Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi camping di pantai. Image: lelepig/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 18/01/2024

Article Category : News

Selain gunung, pantai juga sering jadi pilihan tempat buat camping. Perpaduan Angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak yang menghantam batu karang seakan menciptakan suasana yang mendukung buat rebahan di dalam tenda.

 

Namun, perlu lo pahami kalau beda tempat camping, beda juga aturan yang berlaku, Superfriends. Misalnya, kalau di gunung, lo mungkin harus pakai baju tebal biar tubuh lo tetap hangat di tengah suhu dingin. Sebaliknya, baju tebal mungkin nggak dibutuhkan pas camping di pantai karena cuacananya yang cenderung panas.

 

Nah, biar lo nggak salah langkah, berikut ini beberapa persiapan yang harus lo lakukan sebelum camping di pantai, Superfriends.

 

Temukan Pantai yang Pas

Ilustrasi camping di pantai
Image: Pixabay

Pantai umumnya lebih ramai dibanding gunung karena mudah dijangkau oleh siapa saja. Kalau camping di pantai yang ramai, lo mungkin bakal merasa nggak nyaman dan risih sama kehadiran wisatawan. Jadi, penting banget menemukan pantai yang pas buat jadi tempat camping, Cuy.

 

Selain dari segi jumlah pengunjug, pastikan juga pantai tersebut punya lahan datar yang bisa jadi tempat buat mendirikan tenda. Hindari pantai yang permukaan tanahnya menurun dan dipenuhi batuan. Selain itu, lo bisa mendirikan tenda sekitar 30 meter dari tepi air untuk menghindari pasang naik.

 

Cek Pasang Surut Laut

Sebelum mendirikan tenda, lo mungkin bisa cari informasi dulu ke masyarakat sekitar pantai tentang jam-jam pasang naik dan turun air laut di pantai tersebut. Ini bisa jadi acuan beraja jarak yang aman buat mendirikan tenda dari bibir pantai. Selain itu, tanyakan juga ke masyarakat sekitar bagaiman kondisi ombak dan angin di pantai tersebut. Kalau terlalu besar, sebaiknya urungkan niat lo dan kembali lagi kalau situasinya udah aman.

 

Pakai Sunscreen dan Baju yang Sesuai

Ilustrasi camping di pantai
Image: lelepig/Pixabay

Karena cahaya matahari di pantai lebih intens dibanding di gunung, penting banget buat pakai sunscreen buat melindungi kulit lo dari sinar UV, Superfriends. Selain itu, lo juga bisa pakai kaos berbahan katun yang mudah menyerap keringat dan punya sirkulasi udara yang baik, sehingga lo jadi terhindar dari kegerahan.

 

Walaupun cenderung panas, bukan nggak mungkin suhu di sekitar pantai jadi lebih dingin pada malam hari, Cuy. Jadi, tetap bawa jaket buat berjaga-jaga, ya.

 

Bawa Tikar Tambahan untuk Tenda

Salah satu tantangan yang bisa lo hadapi saat camping di pantai yaitu pasir yang masuk ke dalam tenda. Yup, angin yang berhembus dan sisa-sisa pasir yang menempel di kaki lo tanpa disadari bisa bikin pasir masuk dan tenda pun jadi kotor. Biar lo nggak terlalu ribet membersihkannya, lo bisa pakai tikar alas tambahan yang mudah dibersihkan. Jadi, kalau alasnya kotor, lo tinggal angkat dan bersihkan di luar tenda, deh.

 

Pahami Aturan Api Unggun di Pantai

Api unggun jadi salah satu hal yang bikin suasana camping jadi seru. Namun, perlu dipahami kalau aturan api unggun di gunung dan pantai tuh sedikit berbeda, Bro. Kalau lo mau bikin api unggun di pantai, lo bisa gali pasir terlebih dahulu buat bikin lubang api. Setelah itu, susun kayu bakar di dalam lubang tersebut dan nyalakan api pakai korek.

 

Setelah selesai digunakan, lo bisa mematikan api pakai air laut. Hindari mengubur sisa kayu bakar di pasir pantai. Lo bisa buang di tempat yang aman biar nggak mencelakakan pengunjung pantai, terutama anak-anak yang suka main pasir.

 

Itu tadi persiapan yang harus lo lakukan sebelum camping di pantai. Kira-kira, pantai mana nih yang seru buat jadi tempat camping, Superfriends? Rekomendasiin di kolom komentar, dong! (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#tendacamping #pantai #Tips

Source:Snowys

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gear Esensial Sepeda Roadbike Yang Wajib Lo Punya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tempat Wisata Non Mainstream Di Jogja, Pernah Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengen Mencoba Backpacking Sendirian, Ini Yang Wajib Diperhatikan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /