Tahun baru, strategi bisnis baru. Yup, tahun 2024 nanti diprediksi bakal jadi masa yang penuh peluang sekaligus tantangan baru yang mungkin belum pernah dialami semua pebisnis. Jadi, udah saatnya ganti cara lama dengan cara baru buat mengembangkan bisnis lo tahun 2024 nanti.
Ada beberapa strategi yang bisa lo terapkan buat bisnis lo di tahun 2024 nanti yang mayoritas berkaitan sama teknologi. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.
Manfaatkan Integrasi Teknologi dan Otomatisasi
Dunia teknologi tahun 2024 nanti diprediksi bakal berkembang lebih cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya teknologi AI yang makin ke sini makin canggih. Nah, sebagai pebisnis, lo harus banget memanfaatkan kemajuan tersebut. Nggak cuma demi kebaikan bisnis lo, pemanfaatkan teknologi pada bisnis juga diharapan sama konsumen.
Sebuah studi yang dilakukan Salesforce menunjukkan kalau 75 persen mengharapkan pengalaman yang konsisten dari sebuah bisnis, salah satunya penggunaan AI. Jadi, udah nggak ada alasan lagi buat nggak menerapkan teknologi dan otomatisasi dalam bisnis lo.
Jangan Cuma Tawarkan Harga
Perkembangan media seperti saat ini membuat konsumen jadi lebih pintar dalam memilih dan memilah produk yang akan mereka beli. Mereka nggak cuma lihat harga, tapi juga kualitas, manfaat, hingga garansi produk. Bahkan, sebuah penelitian juga menunjukkan kalau 53 persen konsumen nggak keberatan buat beli barang yang lebih mahal selama prpduk tersebut lebih tahan lama.
Itu artinya, perang harga udah nggak relate lagi tahun 2024 nanti, Supefriends. Lo juga harus ngasih kualitas lebih ke konsumen biar mereka bisa lebih percaya sama produk lo.
Lebih Aktif di Dunia Digital
Di era digital ini, punya website dan media sosial aja nggak cukup buat bikin bisnis lo berkembang. Ada banyak saluran digital lain yang bisa lo manfaatkan pada tahun 2024 nanti, seperti e-commerce, search engine optimization (SEO), iklan bertarget, dan video konten yang menarik. Selain itu, lo juga perlu lebih aktif merespons pertanyaan atau komentar warganet di media sosial agar mereka merasakan kehadiran brand lo.
Ambil Keputusan Berdasarkan Data
Kemajuan teknologi seperti saat ini memudahkan lo dalam segala hal, salah satunya mencari data tentang perilaku dan minat konsumen. Hal tersebut bisa lo manfaatkan buat mengambil keputusan dalam mengembangkan bisnis lo, Superfriends. Dengan begitu, keputusan tersebut bisa lebih tepat sasaran dan sesuai sama permintaan pasar.
Maksimalkan Multichannel Marketing
Banyaknya saluran atau channel buat keperluan marketing bisa jadi peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi bisnis. Di satu sisi, channel digital lebih memudahkan pelanggan buat cari informasi dan membeli produk lo. Di sisi lain, masih banyak konsumen masih mengharapkan pengalaman belanja di toko fisik karena bisa tanya-tanya langsung sama SPG atau SPB yang ada di toko tersebut.
Dari fenomena tersebut, nggak ada salahnya buat mengoptimalkan saluran pemasaran online dan offline buat mempromosikan dan menjual produk. Ada beberapa cara yang bisa lo terapkan dalam strategi yang disebut dengan multichannel marketing ini, seperti check-out barang via aplikasi dan ambil langsung di toko, menyedikan layar interaktif di toko yang memudahkan pelanggan memilih produk, program poin buat pelanggan yang sering datang ke toko, dan lain sebagainya.
Itu tadi beberapa strategi bisnis yang bisa lo terapkan tahun 2024 nanti. Udah siap bikin bisnis lo naik level, Superfriends? (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Viden Globe
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :