Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi diving. Image: Arhnue Tan/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 29/07/2023

Article Category : News

Salah satu aktivitas outdoor yang nggak bisa dilakuin sembarangan yaitu diving. Soalnya, lo disaranin buat ikut latihan atau kursus dulu sebelum menyelam langsung ke laut. Nggak cuma belajar soal skill dan teknik menyelam, lo juga belajar tentang cara menghindari kesalahan yang sering terjadi saat diving.

 

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dialami pemula pas pertama kali diving setelah ikut kursus. Apa aja itu? Simak penjelasannya berikut ini, Superfriends.

 

Kesalahan Daya Apung

Ilustrasi diving
Image: Pixabay

Salah satu kunci penting dalam diving yaitu memastikan daya apung tetap stabil selama di dalam laut. Nah, penyelam pemula sering kali sering ngalamin masalah saat mencoba mengapung. Mereka kurang tepat dalam memfokuskan beban tubuhnya, sehingga gerakan menyelamnya jadi kurang stabil dan bikin mereka panik.

 

Menyelam di Luar Batas Kemampuan

Saat pertama kali nyobain diving, beberapa penyelam mungkin langsung merasa percaya diri buat terjun langsung ke dalam laut. Karena dibekali tabung oksigen, mereka sering merasa aman saat menyelam lebih dalam. Bukannya keliatan keren, hal itu justru bisa mengancam nyawa mereka. Suhu laut yang dingin dan tekanan air yang kuat bisa jadi ‘senjata’ yang membahayakan penyelam pemula. Jadi, lebih baik ikuti arahan instruktur kalau lo baru pertama kali diving ya, Bro.

 

Komunikasi

Ilustrasi diving
Image: Pixabay

Penyelam biasanya berkomunikasi dengan penyelam lain dengan isyarat tangan. Biasanya, instrutur bakal ngajarin isyarat tangan apa aja yang bisa digunakan buat berkomunikasi. Nah, penyelam pemula sering kali lupa sama gerakan isyarat tersebut. Alhasil, mereka sering miskomunikasi dengan penyelam lain, deh.

 

Mudah Terdistraksi

Saat pertama kali diving, penyelam pemula umumnya gampang terpana sama pemandangan yang mereka liat di bawah laut. Terumbu karang warna-warni dan berbagai jenis ikan yang melewati mereka bikin mereka terdistraksi dan akhirnya kurang fokus menyelam. Nggak salah kok kalau lo mau nikmatin pemandangan itu, Superfriends. Namun, pastiin lo tetap fokus selama menyelam agar keseimbangan lo tetap terkendali.

 

Nggak Memperhatikan Kebugaran Tubuh

Walaupun niatnya cuma buat seneng-seneng, penting banget buat punya tubuh yang bugar sebelum diving. Nah, penyelam pemula sering banget skip soal ini nih, Bro. Mereka kurang aware sama kondisi tubuhnya dan mikir kalau diving bisa bikin tubuh mereka lebih kuat. Padahal, menyelam dalam kondisi tubuh yang kurang fit bisa bikin mereka gampang kram dan berisiko kena penyakit dekompresi. Jadi, pastiin tubuh lo sehat bugar sebelum diving ya.

 

Itu tadi beberapa kesalahan umum yang sering dilakuin penyelam pemula. Jangan sampai lo ngelakuin itu juga ya, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#diving #Beginner #Wilderness

Source:Divers

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gear Esensial Sepeda Roadbike Yang Wajib Lo Punya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tempat Wisata Non Mainstream Di Jogja, Pernah Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengen Mencoba Backpacking Sendirian, Ini Yang Wajib Diperhatikan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!