Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi inovasi. Image: Freepik

Author : Admin Adventure

Article Date : 12/10/2023

Article Category : News

Inovasi jadi salah satu hal yang dibutuhin dalam bisnis. Hal ini berkaitan sama ide baru dan cara buat menerapkan konsep tersebut dengan tepat. Nah, inilah yang ngebedain inovasi dengan kreativitas, Bro. Inti dari inovasi yaitu implementasi, bukan sekadar ide yang unik aja.

 

Ada beberapa jenis inovasi yang bisa lo terapin dalam bisnis, seperti inovasi bertahap, inovasi arsitektural, inovasi disruptif, dan inovasi radikal. Ada pula inovasi produk, inovasi layanan, inovasi proses, inovasi model bisnis, inovasi teknologi, dan inovasi pemasaran. Walaupun beda, semua inovasi itu melewati proses yang sama, kok. Simak nih proses berinovasi dalam bisnis yang perlu lo lakuin berikut ini, Superfriends.

 

Klarifikasi

Ilustrasi bisnis
Image: rdne stock project/Pexels

Eits, ini bukan klarifikasi ala artis yang bikin skandal, ya. Klarifikasi ini maksudnya memperjelas apa tujuan lo buat berinovasi, seperti siapa yang bakal kena efeknya, hambatan apa yang bakal ditimbulkan, dan gimana kira-kira respon masyarakat atas inovasi tersebut. Klarifikasi mungkin melibatkan pelaksanaan riset pasar atau pelanggan dan diskusi tim buat menemukan kekurangan produk, hambatan layanan, dan sumber keuntungan yang berkurang akibat inovasi ini.

 

Ide

Setelah diperjelas, saatnya lo menemukan ide awal buat berinovasi. Jangan dilakuin sendirian, Superfriends. Lo bisa cari ide bareng-bareng sama tim lo agar ide yang tercipta bisa lebih baik. Selain itu, lo juga bisa survei ke calon pelanggan lo, kira-kira inovasi kayak gimana sih yang mereka butuhin. Dari sesi tukar pikiran dan survei kecil-kecilan bisa jadi pintu buat menemukan ide yang cocok buat inovasi lo.

 

Pengembangan

Ilustrasi bisnis
Image: kampus production/Pexels

Ide udah ditemukan, saatnya ngelakuin development atau pengembangan. Sebaiknya, pilih beberapa ide yang potensial buat dikembangin agar lo tau mana yang paling baik. Selain itu, siapin pula prototipe buat menguji dan menghitung proyeksi keuangan secara rinci. Setelah itu, baru deh tentuin ide mana yang paling masuk akan buat direalisasikan.

 

Implementasi

Seperti yang disebutin di awal, inovasi tuh berkaitan sama implementasi, bukan sekadar ide kreatif aja. Jadi, setelah ngelakuin tiga tahap tadi, saatnya lo merealisasikan ide terbaik dari hasil uji coba sebelumnya. Meskipun udah memasuki tahap implementasi, bukan berarti ide ini stuck di satu titik aja, ya. Lo bisa ngelakuin evaluasi secara berkala agar inovasi lo bisa mengikuti perkembangan zaman.

 

Itu tadi proses atau tahapan berinovasi dalam bisnis. Coba share dong, inovasi apa yang pernah lo lakuin di bisnis lo, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Bisnis Investasi #Entrepreneurship

Source:Better Up

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

YANG SUKA ADVENTURE DI ALAM TERBUKA DAN DAERAH PELOSOK SEKARANG SUDAH BISA INTERNETAN!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

PENTING KENALI MASALAH KEAMANAN SAAT MENYELAM!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kisah Pendakian Pertama ke Everest Yang Melegenda!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suku Bajo, Aquaman dari Indonesia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka tantangan? Inilah 5 Spot Paralayang Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menyelami Kesenian Suku Osing: Kearifan Lokal Banyuwangi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAHASIA SUKU SHERPA BISA KUAT MENGHADAPI CUACA EKSTREM!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /