Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi hydrospeeding. Image: Pinterest

Author : Admin Adventure

Article Date : 15/11/2023

Article Category : News

Sungai jadi salah satu pilihan tempat yang paling seru buat main olahraga atau aktivitas ekstrem. Sebut aja susur sungai dan arung jeram. Namun, pernah nggak sih lo menyusuri derasnya aliran sungai cuma berbekal satu papan aja?

 

Adalah hydrospeeding. Aktivitas ini memungkinkan lo buat main arung jeram, tapi cuma pakai papan khusus yang ukurannya setengah badan lo. Di beberapa negara, hydrospeeding lebih akrab disebut sebagai riverboarding. Penyebutan hydrospeeding berasal dari kelompok pecinta alam dari Pegunungan Alpen, Prancis, yang menciptakan papan riverboard yang diberi nama hydrospeed. Apapun namanya, hydrospeeding jadi salah satu olahraga air yang wajib banget lo cobain kalau lo ngaku sebagai adrenaline junkie.

 

Terus, gimana cara main hydrospeeding? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Cara Main Hydrospeeding

Papan hydrospeed
Papan hydrospeed. Image: Wikipedia

Sesuai sama namanya, hydrospeeding memanfaatkan kecepatan arus sungai sebagai penggeraknya. Makin cepat arusnya, makin ekstrem pula permainan ini. Nah, lo bisa pilih tingkat jeram sesuai dengan pengalaman dan skill, lho. Mau yang deras banget boleh, mau yang santai-santai aja juga nggak masalah.

 

Sementara itu, papan yang digunakan dalam hydrospeeding berfungsi untuk mengarahkan tubuh lo sesuai arah arus sungai. Papan tersebut juga berguna untuk tempat pertahanan yang melindungi tubuh lo dari hantaman jeram sungai yang deras dan batuan yang ada di sekitar sungai. Selama lo bisa mengapung di atas papan tersebut, lo bakal tetep aman saat main hydrospeeding.

 

Nah, posisi dan cara buat menyusuri jeram saat main hydrospeeding yaitu sebagai berikut.

1. Posisikan tubuh lo tengkurap di atas papan dengan tangan berpegangan di kedua sisinya. Gunakan tubuh bagian atas sebagai kemudi dan penjaga keseimbangan dan tubuh bagian bawah untuk mengarahkan dan bergerak maju. Lo juga bisa memulai main hydrospeeding dengan melompat dari daratan.

2. Sejajarkan tubuh lo sesuai arah sungai yang mau lo lewati. Hindari melawan arus karena itu bakal mempersulit pergerakan papan hydrospeed lo.

3. Saat ketemu arus deras, lo bisa langsung arahkan papan menuju arus tersebut. Kalau nggak, lo mungkin bakal kesulitan buat mengubah jalur main hyrdrospeed.

4. Di tengah arus, pegang papan lo dengan erat dan angkat kaki lo. Biarkan tubuh lo terombang-ambing oleh arus sungai yang deras.

 

Tips Aman Main Hydrospeeding

Ilustrasi hydrospeeding
Image: Pinterest

Kalau lo masih pemula di dunia hydrospeeding atau riverboarding, sebaiknya pilih sungai yang arusnya nggak deras, Superfriends. Lo bisa belajar menggunakan papan sambil latihan berenang di sungai. Nah, kalau udah tau cara pakai papan dan berenang di sungai, baru deh lo bisa menjajal arus yang lebih deras dengan pengawasan profesional tentunya.

 

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu lo perhatikan sebelum dan saat main hydrospeeding biar lo tetep aman. Apa aja itu?

 

1. Jujur sama skill berenang dan kondisi tubuh lo sendiri. Hindari memaksakan diri karena lo mungkin berisiko tenggelam.

2. Hindari masuk ke area sungai yang terlalu deras atau di luar kemampuan lo.

3. Jangan main hydrospeeding sendirian, apalagi kalau lo masih pemula.

4. Pakai perlengkapan keamanan, seperti helm, pelampung, fins atau sirip kaki, sarung tangan, bantalan lutut, dan pelindung tulang kering.

5. Tetap tenang saat terjebak di tengah arus deras sambil pelan-pelan mengarahkan papan ke tepi sungai.

6. Jangan main hydrospeeding di sungai yang terlalu banyak halangannya, seperti batu atau batang kayu.

 

Itu tadi sedikit banyak penjelasan tentang hydrospeeding, mulai dari cara main hingga tips amannya. Tertarik cobain aktivitas ekstrem ini, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme #Wilderness #sungai

Source:Mapquest

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

KENAPA OMBAK PANTAI SELATAN INDONESIA COCOK UNTUK SURFING?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /