Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi ekspor barang. Image: postcardtrip/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 18/08/2023

Article Category : News

Salah satu hal yang pengin dicapai sama pebisnis pada umumnya yaitu ekspansi ke luar negeri. Yes Superfriends, siapa sih yang pengin ekspor produk ke luar negeri dan dikenal sama warga dunia? Kalau lo berhasil, nggak menutup kemungkinan bisnis lo bakal di-support sama pemerintah karena udah berperan dalam menambah devisa negara.

 

Nah, kalau lo tertarik pengin coba ekspansi bisnis ke luar negeri, ada beberapa hal yang mesti lo pahami dulu nih. Hal-hal ini berkaitan sama pengambilan keputusan buat ekspor ke negara lain. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Jadi ‘Bintang’ di Negara Sendiri

Ilustrasi pebisnis
Image: tima miroshnichenko/Pexels

Waktu yang tepat buat ekspansi ke luar negeri adalah saat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar lo lagi tinggi-tingginya. Dua hal ini bisa jadi bukti kalau lo berhasil ngembangin bisnis dan jadi ‘bintang’ lo di negara sendiri. Oleh karena itu, peting banget buat ngebangun fondasi yang kuat dalam bisnis lo. Selain itu, pastiin juga bisnis lo selalu stabil dan kuat di jalur pertumbuhan sebelum ekspansi ke luar negeri.

 

Cari Tau Tujuan Ekspansi

Jangan lakuin ekspansi ke luar negeri cuma gara-gara pengin terlihat wah di mata pesaing. Soalnya, ekspansi merupakan keputusan besar yang harus lo putuskan dengan matang. Jadi, cari tau dulu sebenernya apa tujuan lo buat ngelakuin ekspansi ini. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu dipastikan juga, kayak model bisnis yang mau dipakai, target ekspansi, modal yang diperlukan, kondisi finansial, sumber daya manusia, sampai perbedaan budaya di negara tersebut yang mungkin bisa mempengaruhi bisnis lo nanti.

 

Atur Waktu yang Tepat

Ilustrasi bisnis
Image: Pixabay

Ekspansi ke luar negeri ini bukan soal gengsi-gengsian aja, Bro. Justru, hal ini jadi tantangan buat lo dalam menangkap momen yang tepat buat ekspor produk dan membentuk pasar baru di negara lain. Sebelum ekspansi, pastiin target pasar lo siap sama kehadiran produk lo di negara tersebut. Selain itu, penting juga buat cari tau tingkat jenuh dan permintaan pasar terhadap produk tersebut. Jangan sampai lo memilih pasar yang ternyata orang-orangnya udah bosen sama produk sejenis dan nggak berminat buat beli lagi.

 

Pahami Regulasi

Beda negara tentu beda peraturan soal perdagangannya. Jadi, lo harus pelajari dulu peraturan di negara yang mau jadi tujuan buat ekspansi bisnis, Superfriends. Pahami soal etika berbisnis yang berlaku, hukum bisnis, investasi, ekspor-impor, pajar, dan hal lain yang berkaitan sama operasional bisnis. Lo bisa mungkin menggandeng ahli hukum atau tim legal buat belajar tentang peraturan tersebut.

 

Siapkan Dana Jangka Panjang

Tantangan ekspansi ke luar negeri tuh sama kayak lo bikin bisnis baru, Lo harus bikin persiapan dan perencanaan yang matang, terutama dalam hal dananya. Yup, lo harus punya rencana keuangan jangan panjang biar lo nggak terlalu menekan bisnis yang udah ada buat mendanai ekspansi. Selain itu, lo juga harus memperhitungkan nilai tukar yang fluktuatif, pajak yang berlaku di negara tersebut, dan anggaran realistis buat membiayai ekspansi tersebut.

 

Itu tadi beberapa hal yang harus dipahami sebelum memutuskan ekspansi ke luar negeri. Kalau lo punya pengalaman ekspansi, share di kolom komentar biar semua orang bisa belajar dari pengalaman lo, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Entrepreneurship #Tips

Source:Entrepreneur

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

SYARAT UNTUK IKUTAN ADVENTURE RACE

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suhu Ekstrem di Gunung Tantangan Baru Bagi Pendaki

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

ADVENTURE RACE, AJANG LOMBA UNTUK PARA MAPALA BERHADIAH TOTAL Rp 200 JUTA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

S.T.O.P Cara Tepat Biar Gak Tersesat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ecobrick Cara Mencintai Lingkungan Saat Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MACAM-MACAM GRAPPLING YANG HARUS LO TAHU!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

TRAIL RUNNING TREKKING SAMBIL LARI, INGAT INI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

HADAPI TANTANGAN RAPPELLING, INI CARANYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suhu Tubuh Minimal Saat di Gunung Agar Terhindar Dari Hipotermia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING TANPA INSTRUKTUR TETAP AMAN, INI TIPSNYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /