Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 12/02/2024

Article Category : News

Apa sih resolusi tahun baru lo, Superfriends? Kalau boleh gue tebak, pasti salah satunya adalah mau lebih sehat, rutin berolahraga, atau turun berat badan kan? Nah, kira-kira apa nih rencana yang sudah lo susun untuk mewujudkan resolusi lo ini? Nggak perlu yang muluk-muluk dan mahal, lo bisa mulai membiasakan diri buat jogging.

Kenapa harus jogging? Bisa dibilang, jogging merupakan olahraga yang paling murah. Lo nggak butuh modal banyak buat melakukan olahraga ini. Selain itu, jogging juga bisa lo lakukan di mana saja, mulai dari lingkungan rumah, taman terdekat, atau fasilitas publik lain yang memang sudah disediakan oleh pemerintah setempat.

Jogging juga semakin hits dilakukan akibat banyaknya seleb yang memposting saat mereka sedang melakukan olahraga ini. Buat lo yang mau ikutan, simak dulu nih apa itu jogging, manfaat, serta rekomendasi tempatnya di Jakarta berikut ini.

Apa Itu Jogging?

Jogging adalah kegiatan fisik yang melibatkan lari dengan kecepatan ringan atau sedang, umumnya dilakukan sebagai bentuk olahraga aerobik. Orang-orang yang melakukan jogging biasanya berlari dengan kecepatan yang lebih lambat daripada lari cepat, tetapi lebih cepat daripada berjalan kaki. Aktivitas ini sering dilakukan di tempat terbuka seperti taman, jalur lari, atau jalan setapak.

Tujuan jogging bisa bervariasi, termasuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menjaga kebugaran fisik, membakar kalori, atau hanya sebagai cara untuk bersantai dan menghilangkan stres. Kegiatan ini populer di kalangan orang-orang yang mencari cara efektif untuk meningkatkan kebugaran tanpa memerlukan peralatan khusus atau infrastruktur yang rumit.

Manfaat Jogging

Jogging memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Beberapa manfaat utamanya seperti.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jogging adalah bentuk latihan aerobik yang dapat memperkuat jantung dan sistem kardiovaskular. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan sirkulasi darah.

2. Membakar Kalori

Aktivitas jogging membantu membakar kalori, yang dapat mendukung pemeliharaan berat badan yang sehat atau membantu dalam program penurunan berat badan.

3. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Melibatkan berbagai kelompok otot, jogging membantu meningkatkan kekuatan otot, stamina, dan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

4. Mengurangi Stres

Aktivitas fisik seperti jogging dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon kebahagiaan, yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga reguler, termasuk jogging, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari jogging terlalu dekat dengan waktu tidur untuk menghindari efek sebaliknya.

6. Meningkatkan Kesehatan Mental

Aktivitas fisik teratur seperti jogging dapat membantu mengurangi risiko depresi, kecemasan, dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Jogging adalah aktivitas yang dapat membantu memperkuat tulang dan meningkatkan densitas tulang, mengurangi risiko osteoporosis.

8. Meningkatkan Kekuatan dan Fleksibilitas

Jogging melibatkan berbagai gerakan tubuh, membantu meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas.

Kapan Waktu Terbaik untuk Jogging?

Jogging jam berapa sih yang paling baik untuk tubuh? Lo bisa melakukan jogging di pagi atau sore hari dengan panduan sebagai berikut.

1. Jogging Pagi

Waktu jogging paling ideal di pagi hari adalah di antara pukul 05.30 sampai 07.00 WIB. Tapi, lo juga masih bisa melakukannya pada pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

2. Jogging Sore

Jogging di sore hari juga banyak manfaatnya loh. Lo bisa melakukan jogging di sore hari di antara pukul 16.30 hingga 18.00 WIB.

Rekomendasi Tempat Jogging di Jakarta

Ini dia beberapa rekomendasi tempat jogging di Jakarta yang bisa lo coba.

1. Gelora Bung Karno (GBK)

Pasti lo pernah kan liat banyak orang yang lari di GBK? Jalur lari yang lebar dan terpisah dari lalu lintas membuat GBK nyaman bagi para jogger. Selain itu, GBK juga punya fasilitas yang cukup lengkap dengan masih banyaknya pepohonan rimbun di sekitarnya.

2. Taman Tebet

Taman Tebet menawarkan area jogging yang baik di tengah kota. Taman ini memiliki jalur lari dan area hijau yang cocok untuk kegiatan olahraga dan bersantai. Ada juga area bermain untuk anak-anak, spot untuk beristirahat, kamar mandi, dan sebagainya. Taman Tebet juga didesain dengan estetik dan nyaman untuk semua kalangan. Masuknya juga gratis, loh!

3. Monumen Nasional (Monas)

Ikonnya kota Jakarta ini punya taman yang luas dan bisa juga jadi spot jogging yang nyaman. Ada area yang sangat luas dan jalanan yang datar sehingga pas banget buat dijadiin tempat jogging di Jakarta. Setelah jogging, lo juga bisa mencicipi berbagai makanan khas daerah yang ada di sana, salah satunya adalah kerak telor.

4. Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang Ragunan yang terletak di Jakarta Selatan juga ternyata bisa digunakan untuk jogging loh. Tempat yang memiliki luas 140 hektar ini sudah lama menjadi spot olahraga favorit karena rimbunnya pepohonan yang bisa bikin aktivitas lo lebih santai dan nggak kepanasan. Tapi, buat jogging di Ragunan lo disarankan untuk datang di pagi hari. Karena, dari siang hingga sore Ragunan akan dipenuhi oleh wisatawan yang ingin melihat koleksi flora dan fauna yang ada di sana.

5. Banjir Kanal Timur (BKT)

BKT adalah kawasan yang dibuat sebagai jalur untuk menahan air agar tidak terjadi banjir di Jakarta. Namun, sekarang kawasan ini juga sudah dikembangkan dan bisa difungsikan sebagai sarana olahraga, termasuk jogging. Trek yang disediakan juga cukup memadai dengan lintasan sepanjang 1,5 kilometer. Ada juga fasilitas lain seperti alat olahraga, tempat parkir sepeda, dan spot beristirahat yang nyaman.

Yuk, mulai wujudkan resolusi tahun baru lo untuk lebih sehat dengan rutin jogging beberapa kali dalam seminggu. Ajak juga keluarga, pasangan atau teman lo supaya jogging makin seru ya!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Urban Action #Urban Places

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

10 Kegiatan Outdoor Seru dan Menantang, Cocok untuk Akhir Pekan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Newbie Wajib Tau! Ini Tips Wild Camping yang Wajib Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Trail Running, Peralatan & Rekomendasi Tempatnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rafting Ubud: Daya Tarik, Rekomendasi Tempat & Fasilitasnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Trekking dan Rekomendasi Tempat Terbaiknya di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ragam Kuliner Khas Samarinda, Ada Pepes Kepiting Hingga Aneka Kudapan Manis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Trekking Pole yang Kokoh dan Tahan Lama, Harga Bersahabat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bukan Body Shaming, Ini Alasan Maskapai Penerbangan Timbang Berat Badan Penumpang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Anti Cemas-cemas Club! Ini Tips Lawan Rasa Takut saat Solo Backpacking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Wild Camping, Bertahan Hidup di Tengah Alam Liar yang Menantang

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /