Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi sambal. Image: Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 02/01/2024

Article Category : News

Siapa nih yang suka makanan pedas? Walaupun rasanya kadang bikin nyiksa, nggak sedikit orang yang ketagihan sama makanan berbumbu cabe. Lagi happy, makan pedes. Lagi galau, makan pedes. Lagi stres pun makan pedes juga. Lambung aman nggak tuh?

 

Nggak cuma bikin kecanduan, makanan pedas juga menyimpan fakta unik yang bikin lo terkejut. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Makanan Pedas Bisa Mendinginkan Tubuh Lo

Ilustrasi makanan pedas
Image: Sharon Ang/Pixabay

Saat lo makan makanan pedas, tubuh lo biasanya akan mengeluarkan keringat seperti sedang kepasanan. Padahal, makanan pedas justru bisa mendinginkan tubuh, lho. Hal itu dijelaskan oleh ahli gizi Kim Yawitz, R.D sebagaimana dikutip dari Delish.

 

Makanan pedas punya molekul capsaicin dan allyl isothiocyanate yang mampu mengaktifikan reseptor sensorik di lidah. Reseptor tersebut akan menipu otak lo untuk berpikir kalau lo abis makan sesuatu yang sangat panas. Tubuh lo pun akan mengeluarkan keringat sebagai reaksi dari panas tersebut. Nah, keringat itu nantinya akan menguap dan bisa mendinginkan kulit lo.

 

Bisa Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Kesehatan Jantung

Selain membuat tubuh berkeringat, makanan pedas juga bisa meningkatkan sirkulasi darah, lho. Sirkulasi darah yang lancar ini bisa membantu mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh serta membawa karbondioksida dari tubuh ke paru-paru. Selain itu, menurut penelitian tahun 2022, makanan pedas juga bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat, sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

 

Bikin Panjang Umur

Ilustrasi sambal
Image: Irina/Pixabay

Salah satu cara biar lo bisa panjang umur yaitu sering-sering makan makanan pedas. Soalnya, beberapa penelitian menunjukkan kalau orang dewasa yang lebih sering makan makanan pedas memiliki risiko kematian 13 – 14 persen lebih rendah dibanding orang yang jarang makan pedas, lho. Manfaat ini didapatkan dari zat capsaicin yang ada di dalam cabai dan bumbu pedas lainnya.

 

Namun, tetep inget kalau yang berlebihan itu nggak selamanya baik. Seimbangkan dengan makanan bernutrisi biar lo nggak cuma panjang umur, tapi juga sehat terus.

 

Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Buat lo yang pengin menurunkan berat badan, lo mungkin bisa coba sering makan makanan pedas, deh. Soalnya, zat capsaicin bisa memperlambat pencernaan di saluran pencernaan atas, sehingga bikin lo kenyang lebih lama dan lebih sedikit mengonsumsi kalori.

 

Hal itu dibuktikan dari penelitian dengan objek hewan pengerat. Hewan tersebut diberi dosis capsaicin sebanding dengan jumlah capsaicin yang biasa dikonsumsi manusia. Hasilnya, hewan pengerat tersebut mendapat lemak tubuh lebih sedikit dari waktu ke waktu dibanding hewan lain yang nggak dikasih capsaicin, bahkan ketika keduanya mengonsumsi jumlah kalori yang sama.

 

Bikin Lo Bahagia

Semua makanan umumnya bisa bikin lo senang kalau rasanya nikmat. Namun, makanan pedas bisa bikin lo lebih bahagia lagi, Coy. Soalnya, saat mengonsumsi makanan pedas, tubuh lo akan melepaskan hormon endorphin dan dopamin. Hormon tersebut bisa membuat lo merasa lebih senang dan suasana hati pun meningkat.

 

Itu tadi beberapa fakta unik seputar makanan pedas. Apa nih makanan pedas yang jadi favorit lo, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #fact #fakta unik

Source:Delish

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

KENAPA OMBAK PANTAI SELATAN INDONESIA COCOK UNTUK SURFING?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /