Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi Bali. Image: DEZALB/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 02/12/2023

Article Category : News

Udah bukan rahasia lagi kalau Bali jadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Nggak cuma pas musim liburan aja, orang-orang juga rela ambil cuti buat healing ke Pulau Dewata, Bro. Hayo ngaku, siapa yang pernah kayak gitu?

 

 

Sayangnya, transportasi menuju Bali itu bisa dibilang nggak murah. Dari Jakarta, misalnya. Kalau lo naik pesawat, lo harus merogoh kocek minimal Rp700 ribu buat menuju Bali. Belum lagi kalau musim liburan, harganya bisa naik sampai dua kali lipat.

 

 

Namun, jangan khawatir, Superfriends. Lo tetep bisa jalan-jalan hemat dari Jakarta ke Bali dengan budget cuma 300 ribua sekali jalan, lho. Transportasinya pakai kereta api dan kapal laut. Perjalanannya mungkin emang lebih makan banyak waktu, tapi seru banget buat lo yang pengin cari pengalaman backpacker-an. Selain itu, ada beberapa pilihan rute yang bisa lo sesuaikan sama kebutuhan. Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

 

Rute Jakarta – Surabaya – Banyuwangi – Bali

Surabaya Gubeng
Image: Wikipedia

1. Jakarta - Surabaya

Dari Jakarta, lo bisa naik kereta api yang paling murah dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Surabaya Gubeng, yaitu KA Jayakarta dengan tarif Rp275 ribu. Perjalanannya memakan waktu selama 13 jam 6 menit, mulai pukul 17.10 WIB sampai 06.16 WIB. 

 

 

2. Surabaya – Banyuwangi

Karena lo sampai Surabaya Gubeng pada pagi hari, lo bisa pilih KA Sri Tanjung buat menuju Stasiun Ketapang, Banyuwangi. Kareta ini berangkat pukul 13.47 WIB dan sampai Banyuwangi pukul 20.10 WIB dengan tarif Rp88 ribu. Sambil nunggu waktu keberangkatan, lo mungkin bisa istirahat di stasiun atau cari makan di sekitar stasiun.

 

 

3. Banyuwangi – Bali

Sesampainya di Stasiun Ketapang, lo bisa lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ketapang yang jaraknya lumayan deket dari stasiun, yaitu sekitar 650 meter. Kalau lo masih punya tenaga dan pengin hemat, lo bisa jalan kaki aja. 

 

 

Kapal dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali tersedia 24 jam. Jadi, lo bisa pesen tiket dengan jam yang lo inginkan, Namun, biar nggak terlalu buru-buru, lo bisa pilih keberangkatan pukul 22.00 WIB aja, Superfriends. Tarif kapalnya cuma Rp10.600 dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Jadi, total budget transportasi sekali jalan lewat rute ini yaitu Rp373.600

 

 

Rute Jakarta – Malang – Banyuwangi – Bali

Stasiun Malang
Image: Wikipedia

1. Jakarta – Malang

Dari Stasiun Pasar Senen, lo bisa pilih KA Majapahit dengan tarif Rp290 ribu. Durasi perjalanannya kurang lebih selama 14 jam 47 menit, yaitu berangkat pukul 19.20 WIB dan sampai pukul 10.07 WIB di Stasiun Malang.

 

 

2. Malang – Banyuwangi

Satu-satunya kereta dari Malang menuju Stasiun Ketapang yaitu KA Tawang Alun dengan tarif Rp62 ribu. Durasi perjalanannya kurang lebih selama 6 jam 54 menit, yaitu berangkat pukul 16.46 WIB – 23.40 WIB. Karena sebelumnya lo sampai Malang jam 10-an, lo bisa manfaatin waktu luang buat istirahat atau jalan-jalan di Malang, Superfriends.

 

 

3. Banyuwangi – Bali

Caranya hampir sama seperti rute sebelumnya, cuma beda waktu aja. Seperti yang disebutin di awal, kapal ferinya selalu ada 24 jam, ya. Kalau lo sampai Stasiun Ketapang tengah malam, sebaiknya lo pilih keberangkatan pukul 01.00 WIB.

 

Jadi, total biaya buat rute ini yaitu Rp362.600. Beda tipis sama rute sebelumnya, ya.

 

 

 

Rute Jakarta – Jogja – Banyuwangi – Bali

Ilustrasi kereta api
Image:  agus santoso/Pixabay

1. Jakarta – Jogja

Dari Stasiun Pasar Senen, lo bisa naik KA Bogowonto dengan tarif Rp220 ribu. Perjalanan naik kereta ini sekitar 8 jam 3 menit, berangkat pukul 21.45 WIB dan sampai pukul 05.48 WIB di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta.

 

 

2. Jogja – Banyuwangi

Buat sampai ke Banyuwangi, lo bisa naik KA Sri Tanjung dari Stasiun Lempuyangan menuju Stasiun Ketapang dengan tarif Rp94 ribu. Perjalanannya sekitar 12 jam 50 menit, berangkat pukul 07.20 WIB dan tiba pukul 20.10 WIB. Karena jarak waktunya lumayan pendek setelah lo sampai dari Jakarta, sebaiknya lo jangan pergi dari stasiun biar nggak ketinggalan kereta, ya.

 

 

3. Banyuwangi – Bali

Caranya hampir sama seperti rute sebelumnya, cuma beda waktu aja. Lo bisa pilih keberangkatan kapal feri pukul 22.00 WIB biar nggak terlalu buru-buru jalan dari stasiun.

 

 

Jadi, total biaya buat rute ini yaitu Rp324.600. Paling murah di antara rute lainnya.

 

 

Itu tadi pilihan rute backpacking dari Jakarta ke Bali lewat jalur darat. Biaya tadi cuma buat perjalanan berangkat aja ya, belum termasuk pulang dan biaya traveling lainnya. Selain naik kapal langsung, lo juga bisa naik DAMRI, bus, atau travel yang tersedia di sekitar stasiun dan pelabuhan Ketapang. Harga yang ditawarkan udah termasuk tiket kapal feri, yaitu mulai dari Rp90 ribu. Lo bakal langsung di antara menuju Denpasar, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#traveling #Backpacker #bali

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Survival Mode: Mengapa Kita Memerlukannya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memasak di Gunung Tips dan Trik untuk Hidangan Lezat di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING DI MUSIM HUJAN TERNYATA LEBIH MENANTANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menjelajahi Surga Bawah Laut Keindahan dan Keajaiban Menyelam (Diving)

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ombak Dahsyat Menanti Menjelajahi Spot Surfing Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Camping Kekinian Mengapa Semakin Banyak Orang Memilih Berkemah?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

JACKPOT NAIK GUNUNG DAPET "MILKY WAY"? INI CARANYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

CAVING PETUALANGAN YANG SANGAT "MAHAL"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FAKTA MAKAM YANG ADA DI GUNUNG SEMERU

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FENOMENA MARAKNYA KONTEN KREATOR YANG MENDAKI GUNUNG

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /