Salah satu kunci sukses berbisni di masa sekarang ini adalah sering-sering berkolaborasi dengan banyak pihak. Yes, udah nggak jamannya lagi Bro, saingan dan saling menjatuhkan satu sama lain. Dengan kolaborasi sama bisnis lain, lo justru bisa dapetin lebih banyak kesempatan buat makin dikenal sama masyarakat luas.
Nggak cuma kolaborasi sama bisnis lokal, lo juga bisa lho membangun kolaborasi di skala internasional, baik sama brand maupun artis. Sama kayak yang dilakuin Bagerich Type Foundry, juara 3 ajang Superadventure Superpreneur 2022. Bisnis di bidang desain grafis ini udah sering banget kolaborasi bareng artis dan brand dari luar negeri. Kebanyakan dari mereka emang tertarik sama produk-produk font dari Bagerich.
Cerita Bagerich Bisa Kolaborasi Bareng Artis Luar Negeri
Beberapa artis internasional yang udah pakai font dari Bagerich yaitu ada Bring Me The Horizon, Super Junior, sampa Red Velvet. Salah satu rahasia kenapa mereka bisa kerja sama bareng artis luas negeri yaitu karena sang owner, Reza Rasenda, selalu bikin font yang sengaja ditargetin buat band tertentu dengan harapan suatu saat nanti band tersebut bisa ngelirik dan beli lisensi font-nya.
“Kayak Bring Me The Horizon emang gue pengin gimana caranya font kita dipakai band metal ya. Ya udah dari satu ide yang awal itu dikembangin lagi sampe nemu targetnya, alhamdulillah berhasil sih,” kata Reza.
Nggak cuma sama artis, Bagerich juga kerja sama bareng brand luar negeri juga, lho. Salah satunya Nike. Reza bilang pengalaman itu cukup unik karena sebenernya Nike mau pakai font gratis dari Bagerich. Namun, karena mereka brand besar yang ngehargai karya orang, akhirnya dibelilah lisensinya.
“Itu kan kayak font yang dipake Nike itu sebenernya font gratis ya, yang kita bagiin gratis. Tapi karena saking Nike brand besar dan aware sama aset digital ya, mereka sampe yang hubungin Bagerich,” ungkap Reza.
Gimana Caranya Biar Bisa Kolaborasi sama Artis Luar Negeri?
Nggak pelit ilmu, Reza pun sharing gimana caranya biar bisa kolaborasi sama artis luar negeri. Menurutnya, kunci utamanya adalah pede sama bisnis dan produknya sendiri. Cara ini juga ia terapkan pas lagi sesi pitching di Superadventure Superpreneur 2022.
“Kita ngejualin produk, ngejualin karya. Jadi pinter-pinter untuk membentuk unique selling point-nya atau USP-nya, dan pinter-pinter untuk menyampaikan itu ke masyarakat atau ke target klien,” ujar Reza.
Nggak cuma itu, penting juga buat lo untuk percaya sama diri sendiri, Superfriends. Soalnya, percuma punya bisnis bagus, tapi lo malah kurang yakin sama kemampuan diri sendiri. Gimana klien bisa percaya sama lo coba?
“Kalau udah bisa pede, terus udah mencintai bisnisnya, udah menemukan keunikan bisnisnya apa, pede aja. Entar masalah klien gede tuh bakalan jadi bonus aja kok,” tambah Reza.
Nah, buat nambahin nilai plus dari bisnis lo, lo wajib banget buat daftar Superadventure Superpreneur 2023. Di ajang tersebut, lo bakal ketemu sama pebisnis lain dan mentor-mentor yang keren. Lo bisa sharing caranya ngembangin bisnis bisa lebih baik lagi. Menangkan juga hadiah total Rp750 juta yang bisa jadi modal tambahan buat bisnis lo.
Langsung registrasi ke superpreneur.superlive.id dan cek informasi selengkapnya di Instagram @superadventure_id, ya! (arpd)
Please choose one of our links :