Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Festival Meriam Karbit. Image: pontianak.go.id

Author : Admin Adventure

Article Date : 02/04/2024

Article Category : News

Setelah sebulan berpuasa, saatnya merayakan kemenangan dengan menyambut Idulfitri. Pada hari raya tersebut, umat Muslim biasanya berkumpul bersama keluarga besar, bersilaturahmi, dan menyantap hidangan khas Lebaran, mulai dari ketupat sampai opor ayam.

 

Selain kebiasaan tersebut, ternyata ada beberapa daerah yang punya tradisi unik untuk meraakan Lebaran, lho. Tradisi tersebut biasanya merupakan percampurana dari kebudayaan mereka dengan kebudayaan Islam. Kira-kira, daerah apa aja yang ya punya tradisi tersebut? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Grebeg Syawal, Yogyakarta

Grebeg Syawal
Image: Flickr

Yogyakarta terkenal dengan ritual kebudayaannya yang beragam. Pada hari Idulfitri, misalnya, Keraton Yogyakarta melakukan tradisi Grebeg Syawal tepat pada hari pertama Lebaran atau 1 Syawal. Mereka mengarak Gunungan Lanang yang berisi sayur-mayur dan hasil bumi lainnya menuju Masjid Gede Keraton Ngayogyakarta untuk didoakan. Setelah itu, warga setempat pun berebut mengambil isi Gunungan Lanangan. Mereka percaya kalau gunungan tersebut bisa membawa berkah dan ketentraman.

 

Ngejot, Bali

Umat Islam yang tinggal di Bali punya tradisi unik sekaligus jadi bentuk toleransi dengan umat Hindu. Namanya Ngejot. Dalam tradisi ini, umat Islam bali yang disebut Nyama Selam memberikan hidangan pada tetangga atau masyarakat sekitar tanpa memandang agama dan kepercayaan. Tradisi ini dilakukan beberapa hari menjelang Idulfitri atau Iduladha. Nantinya, umat Hindu akan membalas memberikan hidangan menjelang Nyepi atau Galungan.

 

Festival Meriam Karbit, Pontianak

Festival Meriam Karbit
Image: pontianak.go.id

Festival Meriam Karbit merupakan tradisi Lebaran yang diadakan oleh masyarakat yang tinggal di tepian Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat. Tradisi ini biasanya dilakukan selama tiga hari, yaitu sebelum, saat, dan sesudah Lebaran. Dalam tradisi ini, masyarakat saling berlomba untuk membunyikan meriam yang terbuat dari pohon kelapa atau batang pohon durian. Suara meriam tersebut dipercaya bisa mengusir makhluk halus yang mengganggu manusia.

 

Tradisi Baraan, Riau

Tradisi Baraan merupakan ritual khusus yang dilakukan masyarakat Bengkalis, Riau, setiap Idulfitri. Dalam tradisi ini, warga secara berkelompok saling mengunjungi tetangga satu sama lain. Sejak malam terakhir bulan Ramadan, biasanya mereka udah membuat rencana rumah siapa yang akan dikunjungi pertama kali.

 

Si tuan rumah pun harus menyediakan berbagai hidangan, seperti ketupat, opor ayam, hingga aneka kue. Setelah makan-makan, mereka pun melakukan doa bersama. Tradisi ini bisa berlangsung sampai satu minggu, tergantung seberapa banyak rumah tetangga yang dikunjungi.

 

Tari Topeng Labu, Jambi

Tari Topeng Labu
Image: YouTube/Putra Allam

Sebuah desa di Jambi punya tradisi Lebaran yang cukup unik. Namanya Tari Topeng Labu. Warga Desa Muaro Jambi membuat topeng dari labu tua berkulit keras dan dicat dengan beragai warna. Mereka juga menambahkan ijuk yang jadi rambut dari topeng tersebut. Setelah itu, mereka memakai topeng sambil menari berkeliling desa. Para warga yang menonton terkadang memberikan uang atau makanan pada para penari.

 

Tradisi ini konon berasal dari penderitaan yang dialami masyarakat Jambi saat masn penjajahan. Dahulu, warga desa yang terkena penyakit kusta harus mengasingkan diri agar nggak menularkan penyakit tersebut pada keluarga dan orang-orang sekitarnya. Jelang Lebaran, mereka yang rindu keluarga pun akhirnya membuat topeng dari labu untuk menutupi penyakitnya. Akhirnya, kebiasaan ini pun jadi tradisi dan hiburan tersendiri setiap Idulfitri di Desa Muaro Jambi.

 

 

Itu tadi beberapa tradisi unik Lebaran di berbagai daerah di Indonesia. Kalau di kampung halaman lo, biasanya tradisi apa yang dilakukan nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Trending #fakta unik #fact

Source:Kompas

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /