Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Pulau Komodo. Image: Wikipedia

Author : Admin Adventure

Article Date : 24/02/2024

Article Category : News

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia yang nggak boleh lo lewatkan. Objek wisata yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, ini terdiri dari beberapa pulau dengan keunikannya masing-masing. Salah satunya Pulau Komodo.

 

Selain lihat komodo, ada beragam aktivitas yang bisa lo lakukan di Labuan Bajo, mulai dari trekking ke bukit, diving, menikmati sunset, atau sekadar bersantai di pantai. Lo juga bisa menyaksikan fosil hewan laut yang tersembunyi di Goa Batu Cermin. Tertarik traveling ke sana? Lo bisa ikuti itinerary 3 hari 2 malam berikut ini sebagaimana dikutip dari Kompas, Superfriends.

 

Itinerary Hari Pertama

Pulau Kelor
Pulau Kelor. Image: Tripadvisor

1. Trekking Pulau Kelor

Pulau Kelor bisa jadi pilihan yang tepat kalau lo pengin menikmati keindahan Labuan Bajo dari ketinggian. Tenang, cuma butuh waktu ekitar 30 menit buat sampai ke puncak bukit, kok. Sesampainya di atas, lo akan disambut dengan hamparan lautan dan gugusan pulau yang terlihat sejauh mata memandang.

 

2. Lihat Komodo Pulau Rinca

Nggak jauh dari Pulau Kelor, ada Pulau Rinca yang merupakan salah satu di antara pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Diketahui, terdapat sekitar 1.500 komodo yang tinggal di pulau ini, lho.

 

3. Menikmati Sunset di Pulau Kalong

Setelah seharian berkeliling di Pulau Kelor dan Pulau Rinca, saatnya menikmati panorama sunset di Labuan Bajo. Salah satu pulau yang cocok untuk melihat matahari terbenam yaitu Pulau Kalong. Lokasinya berada di antaranya Pulau Rinca dan Pulau Papagarang. Pulau ini didominasi sama perbukitan dan pantai yang ditutupi oleh pohon bakau.

 

Sesuai namanya, pulau ini dihuni oleh ratusan kalong alias kelelawar. Saat matahari tenggelam, para kelelawar tersebut akan keluar dari persembunyiannya dan terbang ke langit. Pemandangan itulah yang bikin sunset di sini jadi makin spesial, Superfriends.

 

Itinerary Hari Kedua

Pulau Komodo
Pulau Komodo. Image: Wikipedia

1. Berkunjung ke Pulau Komodo

Udah jauh-jauh ke Labuan Bajo, rugi kalau nggak mampir ke Pulau Komodo. Jumlah komodo di pulau ini lebih banyak dari yang ada di Pulau Rinca, yaitu sekitar 2.000 ekor. Untuk melihat hewan purba ini, lo harus trekking dulu dengan tiga pilihan rute, yaitu rute pendek, rute menengah, dan rute panjang.

 

2. Diving dan Bersantai di Pink Beach

Pantai berpasir putih sih udah biasa. Kalau pantai berpasir pink, udah pernah lihat belum? Pemandangan ini bisa lo nikmati di Pink Beach, Superfriends. Warna pink pada pasirnya berasal dari mikroorganisme berwarna forminifera. Pantai ini kelilingi oleh tebing dan gunung kapur khas Pulau Komodo.

 

Selain itu, Pink Beach juga cocok jadi spot snorkeling dan diving, lho. Ombak di lautannya cukup tenang, sehingga cukup aman buat lo yang baru pertama kali menyelam. Air lautnya yang jernih bikin lo nggak perlu effort menyelam terlalu dalam untuk menikmati pemandangan terumbu karang dan berbagai jenis ikan.

 

3. Sunset di Pulau Padar

Untuk menutup perjalanan hari kedua, paling enak menikmati pemandangan sunset di Pulau Padar. Berlokasi nggak jauh dari Pulau Komodo, pulau ini sering dikunjungi wisatawan yang pengin berburu foto matahari terbenam. Namun, untuk menikmati pemandangan tersebut, lo harus trekking dulu sekitar 15 – 20 menit untuk sampai ke atas bukit, Superfriends. Dari titik tersebut, lo bisa melihat landscape pantai, bukit, lautan, dan kapal-kapal wisata yang hilir mudik mengantar wisatawan.

 

Itinerary Hari Ketiga

Air Terjun Cunca Wulang
Image: X/@nusatrip

1. Berenang di Air Terjun Cunca Wulang

Nggak cuma punya pantai, Labuan Bajo juga punya destinasi wisata air terjun yang sayang buat lo lewatkan, Superfriends. Namanya Air Terjun Cunca Wulang. Daya tarik tempat ini terletak pada dinding-dinding batu yang berada di kanan kiri aliran air. Lo bisa berenang dan melepas rasa lelah setelah dua hari jalan-jalan keliling pulau.

 

2. Menyaksikan Fosil Hewan Laut di Goa Batu Cermin

Destinasi wisata yang bisa lo kunjungi di Labuan Bajo yaitu Goa Batu Cermin. Asal-muasal nama goa tersebut berasal dari lubang besar di atas langit-langit goa yang membuat sinar matahari masuk dan dipantulkan oleh dinding-dinding goa. Selain struktur goanya yang unik, goa ini juga memiliki fosil binatang laut yang menempel di dinding dan bebatuan goa.

 

Itu tadi itinerary 3 hari 2 malam di Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Kapan nih yang traveling ke destinasi wisata favorit di Nusa Tenggara Timur ini, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#itinerary #pulau-komodo #traveling

Source:Kompas

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /