Kalau ngomongin soal brand produk, ada banyak istilah yang wajib lo pahami sebagai entrepreneur. Dua di antaranya yaitu brand awareness dan brand image. Kalau brand awareness mungkin lo udah sering denger kali, ya. Kalau brand image, udah pernah tau belum?
Nah, buat beberapa orang, konsep brand awareness dan brand image sering ketuker-tuker, nih. Biar lo nggak salah juga, simak penjelasan tentang perbedaan brand awareness dan brand image berikut ini, ya.
Definisi
Brand awareness dan brand image punya definisi yang beda tipis-tipis, nih. Brand awareness itu merujuk pada bagaimana konsumen mengenal dan mengingat brand di market atau kategori produk tertentu. Sementara itu, brand image adalah keseluruhan persepsi dan kesan konsumen terhadap suatu brand berdasarkan pengalaman, asosiasi, dan ekspektasi mereka.
Brand awareness biasanya dipengaruhi sama visibilitas, reputasi, dan jangkauan pemasaran brand. Sementara brand image dipengaruhi sama kualitas produk, layanan pelanggan, dan upaya marketing.
Sifat
Sifat atau ciri khas dari brand awareness yaitu bersifat aktif dan nggak laten. Artinya, pandangan konsumen terhadap brand tersebut bisa aja berubah sesuai konsep marketing yang dibuat oleh sebuah bisnis.
Sebaliknya, brand image cenderung pasif dan laten. Artinya, persepsi konsumen biasanya nggak akan berubah dari tahun ke tahun karena mereka tau kalau brand tersebut identic sama satu hal. Misalnya, brand minuman C identik sama minuman bersoda yang sering ada di restoran fast food.
Penanda
Penanda yang mempengaruhi brand awareness biasanya bersifat fisik, seperti kemasan, logo, dan warna khas dari brand tersebut. Sementara itu, penanda dari brand image yaitu slogan dan campaign yang biasanya nggak akan berubah dari awal produk itu ada sampai tahun-tahun selanjutnya.
Durasi
Karena brand awareness punya sifat yang aktif, durasi atau umurnya pun lebih pendek dan bisa berubah kapan aja, tergantung sama strategi marketing yang lagi dipakai. Sementara itu, umur brand image cenderung lebih lama, bahkan sampai tahan lama karena hal itu berkaitan sama citra yang mau dibangun oleh bisnis tersebut terhadap brand-nya. Nah, karena umur brand image lebih panjang, poin itulah yang lebih berpengaruh terhadap keputusan konsumen buat beli suatu produk.
Nah, itu tadi perbedaan brand awareness dan brand image yang wajib lo pahami sebagai entrepreneur. Kalau ditanya penting yang mana, dua-duanya sama-sama penting, Superfriends. Jadi, penting buat lo buat ngebangun brand image sekaligus brand awareness dari produk lo biar lebih mudah dikenali konsumen. (arpd)
ARTICLE TERKINI
Article Category : News
Article Date : 11/07/2023
Source:Ask Any Difference
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :