Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi sambusa. Image: dapurrakyat.id

Author : Admin Adventure

Article Date : 25/09/2023

Article Category : News

Sulawesi Barat merupakan provinsi termuda di Pulau Sulawesi, terpatnya baru terbentuk pada tahun 2004. Pusat ibukotanya berada di Kabupaten Mamuju. Dulunya, derah tersebut merupakan bagian dari Sulawesi Selatan. Walaupun masih baru, Sulawesi Barat punya daya tarik wisata yang worth it buat dikunjungi, terutama wisata kuliner yang didominasi sama aneka kue tradisional.

 

Yup, masyarakat Sulawesi Barat emang ahli dalam mengolah beras, pisang, sagu, dan umbi-umbian menjadi makanan yang unik, mulai dari segi bentuk hingga rasanya. Bahan-bahan tersebut kebanyakan diolah jadi aneka kue tradsional dengan berbagai rasa, mula dari gurih sampai manis. Daripada makin penasaran, simak nih deretan kuliner khas Sulawesi Barat berikut ini, Superfriends.

 

Jepa

Ilustrasi jepa
Image: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Jepa merupakan makanan khas suku Mandar yang terbuat dari singkong dan parutan kelapa. Kuliner yang satu ini berbentuk bulat pipih dengan warna putih kecokelatan dan ada aroma smokey seperti singkong bakar. Jepa biasanya disajiin sebagai pengganti nasi dan dimakan bersama ikan teri, ikan bakar, atau cumi-cumi. Makanan ini biasanya jadi bekal buat nelayan karena bentuknya yang praktis. Selain itu, masyarakat setempat juga menjadikan jepa sebagai makanan darurat di kekeringan karena tahan lama.

 

Sambusa

Ilustrasi sambusa
Image: dapurrakyat.id

Kudapan ini punya bentuk dan nama yang hampir sama kayak samosa, kuliner khas India dan Pakistan. Namanya Sambusa. Perbedaannya terletak pada isinya. Samosa biasanya diiisi sama kentang dan sayur yang dibumbu rempah, sedangkan isian sambusa terdiri dari ikan tuna yang dicincang, daun bawang, dan, seledri. Isian tersebut dimasak terlebih dahulu dan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan merica. Tekstur luarnya yang renyah dan isian yang melimpah bikin lo nggak bisa lupa sama rasanya, deh.

 

Golla Kambu

Ilustras golla kambu
Image: indonesia.go.id

Sekilas, golla kambu mirip kayak wajik, kudapan khas Jawa Tengah. Perbedaannya terletak dari segi bahannya. Golla kambu terbuat dari berat ketan, kelapa muda parut, gula merah, dan kacang tanah sangrai. Nah, si kacang ini yang jadi pembedanya, Superfriends. Tekstur golla kambu pun jadi ada hint renyah khas kacang. Kudapan ini biasanya disajiin sebagai menu buka puasa karena rasanya yang manis.

 

Lokka Sattai

Ilustrasi lokka sattai
Image: mandarnesia

Makanan yang satu ini merupakan gabungan kata dari ‘lokka’ yang berarti pisang dan ‘sattai’ yang berarti santan. Kedua bahan tersebut emang jadi bahan utama dalam pembuatannya, Bro. Pisang kepok yang masih muda direbus dalam kondisi belum terkupas. Setelah malam, kupas kulitnya dan rebus lagi pakai santan yang udah dikasih sedikit garam. Masyarakat Sulawesi Barat biasanya menyajikan lokka sattai bareng ikan kering toppa dan sambel terasi.

 

Pupu

Ilustrasi pupu
Image: Cookpad

Makanan unik lainnya yang wajib lo cobain saat traveling ke Sulawesi Barat, terutama di daerah Mandar, yaitu pupu. Kuliner yang satu ini terbuat dari ikan cakalang yang ditumbuk dan dicampur sama tepung beras. Cara membuatnya hampir sama kayak perkedel. Adonan yang terdiri dari ikan cakalang, tepung beras, serai, lengkuas, garam, bawang merah, merica, cabe merah, dan jeruk nipis tadi dibentuk segitiga, kemudian digoreng sampa matang. Pupu biasa disajiin pada acara penting adat, seperti perkawinan, khitan, kelahiran, dan kematian.

 

Itu tadi beberapa kuliner khas Sulawesi Barat yang unik dan menggugah selera. Lo tertarik nyobain yang mana nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#sulawesi #Kuliner #Destinasi Wisata

Source:Detik

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /