Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi investor. Image: Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 20/09/2023

Article Category : News

Salah satu cara yang bisa lo lakuin buat dapet dana sebagai modal tambahan yaitu pitching atau ngajuin proposal ke investor. Investor bisnis adalah orang atau kelompok yang menginvestasikan sejumlah uang dalam bisnis dengan imbalan bagian perusahaan, keuntungan, atau pembayaran pinjaman.

 

Mengajukan dana ke investor cenderung lebih aman dibanding pinjam ke bank. Soalnya, pembayaran yang dilakuin bukan berdasarkan bunga, melainkan bagi hasil dari keuntungan. Walaupun gitu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu lo perhatiin sebelum nyari investor. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Kelebihan Punya Investor

Ilustrasi investor
Image: rdne stock project/Pexels

1. Cash Flow Makin Lancar

Keuntungan utama punya investor tuh apa lagi kalau bukan bikin cash flow lo makin lancar. Investor nggak cuma ngasih dana buat sekarang aja, tapi mungkin buat beberapa waktu ke depan sesuai dengan perjanjian atau kontrak yang lo setujuin bareng mereka. Soalnya, investor tuh pengin bisnis lo berhasil biar mereka bisa dapet keuntungan juga. Jadinya mereka selalu ngebantu dari segi biaya.

 

2. Koneksi Makin Banyak

Selain fresh money, lo juga bisa memperluas koneksi dengan punya satu investor aja. Gimana enggak, ada kemungkinan lo bakal dikenalin sama relasi atau kenalan si investor. Otomatis, networking lo jadi makin luas, Superfriends. Nggak cuma nambah relasi, kesempatan ini juga bisa lo manfaatin buat ngajak kolaborasi bikin produk baru bareng mereka.

 

3. Pertumbuhan Lebih Cepat dengan Risiko Rendah

Dana yang lo dapet dari investor udah pasti bisa ngebantu buat bikin bisnis lo berkembang lebih cepat, tapi dengan risiko yang rendah. Biasanya, investor selalu ngasih rekomendasi vendor buat bantu lo upgrade produk. Jadi, lo nggak perlu ngabisin dana buat survei sendiri, deh.

 

Kekurangan Punya Investor

Ilustrasi investor
Image: Image: rdne stock project/Pexels

1. Investor Pengin Ikut Campur Urusan Bisnis

Karena ngasih sejumlah dana, beberapa investor biasanya merasa ikut punya kuasa atas bisnis lo. Mereka jadi pengin ikut campur urusan internal, mulai dari operasional, pemilihan karyawan, sampai ngasih ide pengembangan yang mungkin melenceng dari tujuan bisnis lo. Sebenarnya, hal itu jadi salah satu hak investor yang ngasih dana ke sebuah bisnis, sih. Nah, kalau lo kurang nyaman sama hal ini, mungkin lo bisa pertimbangin lagi sebelum nyari investor.

 

2. Dapet Tekanan Lebih

Punya investor sama dengan kerja sama bareng pihak eksternal. Mereka mungkin bakal menekan lo buat bekerja lebih keras agar keuntungan yang lo dapetin bisa berlipat ganda. Gimana enggak, mereka kan punya ‘jatah’ dari bisnis lo. Jadi, mereka mungkin bakal sedikit menekan lo agar bisa ningkatin atau minimal bikin laba tetep stabil.

 

3. Keuntungan Terbagi

Namanya investor, nggak mungkin mereka ngasih dana ke lo secara cuma-cuma, Bro. Walaupun nggak ada bunga, lo harus bagi hasil dari keuntungan yang lo dapetin. Sebenernya, umumnya perjanjiannya nggak semenyeramkan itu, sih. Jarang investor minta keuntungan lebih dari 50 persen dari total keseluruhan. Namun, hal itu tetep aja bikin lo nggak bisa nikmatin 100 persen laba yang lo dapetin.

 

Itu tadi penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan punya investor bisnis. Kira-kira, lo masih yakin nyari investor nggak nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Entrepreneurship

Source:SBA The Hartford

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /