau Whydn

Biar nggak kena macet dan perjalanan lo jadi makin seru, sebaiknya lo pilih motor sebagai transportasi road trip ke Bogor ini, Bro. Kalau diukur dari Pasar Minggu, Jakarta Selatan, jaraknya sekitar 60 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Lo bisa ambil jalur Pasar Rebo, Jakarta Timur, menuju Jalan Raya Pasar Rebo karena lebih cepet dibanding lewat Depok. Buat bahan bakarnya, lo mungkin butuh sekitar 2 – 3 liter bensin buat pulang-pergi.

 

Tujuan road trip ini berada di Kampung Raina, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Kawasan ini punya lumayan banyak curug atau air terjun yang bisa lo eksplor seharian karena jaraknya yang berdekatan. Namun, biar nggak capek-capek banget dan lo bisa jalan-jalan ke tempat lain juga, lo bisa pilih empat curug buat dijelajahi, yaitu Curug Kiara, Curug Bidadari, Curug Susun, dan Curug Bungsu. Keempatnya ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

 

Curug Kiara berada di kaki Gunung Menir. Air terjun ini punya ketinggian sekitar 50 meter yang diapit sama dua tebing tinggi dengan pepohonan hijau. Buat sampai ke Curug Kiara, lo harus trekking selama 25 menit dan ngelewatin tangga yang curam dan terbuat dari bambu dan kayu. Kalau lo berkunjung saat musim penghujan, lo harus ekstra hati-hati karena tangganya licin.

 

Setelah puas main air di Curug Kiara, lo bisa lanjut trekking buat menuju Curug Bidadari. Jaraknya cuma sekitar 15 menit dari Curug Kiara dan jalurnya juga cukup gampang buat dilewatin. Curug Bidadari terdiri dari dua tingkatan air terjun yang tingginya sekitar 7 meter. Walaupun pendek, debit air di curug ini lumayan deras. Di samping curug, terdapat kolam alami yang nggak terlalu dalam. Lo bisa berendam sejenak sambil mendinginkan tubuh yang capek setelah trekking.

 

Lanjut lagi ke curug selanjutnya, Curug Susun. Jaraknya lumayan deket dari Curug Bidadari, cuma sekitar 5 menit aja. Namun, lokasinya tersembunyi dibalik pepohonan. Jadi, lo harus ngelewatin aliran air dan batuan kalau pengin ngelihat curugnya secara langsung. Sesuai namanya, Curug Susun terdiri dari satu curug utama dan tiga curug kecil yang bersusun di atasnya. Terdapat kolam alami yang nggak terlalu luas. Debit air terjunnya pun nggak sederas curug sebelumnya.

 

Nah, saatnya lo menuju tujuan terakhir, yaitu Curug Bungsu. Air terjun ini lokasinya terpisah dari tiga curug sebelumnya, ya. Jadi, lo harus putar balik dan keluar dari gerbang Curug Kiara dulu. Nah, dari gerbang tersebut, lo ambil jalur dan trekking sekitar 40 menit buat menuju gerbang Curug Bungsu. Setelah masuk gerbang, nggak butuh waktu lama kok buat sampai ke curugnya.

 

Dibanding tiga curug sebelumnya, bisa dibilang Curug Bungsu ini vibes-nya lebih santuy, Superfriends. Tingginya cuma 3 meter dan aliran airnya nggak terlalu deras. Selain itu, banyak batuan besar yang bisa jadi tempat duduk-duduk sambil nikmatin panorama alam yang memanjakan mata. Cocok banget deh jadi closing-an perjalanan kali ini.

 

Udah selesai menjelajahi empat curug, saatnya kembali ke realita. Di perjalanan pulang, nggak ada salahnya buat mampir kulineran di Bogor, seperti makan soto mi, nikmatin es krim durian yang super seger, atau sekadar nongkrong di kafe estetik. Budget-in aja sesuai sama kebutuhan lo.

 

Estimasi Budget Road Trip Bogor

Curug Bungsu
Curug Bungsu. Image: Google Maps/Gede Eko Darmono

Bensin: Rp30 ribu

Tiket Taman Nasional Gunung Halimun Salak: Rp12 ribu

Tiket masuk Curug Kiara, Curug Bidadari, dan Curug Susun (satu lokasi): Rp20 ribu

Tiket masuk Curug Bungsu: Rp10 ribu

Parkir motor: Rp5 ribu

Uang makan: Rp75 ribu (estimasi)

Total: Rp152.500

 

Itu tadi panduan road trip dan eksplorasi beberapa curug di Bogor serta estimasi biayanya. Udah murah, bisa jalan-jalan di alam bebas lagi. Next, enaknya road trip ke mana nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#air-terjun #itinerary #Destinasi Wisata

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gear Esensial Sepeda Roadbike Yang Wajib Lo Punya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tempat Wisata Non Mainstream Di Jogja, Pernah Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengen Mencoba Backpacking Sendirian, Ini Yang Wajib Diperhatikan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /