Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi main layang-layang. Image: katiazorzenone/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 21/03/2024

Article Category : News

Ngabuburit merupakan aktivitas yang dilakukan sambil menunggu buka puasa pada bulan Ramadan. Aktivitasnya pun beragam, seperti berburu takjil, jalan-jalan sore, ngaji di masjid, atau sekadar nongkrong sambil nunggu azan magrib.

 

Istilah ‘ngabuburit’ berasal dari kalimat dalam bahasa Sunda, yaitu ‘ngalantung ngadagoan burit’ yang berarti ‘bersantai sambil menunggu waktu sore’. Kata tersebut diperkirakan muncul pada tahun 80-an. Kala itu, istilah tersebut sering dilakukan anak muda di Bandung untuk menyebut aktivitas menunggu waktu buka puasa. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ngabuburit pun tersebar di masyarakat luas.

 

Selain melakukan hal-hal basic, seperti berburu takjil dan nongkrong pada sore hari, ada beberapa daerah yang punya tradisi khusus untuk ngabuburit, lho. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Balap Perahu Layar, Surabaya

Ilustrasi perahu layar
Ilustrasi balap perahu layar. Image: NoName_13/Pixabay

Di Pantai Kenjeran, Surabaya, warga setempat biasanya menghabiskan waktu sore sambil menunggu waktu buka puasa dengan balap perahu layar. Perahu tersebut bukan perahu beneran, melainkan perahu mainan yang terbuat dari kayu. Acara ini terkadang dilombakan untuk mencari perahu yang paling cepat. Namun, nggak sedikit juga yang melakukannya buat main-main aja.

 

Kumbohan, Lamongan

Kumbohan merupakan aktivitas berburu ikan di Sungai Bengawan Solo yang dilakukan warga Lamongan untuk ngabuburit. Air sungai yang surut pada sore hari memudahkan mereka untuk menangkah ikan. Setelah itu, ikan hasil tangkapan dimasak dan disajikan sebagai menu buka puasa.

 

Main Layangan Hias, Majalengka

Ilustrasi layang-layang
Ilustrasi layangan hias. Image: Holger Langmaier/Pixabay

Main layang-layang mungkin udah jadi hal yang biasa. Namun, ada yang unik nih di Majalengka. Untuk mengisi waktu ngabuburit, mereka biasanya main layangan hias dengan berbagai bentuk dan ukuran, Superfriends. Tradisi ini udah dilakukan turun-temurun dan masih ada sampai sekarang, lho.

 

Bleguran, Jakarta

Pada tahun 70-an, warga Jakarta biasanya memanfaatkan waktu ngabuburit untuk melakukan bleguran. Tradisi ini merupakan permainan meriam bambu yang dilakukan di lapangan atau tanah luas. Walaupun ngga berbahaya, suara ledakan meriam tersebut bisa terdengar sampai jauh,, lho. Sayangnya, tradisi bleguran mulai ditinggalkan.

 

Nongkrong di Pantai, Sulawesi

Masyarakat Sulawesi yang tinggal di daerah pesisir sering nongkrong di pantai sembari menunggu waktu buka puasa. Di Makassar, misalnya. Warga setempat biasanya menghabiskan waktu di Pantai Losari. Setelah azan Magrib berkumandang, mereka pun menyantap takjil dan salat di Masjid Terapung Amirul Mukimin yang ada di pantai tersebut.

 

Itu tadi beberapa tradisi ngabuburit yang unik di berbagai daerah di Indonesia. Kalau di daerah lo ada tradisi apa nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Trending #fact #fakta unik

Source:Kompas, Traveloka

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

KENAPA OMBAK PANTAI SELATAN INDONESIA COCOK UNTUK SURFING?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /