Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi trad climbing. Image: Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 21/11/2023

Article Category : News

Selain hiking atau trekking, aktivitas lain yang seru buat dilakukan di gunung yaitu climbing alias panjat tebing. Ada beberapa jenis panjat tebing yang populer di kalangan adrenaline junkie, salah satunya trad climbing. Apa itu?

 

Kata ‘trad’ dalam trad climbing merupakan singkatan dari traditional. Dalam aktivitas ini, pemanjat meletakkan peralatan perlindungan mereka yang dikenal sebagai peralatan tradisional atau trad ke dalam fitur alami batu agar mereka nggak jatuh. Dalam panjat tebing pada umumnya, biasanya paku atau penyangga udah dipasang sebelumnya. Namun, dalam trad climbing, pemanjat harus memasang paku atau penyangga tersebut secara manual dan satu-persatu.

 

Terus, apa aja peralatan dan skill yang dibutuhkan dalam trad climbing? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Peralatan Trad Climbing

Ilustrasi trad climbing
Image: Pixabay

1. Tali, merupakan alat utama dalam trad climbing. Jenis tali yang biasa diguakan yaitu tali karmantel dan cenderugng lebih tebal dan kuat dibanding tali yang digunakan dalam panjat tebing pada umumnya. Fungsinya sebagai alat pengaman diri selamat memanjat.

 

2. Harness, digunakan untuk mengikatkan diri pada tali penyangga dan memudahkan tubuh untuk memanjat. Ada beberapa jenis harness yang bis alo pilih sesuai ukuran tubuh lo, yaitu half-body harness dan full-body harness.

 

3. Helm, udah pasti jelas fungsinya buat melindungi kepala lo selama memanjat.

 

4. Carabiner, yaitu alat berbentuk oval atau D yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan, seperti tali, protection devices, dan harness. Carabiner harus punya sistem pengunci yang aman, seperti pengunci otomatis dan pengunci sekrup.

 

5. Quickdraw, yaitu kombinasi dua carabiner yang terhubung dengan sling dan berfungsi untuk menghubungkan protection devices ke tali penyangga dengan cepat dan mudah,

 

6. Protection devices, merupakan perlengkapan penempelan yang terdri dari camming devices, nuts, dan, hexes. Fungsinya untuk menempatkan alat perlindungan pada celah atau retakan di tebing.

 

7. Sling, yaitu alat yang berfungsi untuk menghubungkan protection devices ke carabiner atau untuk mengatur peralatan lain. Sling bisa berupa tali webbing atau sling dinamis yang elastis.

 

8. Ascenders, yaitu alat yang digunakan untuk membantu pemanjat naik melalui tali dan melakukan pendakian jangkar atau aid climbing dalam trad climbing.

 

9. Belay, yaitu alat yang berfungsi untuk memberikan pengamanan saat memanjat. Beberapa alat belay dalam trad climbing yaitu Air Traffic Controller (ATC) dan GriGri.

 

10. Peralatan pendukung, yaitu klem, mur, dan hexes yang diletakkan ke dalam celah atau retakan batu untuk membuat titik jangkar yang aman. Pemanjat lalu mengikat tali ke jangkar tersebut dan mencegah mereka jatuh.

 

Skill yang Dibutuhkan dalam Trad Climbing

Ilustrasi trad climbing
Image: Pixabay

Nggak cuma tenaga, trad climbing juga membutuhkan akal dan strategi dalam melakukannya. Soalnya, lo harus bisa menentukan jalur yang tepat untuk memanjat, membuat keputusan yang spontan, dan meminimalkan risiko. Selain itu, lo juga harus paham soal teknis penggunaan peralatan. Saking rumit dan ekstremnya aktivitas ini, trad climbing cuma boleh dilakukan sama pemanjat profesional.

 

Nah, ada beberapa skill dan teknik yang perlu lo pahami dalam trad climbing, yaitu sebagai berikut.

 

1. Penempelan Peralatan

Ini merupakan teknik utama yang berkaitan sama penempelan atau pemasangan camming devices, nuts, dan hexes di celah batuan atau tebing. Pastiin lo memasang peralatan tersebut di tempat yang benar dan aman agar bisa menahan beban lo dan mencegah lo jatuh.

 

2. Pemasangan Peralatan

Camming devices harus dipasang di dalam celah dan dperluas untuk membuat friksi yang cukup untuk menahan beban. Sementara itu, nuts dan hexes harus dipasang pada celah yang tepat dan diberi ketegangan dengan tali.

 

3. Mengatur Belay

Dalam trad climbing, mengatur belay berkaitan sama penggunaan alat ATC dan GriGri untuk memberikan pengamanan selama memanjat.

 

4. Teknik Memanjat

Ada beberapa teknik memanjat yang bisa lo terapkan dalam trad climbing, yaitu smearing, jamming, laybacking, dan manteling. Penggunaan kaki dan tangan harus efisien saat memanjat tebing.

 

5. Pengamanan Rute

Pengamanan rute dilakukan dengan mencari celah atau retakan yang bisa digunakan sebagai penempelan peralatan dan mencari jalur yang paling memungkinkan.

 

6. Keterampilan Jatuh

Dalam trad climbing, jatuh pun ada skill-nya, Superfriends. Hal ini melibatkan beberapa teknik, seperti kontrol jatuh, mengurangi energi pada kaki dan tangan, dan memastikan peralatan dan diri lo sendiri tetap aman saat jatuh.

 

Itu tadi peralatan dan skill yang dibutuhkan dalam trad climbing. Karena ini cukup esktrem, jangan lakukan trad climbing tanpa pengawasan profesional ya, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Climbing #Wilderness #Extreme

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Rahasia Minum Saat Mendaki Cegah Perut Mulas dan Nikmati Pendakian!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tips Jitu Meningkatkan Ketahanan Mental: Hadapi Tantangan dengan Jiwa Baja!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Apa Itu Flyboard, Olahraga Air Revolusioner Menyenangkan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Offroad, Ini Rekomendasi Mobil Untuk Kegiatan Outdoor Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jalur Terlarang Semeru Misteri dan Bahaya yang Mengintai

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jalak Lawu Si Mungil Penjaga Gunung Lawu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

ADA ALASAN ILMIAH KENAPA KITA MUDAH TERTAWA SAAT DI GUNUNG

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Lahar, Aktivitas Vulkanik Meningkat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kenapa Warna Outdoor Gear Cerah? Lebih Dari Sekedar Gaya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Air Putih Pahlawan Tersembunyi di Balik Kesuksesan Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /